1. Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas angkatan 2017 kebawah yang belum mendaftar ulang agar segera mendaftar ulang kebagian akademik fakultas
  2. Kepada mahasiswa yang melakukan penangguhan SPP agar segera melunasinya sebelum jatuh tempo dikarenakan pihak rektorat akan melakukan penagihan terhadap piutang tersebut

Demikian disampaikan, bagi mahasiswa yang tidak segera menyelesaikan point diatas maka akademik akan memblokir portal mahasiswa yang bersangkutan.


KDM20182Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scout Action For Empowerment (SAFE) FKM Unand baru saja mengadakan kegiatan Kemah Dosen Mahasiswa. Kemah Dosen Mahasiswa atau yang disingkat dengan KDM ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kepramukaan UKM SAFE. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 15-16 September 2018 yang bertempat di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Kemah Dosen Mahasiswa ini merupakan kegiatan tahunan yang ditunggu-tunggu oleh pengurus UKM SAFE, dosen-dosen FKM Unand, dan mahasiswa FKM Unand. Tahun ini, Kegiatan Kemah Dosen Mahasiswa mengangkatkan tema “Bangkitlah tunas muda menuju pribadi mandiri, berani dan berbudi”. Peserta Kemah Dosen Mahasiswa ini meliputi dosen-dosen FKM, Pengurus UKM SAFE, dan Pengurus Magang UKM SAFE.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan pemasangan tenda dan acara pembukaan Kemah Dosen Mahasiswa yang dihadiri oleh perwakilan dosen FKM Unand yaitu Apriyanti, S.K.M, M.Kes, Rahmat Syafrianto selaku Wakil Gubernur BEM KM FKM Unand, dan pimpinan di lingkungan setempat yang meliputi Camat, Lurah, Ketua RT, Ketua RW, Kepala LPM, Ketua Pemuda. Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pembukaan magang yang dipimpin oleh Atikah Wulandari selaku Ketua UKM SAFE. Lalu, dilanjutkan dengan upacara api unggun yang diikuti oleh setiap peserta. Setelah upacara api unggun berakhir, acara semakin meriah dengan adanya penampilan bakat dari peserta.

Dihari pertama, hadir juga Gurila Rescue Sumatera Barat yang merupakan organisasi relawan yang bergerak di bidang kepramukaan dan kebencanaan. Organisasi ini memberika materi kepada peserta KDM mengenai pemasangan tenda dan juga membantu peserta dalam mendirikan tenda.

KDM20183Pada hari kedua, kegiatan KDM dimulai sejak pagi dengan senam pagi bersama warga sekitar. Setelah itu dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar dan penanaman toga serta sayur. Beberapa saat setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan tentang kesehatan ke rumah-rumah warga sekitar. Acara ditutup oleh pembina UKM SAFE yaitu Nizwardi Azka, S.K.M, MPPM, M.Pd, M.Si yang juga turut dihadiri oleh pimpinan di lingkungan setempat.

Kemah Dosen Mahasiswa ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar dosen-dosen FKM Unand, mahasiswa dan masyarakat yang ada di lingkungan setempat. Selain itu, KDM ini juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat dimana dalam KDM ini terdapat kegiatan-kegiatan yang berbasis masyarakat seperti gotong royong bersama, penanaman bibit sayur dan toga, dan pemberian penyuluhan. (Clarita Tiffany)

 


donor20181BEM KM FKM Unand mengadakan kegiatan donor darah yang diberi nama Pengmas Blood. Acara Pengmas Blood ini diangkatkan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM KM FKM UNAND. Pengmas Blood yang dilaksanakan pada 13-14 September 2018 ini merupakan kegiatan donor darah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh BEM KM FKM Unand pada tahun ini.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di depan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Jati, Padang. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB yang dilaksanakan selama 2 hari. Tema untuk Pengmas Blood kali ini adalah “Share Your Blood Share Your Care”. Makna tema tersebut untuk kegiatan ini adalah pendonor dapat saling berbagi dengan yang membutuhkan melalui darah yang didonorkannya dan dapat membantu sesama.

Pendonor yang akan mendonorkan darahnya terlebih dahulu harus dicek berat badannya, Hb darahnya, tensi darah nya, dan lain-lain. Setelah petugas kesehatan menjamin bahwa darah pendonor tersebut layak untuk didonorkan, maka pendonor diarahkan untuk masuk ke dalam sebuah bus yang khusus untuk tempat mendonorkan darah. Setelah selesai melakukan donor darah, pendonor mendapatkan bingkisan yang terdiri dari susu kotak, mie instan cup, dan roti.

