goes to schoolPra Hima Ilmu Kesehatan Masyarakat (Pra Hima IKM), Fakultas Kesehatan Masayarakat (FKM) Universitas Andalas telah berhasil melaksanakan kegiatan “IKM Goes to School”. IKM GoestoSchoolini merupakan salah satu program kerja dari Pra Hima IKM Unand yang berlangsung dari tanggal 18 Oktober dan 19 Oktober 2017. Kegiatan ini berupa bedah program studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dan menyosialisasikanprogram studi IKM kepada para siswa SMA khususnya siswa kelas 3. Kegiatan ini diadakan di dua sekolah yang berbeda yaitu SMAS Xaverius Padang dan SMA N 4 Padang, dengan tema “Ready For New Step And To Build A Healthy Society”.

Kegiatan IKM Goes to School ini resmi dibuka oleh Wakil Dekan (WD) III FKM Universitas Andalas yaituDr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M. Biomed di SMAS Katolik Xaverius, dimana dalam pidato pembukaannya beliau juga menjelaskan tentang Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“FKM merupakan salah satu fakultas terbaik diantara fakultas baru yang ada di Universitas Andalas. Berdirinya FKM bermula dari prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang sudah ada pada tahun 2000 di Fakultas Kedokteran, lalu pada tahun 2012 prodi ini memisahkan diri dan membentuk fakultas baru. Saat ini di FKM ada dua prodi yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi. Prodi Ilmu Gizi ini merupakan prodi baruyang didirikan pada tahun 2014” Ungkap Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M. Biomed, selaku WD III FKM Unand.

“ Ilmu Kesehatan Masyarakat gelarnya adalah S.K.M ( Sarjana Kesehatan Masyarakat) sedangkan Ilmu Gizi gelarnya adalah S.Gz ( Sarjana Gizi)” Terangnya lagi.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Akmal Zudiki dan Zuhrah Syartika Fitri yang merupakan Public Health Ambassador (PHA) 2017. Selain itu PHA 2017 ini juga memperkenalkan jargon IKM Goes to Schoolyaitu “Sehat, Cerdas, Bertalenta, Mendunia” dan jargon FKM Unand yaitu “Mandiri, Unggul, Bermartabat”.

goes to school1Kepala Sekolah beserta para guru,baik di SMAS Katolik Xaverius Padang maupundi SMA N 4 Padang sangat senang dengan adanya IKM Goes to School ini.Begitu juga dengan Kepala Sekolah SMA N 4 Padang, Bapak Abinul Hakim, S.Pd,M.Si sangat senang atas kedatangan Pra Hima IKM Unand ke SMA N 4 ini. Tak hanya kepala sekolah dan guru-guru saja, para siswa pun juga sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini.

“Ini sangat membantu siswa kami untuk menambah wawasannya dalam memilih jurusan nantinya di perguruan tinggi. Semoga banyak siswa disini yang dapat diterima di FKM Unand” Kata ibu Elisabeth Febriyanti, selaku Kepala Sekolah SMAS Katolik Xaverius.

IKM Goes to School merupakan salah satu program kerja (Proker) dari Pra Hima IKM Unand yang bertujuan untuk memperkenalkan program studi IKM Unand secara umum dan sesuai dengan tema, sehingga nantinya siswa dapat lebih paham mengenai jurusan ini dan siswa dapat membedakan antara Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran yang selama ini sering dianggap sama oleh siswa maupun masyarakat umum.Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun masyarakat yang sehat melalui tenaga-tenaga kesehatan yang berkualitas yang terlahir dari FKM Unand. Acara ini diakhiri dengan foto bersama dan pemberian plakat untuk masing-masing SMA, lalu dengan semangat panitia dan siswa meneriakan jargon FKM Unand.

(Citra Forma Sunarsan dan Rizki Ridhatul Tani)

UKPM Pena KM FKM Unand


SEMNAS11

Padang, Minggu (15/10) telah berlangsung acara Seminar Nasional dengan tema  “I dare myself to be a leader of youth movement”  yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas. Kegiatan ini diadakan oleh Departemen Pendrofil BEM KM FKM UNAND yang diketuai oleh Yolanda Safitri dan panitia sebanyak 36 orang. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan III FKM UNAND, Bapak Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed dan peserta sebanyak 120 orang.

“Tujuan dilaksanakannya Seminar Nasional ini untuk membangun dan memotivasi semangat leadership mahasiswa karena pemuda sekarang ini cendrung apatis, tidak tau perannya sebagai pemuda itu seperti apa. Oleh karena itu, kami mengambil tema seminar mengenai kepemimpinan agar pemuda tau perannya seperti apa dan lebih sadar akan masalah yang ada disekitarnya,” ujar Yolanda Safitri, selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional.

SEMNAS4Seminar Nasional ini menghadirkan 5 orang pemateri dengan latar belakang yang berbeda-beda, yang sangat inspiratif dan juga dapat memotivasi peserta. Pemateri yang hadir dalam seminar ini adalah Nurul Fikri (Presiden Mahasiswa UNAND 2017 dan Korwil Sumbagut BEM Seluruh Indonesia). Kemudian Yudi Astira Amarta Lubis (Founder Rumah Bakat Forum Indonesia Muda Regional Sumbar dan Ketua Purna Prakarya Muda Indonesia Kota Padang). Faldo Maldini (Founder of Pulangkampuang.com dan CEO Bljar.id) dan Diah Sulung Syafitri (Delegasi Indonesia dalam Youth, Peace and Security Regional Consultation Meeting for United Nations Security Council Resolution dan SDGs Youth Ambassador of 2030 Youth Force Indonesia). Dan pemateri terakhir yaitu Ismelda Jenreini, S.STP, MM. (Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat).

SEMNAS5Ola Salmi, Peserta Seminar Nasional  berkomentar “Acara Seminar Nasional ini sangat inspiratif dan juga memotivasi saya untuk menjadi pemuda yang lebih baik lagi, sadar akan masalah di lingkungan sekitarnya, mampu melakukan pergerakan dan perubahan, mampu mengikuti perubahan zaman, serta memotivasi saya untuk berorganisasi, terus berkarya dan ikut untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.”

Kedepannya diharapkan FKM Unand dapat mengadakan lebih banyak kegiatan seminar yang dapat menginspirasi mahasiswa dalam berkarya dan memotivasi untuk giat mengikuti kegiatan kampus, baik itu berupa organisasi maupun kegiatan lainnya.

(Cindy Rahma dan Puti Indah)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Graphic1

Prodi IKM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kembali menunjukkan kepedulian dengan aksi nyata terhadap lansia melalui pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (14-15/10) di Nagari Sumanik Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya dari prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat itu sendiri.

Aksi nyata ini bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat melalui peningkatan kualitas hidup lansia dari penyuluhan sampai dengan revitalisasi posyandu di Nagari Sumanik Kabupaten Tanah Datar. Lansia menjadi sasaran kegiatan ini karena beberapa faktor, diantaranya masih banyak masyarakat di daerah tersebut yang belum menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit, banyak masyarakat yang mengesampingkan kondisi fisik lansia, serta masih kurang partisipasi lansia untuk mengikuti kegiatan POSYANDU lansia yang ada daerah tersebut .

Kegiatan inti dilaksanakan pada hari kedua yang dibuka oleh walinagari sumanik, dan dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua pelaksana Ibu Ade Suzana Eka Putri serta kata sambutan dari perwakilan dekan yang di sampaikan oleh ibu Azrimaidaliza selaku wakil dekan 1. Kegiatan ini di hadiri oleh wali nagari setempat, 5 orang pengurus POSDAYA, 25 orang kader, 6 orang dosen, 12 orang mahasiswa, serta lebih dari 50 orang lansia.