Pengmas Blood 2 mendapatkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa maupun para civitas akademika. Hal ini terlihat dari ramainya orang yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah pendonor untuk Pengmas Blood ini mencapai 67 orang, dengan pembagian 24 orang pendonor di hari pertama dan 43 orang pendonor di hari kedua. Pengmas Blood mendapatkan animo yang tinggi juga dari luar FKM Unand, oleh karena itu Pengmas Blood kali ini dibuka untuk umum.

Harapan setelah diadakannya Pengmas Blood ini yaitu dapat meningkatkan rasa kepedulian warga FKM terhadap donor darah dan tidak lagi merasa takut di suntik untuk donor darah karena selain dapat menolong orang lain donor darah juga memberikan kesehatan bagi si pendonor . (Salsabila Syifa Syauqiyah)


PHOTO-2018-09-13-11-24-18Kamis (14/9), Universitas Andalas memperingati hari lahirnya (Dies Natalis) ke 62 yang tepatnya tanggal 13 September 2018 yang ditandai dengan Sidang Terbuka dan Orasi Ilmiah di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Pada Dies Natalis ke 62 ini Universitas Andalas memberikan penghargaan pencapaian kinerja fakultas dan penghargaan penataan lingkungan kerja kepada dekan-dekan Fakultas di Universitas Andalas, termasuk Fakultas Kesehatan Masyarakat sebagai terbaik empat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas juga memperoleh penghargaan penataan lingkungan kerja di Universitas Andalas, dimana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas terpilih sebagai terbaik dua dalam kategori ini. Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada dosen, Tenaga Kependidikan, dan mahasiswa berprestasi.


LKMM 2Sabtu (8/9) BEM KM FKM Unand sukses mengadakan kegiatan LKMM VII.  Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan wajib bagi mahasiswa baru FKM Unand yang  dilaksanakan di gedung kuliah bersama F1.14 Universitas Andalas. LKMM VII ini mengangkat tema “Bangun Peradaban Melalui Pergerakan Berintegrasi untuk Indonesia Emas 2045”. LKMM VII sendiri dilaksanakan selama 2 hari, hari pertama dilaksanakan di dalam gedung (indoor) sedangkan hari kedua dilaksanakan di Bumi Perkemahan Unand.

Acara dibuka pukul 08.25 WIB oleh Gubernur KM FKM Unand dan dihadiri oleh perwakilan dari Pra-Hima Gizi, UKM SAFE, dan UKPM Pena. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Student State oleh Rio Fikrul Irsyad, Gubernur KM FKM Unand.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan bertemakan outbond. Para peserta LKMM VII yang merupakan mahasiswa baru FKM Unand tahun 2018 ini mengikuti serangkaian lomba yang telah disiapkan oleh panitia sebelumnya. Peserta LKMM VII tampak antusias mengikuti lomba-lomba yang ada meskipun cuaca tidak bersahabat (hujan). Lomba-lomba yang dibuat oleh panitia diharapkan dapat memicu semangat peserta dan dapat menyerap materi yang disampaikan pada hari sebelumnya.

Tujuan diadakannya LKMM VII adalah agar mahasiswa baru tahun 2018 dapat memahami mengenai sistem organisasi di Universitas Andalas, student state, dan dapat menumbuhkan semangat maba untuk berorasi serta meningkatkan ketajaman dalam mengkritisi suatu hal.

Menurut ketua pelaksana LKMM VII, Tiara Amanda, hambatan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah kurangnya koordinasi antara sesama panita sehingga banyak terjadi miss communication antar panitia, namun untunglah masalah yang ada dapat terselesaikan sehingga acara dapat dilaksanakan dengan lancar. Selain itu  Tiara juga berharap untuk LKMM VIII nanti semoga para panitia bisa lebih meningkatkan  koordinasi antara sesama panitia.  (Iradatul Aini)


Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas penerima bidik misi tahun 2018 untuk dapat hadir penandatangan spesemen pada :

Hari / Tanggal : Sabtu / 8 September 2018
Waktu : 08.00 WIB
Tempat : Aula PKM Universitas Andalas
Acara : Penandatangan Spesemen

Prahima 2Prahima IKM BEM KM FKM Unand sukses menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kesehatan yang diberi nama Public Health Action (PH Action). Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 1-2 September 2018 dengan tempat yang berbeda. Acara Public Health Action ini diadakan oleh Divisi Hubungan Luar PraHima IKM BEM KM FKM Unand.  Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan hidup sehat untuk menciptakan generasi yang sehat.

Pada hari pertama, Public Health Action ini diadakan di Sekolah Dasar Negeri 28 dan 43 Rawang Timur. Rangkaian acara di hari pertama ini berupa pemberian penyuluhanan tentang pentingnya sarapan serta dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dengan roti dan susu. Para guru dan siswa sangat antusias mengikuti rangkaian acara ini. Siswa yang mengikuti penyuluhan ini berasal dari kelas kelas V SD dengan jumlah siswa sebanyak 46 orang. Dengan adanya kegiatan Public Health Action di sekolah ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya sarapan pagi sejak dini.

Prahima 3Kegiatan Public Health Action dilanjutkan pada tanggal 2 September 2018 dengan sasarannya adalah masyarakat Kelurahan Rawang Timur, Kota Padang. Rangkaian kegiatan pada hari kedua ini adalah melakukan gotong royong bersama warga yang dihadiri oleh Kepala Lurah Rawang Timur dan beberapa Ketua RT dan RW dilingkungan tersebut. Tujuan dari diadakannya gotong royong ini adalah untuk meningkatkan perilaku hidup sehat dengan menjaga lingkungan pada masyarakat sekitar.

Respon yang diberikan warga sangat baik dan masyarakat merasa senang dengan diadakannya acara ini dilingkungan mereka. Bapak Kepala Lurah Rawang Timur pun berharap kedepannya agar kegiatan gerakan masyarakat seperti Public Health Action ini sering diadakan di lingkungannya. Setelah melakukan gotong royong, Para panitia juga membantu membersihkan bekas kebakaran pada salah satu rumah warga di lingkungan tersebut. Pemilik rumah merasa terharu dan senang akan bantuan dari panitia Public Health Action ini. (Wellya Andriani)


Awal bulan ini, tepatnya tanggal 1 dan 2 September 2018, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas baru saja mengadakan Latihan Dasar Nilai Islam (LDNI) VI. Kegiatan yang ditujukan kepada mahasiswa baru FKM Unand yang beragama Islam ini dilaksanakan di gedung kuliah bersama Universitas Andalas, Gedung F2.5.

Diadakannya LDNI VI ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai dasar Islam kepada para mahasiswa baru FKM Unand, terutama yang beragama Islam. Kegiatan dimulai pukul 12.45 WIB pada hari Sabtu (1/9) dengan pembicara Ustadz Lukman Ferdiansyah mengenai “Urgensi Tariyah Islamiyah” dan kemudian dilanjutkan oleh Ustadz Rizky Firman Nugraha yang membicarakan “Ukhuwah Islamiyah”. Kegiatan pada hari pertama berakhir di sore hari dan diteruskan di hari kedua.

Pada hari kedua kegiatan LDNI VI, Minggu (2/9), dimulai pada pukul 07.00 WIB masih di tempat yang sama, yaitu Gedung F 2.5. Pembicara pada hari ini lebih banyak, karena kegiatan dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Diawali dengan Ustadz Paljariyati dengan materi “Menjadi Pribadi Bercahaya”, kemudian Ustaz Andrean tentang “Islam dan Sains”. Muhammad Nurfajri, S.Hum., alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, membicarakan “Strategi Sukses di Kampus” dan diakhiri oleh Ustadz Akmal Ahmad, S.Si. dengan judul materi “A Big Secret Mission” yang membicarakan tentang Ghozwul Fikri. Kegiatan di hari kedua berakhir pukul 16.00 WIB.

Dengan diadakannya kegiatan LDNI VI ini, diharapkan bisa menciptakan kader-kader baru dari mahasiswa FKM Unand yang selalu menanamkan nilai keislaman. Selain itu, diharapkan nilai-nilai Islam ini juga dijadikan fondasi dalam menghadapi perkembangan dan pengaruh-pengaruh baru dalam era globalisasi di kalangan mahasiswa.

Alhamdulillah, acara LDNI VI ini sangat bermanfaat untuk membentuk karakter mahasiswa baru yang Islami. Materi-materi yang disampaikan para pembicara sangat cocok disampaikan kepada mahasiswa yang akan mencari jati diri di kehidupan kampus,” ujar Siti Mutiara Afifah, salah satu mahasiswa baru FKM Unand yang menghadiri LDNI VI. (Annisa Nurul Izza)


IMG_0238Sabtu, (1/9) telah diselenggarakan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND di Unand Convention Hall Kampus Unand Limau Manis. Acara dibuka dengan pembacaan ayat Suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Germas dan Tari Pasambahan. Selanjutnya acara dilanjutakan dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Departemen Gizi dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D. Acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, SE., MBA., PhD. Dalam kesempatan ini  dilakukan juga Pembacaan komitmen FKM dan Dinas Kesehatan mengenai germas oleh Dinas Kesehatan dan juga Pengukuhan alumni.

IMG_0231Departement Gizi Masyarakat FKM UNAND selaku panitia menyelenggarakan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND dengan Tema “Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai Solusi Pencegahan Stunting dan Penyakit Degeneratif ” yang bertempat di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas, Limau Manis.

Tujuan dari Kegiatan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang gerakan masyarakat sehat dalam penanganan masalah stuntingdan penyakit degeneratif di Indonesia.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang gizi seimbang dalam penanganan masalah stunting dan penyakit degenaratif di Indonesia.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang transisi epidemiologi penyakit degeneratif di Indonesia
  4. Meningkatka peran sarjana kesehatan masyarakat dalam pencegahan penyakit degeneratif.
  5. Meningkatkan kepedulian seluruh komponen yang terkait dengan permasalahan stuntingdan penyakit degeneratif yang terjadi di Indonesia dan mampu melakukan kegiatan serta aksi dalam penanganan masalah tersebut.
  6. Terjalinnya kerjasama antar praktisi, akademisi dan masyarakat dalam penanganan permasalahan kesehatan khususnya permasalahan stunting dan penyakit degeneratif.

Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND menghadirkan Keynote Speaker : H. Asman Abnur, SE, M.Si (Ketua IKA DPP UNAND) – Peluang dan Tantangan Tenaga Kesehatan Masyarakat sebagai Aparatur Negara Dalam Menghadapai Era Persaingan Global . Dengan Pembicara :

  1. Handayani, SKM, M. Kes(Anggota Komisi IX DPR RI) – Peran Pemerintah Indonesia dan Masyarakat dalam mengimplementasikan GERMAS.
  2. Hj. Mery Yuliesday, MARS (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat) – Kebijakan dan Peran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mengimplementasikan GERMAS dalam Pencegahan Stunting dan Penyakit Degeneratif.
  3. Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD (Dekan FKM Universitas Andalas) – Transisi Epidemiologi Penyakit Degeneratif dan Peran Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Degenaratif
  4. Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed (Ketua Departemen Gizi Masyarakat FKM Universitas Andalas) – Peranan Gizi Seimbang pada 1000 HPK dalam Mencegah Stunting dan Penyakit Degeneratif

Fakultas Kesehatan Masyarakat memandang perlu untuk mengadakan kegiatan seminar nasional ini sebagai satu upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi masalah stunting dan penyakit degeneratif melalui upaya Gerakan Masyarakat (GERMAS).


KM EXPO 2KM EXPO merupakan acara tahunan yang selalu diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Andalas (Unand). Tahun ini, KM EXPO dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Unand Jati, yang dilaksanakan pada 31 Agustus 2018. KM EXPO merupakan kegiatan tahunan untuk memperkenalkan lembaga dan organisasi yang ada di FKM dengan tujuan untuk meningkatkan solidaritas dan pengetahuan mahasiswa baru tentang organisasi dan lembaga yang ada di KM FKM Unand sekaligus memperkenalkan kegiatan magang pada mahasiswa baru tahun 2018.

KM EXPO kali ini memiliki tema “Sehari Bersama Keluarga FKM”, yang bermakna bahwa KM EXPO ini dapat menjadi wadah untuk membuat mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat organisasi dan lembaga yang ada di FKM. Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan dan pengurus dari setiap lembaga yang ada di KM FKM Unand, yang meliputi BEM KM FKM UNAND, DPM, Prahima IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat), Prahima Gizi,  UKPM Pena, UKM SAFE, UKM AL-Kahfi , Club Seni, Club Olahraga, Preventif Promotif Club, English Club, dan BPMAI.

KM EXPO 3Kegiatan yang bertemakan “Sehari Bersama Keluarga FKM” ini,  diharapkan dapat meningkatkan rasa kekeluargaan melalui pengenalan dan pendekatan yang telah dilakukan,  menambah pengetahuan akan keluarga FKM itu sendiri , dan membentuk sikap profesionalisme dalam berorganisasi. Hal ini juga diharapkan dapat memotivasi diri untuk menjadi sosok pribadi yang baik dan berkualitas, toleransi terhadap sesama, profesional yang dilandasi kejujuran, dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama warga FKM Unand.

Diharapkan dengan adanya KM EXPO ini dapat membuat mahasiswa baru angkatan 2018 menjadi organisator yang hebat dan turut mengembangkan serta memajukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. (Salsabila Syifa Syauqiyah)

1 2 3 31