“KegiatPengmas Sumaniak3an rutinitas POSDAYA untuk lansia di nagari ini sudah bagus dan terkoordinir dengan baik, diharapkan dengan pemberian edukasi dan buku saku dapat meningkatkan kepedulian lansia untuk lebih peduli terhadap peningkatan kualitas hidup mereka.” tutur Ade Suzana.

Meskipun kegiatan ini hanya dilakukan selama 2 hari, namun dapat menarik minat serta perhatian masyarakat untuk ikut menyukseskan acara pengabdian ini berkat kerjasama kedua belah pihak. Hal ini dibuktikan dengan penyambutan kedatangan rombongaan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat oleh bapak walinagari beserta jajarannya. Bukti antusiasme masyarakat pada kegiatan ini juga ditunjukan melalui keikutsertaan masyarakat dalam gotong royong membersihkan POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga) dan kegiatan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) pada hari pertama kegiatan.

“Dengan melihat respon masyarakat dari awal penyambutan  dan antusiasme lansia yang mengikuti kegiatan yang diadakan sampai akhir, bahkan setelah diberi jeda untuk melakukan rutinitas mingguan untuk berbelanja,  mereka masih tetap kembali ke lokasi kegiatan. Hal itu menjadi kepuasan tersendiri bagi kami selaku tim pelaksana.” ujar Yose Prima Putra selaku penanggung jawab lapangan.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat menyPengmas Sumaniak2elesaikan permasalahan pada lansia di Nagari Sumanik Kabupaten Tanah Datar melalui penyuluhan serta pemberian buku saku tentang pentingnya menjaga kesehatan lansia, yang disampaikan oleh beberapa dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, diantaranya Ibu Ade Suzana Eka Putri, Ibu Azrimaidaliza, Ibu Fauziah Elytha, serta Ibu Isniati .

 Oleh Linda Khamelia.N dan Muhammad Ibnu Dzaky


Sehubungan dengan penggunaan software Clarity untuk pengajaran Blended Learning MK Servis Bahasa Inggris di Universitas Andalas mulai semester Ganjil 2017/2018, dengan ini diinformasikan kepada seluruh mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Servis Bahasa Inggris dan belum mengikuti Placement Test – Clarity English Tahap I pada tanggal 18 s/d 20 September 2017 lalu, agar wajib mengikuti  Placement Test Tahap II pada tanggal 17 Oktober 2017 Jam 10.00 – 11.00 di Ruang Padang, Lantai 1, Gedung UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas dengan membawa smartphone atau laptop pribadi.


PENGMAS FKM Unand dan IKASMANTRI1Padang, Sabtu (14/10) telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dan IKASMANTRI ’98 (Ikatan Alumni SMA Negeri 3 1998 ) bertempatkan di SMA Negeri 3 Padang. Kegiatan ini  diadadakan mulai dari hari Jumat (13/10) sampai dengan Sabtu (14/10).  Bertemakan “Generasi Emas Tanpa Pergaulan Bebas Untuk Indonesia Cerdas”, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pengetahuan kesehatan reproduksi kepada siswa/i SMA Negeri 3 Padang serta pengenalan Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Andalas di SMA Negeri 3 Padang.

PENGMAS FKM Unand dan IKASMANTRI2Diadakan oleh FKM Unand dan IKASMANTRI ’98  dengan penanggung jawab Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD selaku Dekan FKM Unand, Afridian Wirahadi SE, M.Sc, Ak, CA selaku Ketua Umum IKASMANTRI ’98, dan ketua pelaksana kegiatan berasal dari Mahasiswa FKM Unand yakni Satria Negara. Kegiatan ini dimulai dengan tari persembahan, di buka secara formal oleh MC. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IKASMANTRI ’98, Kepala Sekolah SMAN 3 Padang, Dekan dan wakil Dekan I, II, dan III FKM Unand serta civitas akademis FKM UNAND dan acar ini dibuka langsung oleh Walikota Padang. kegiatan selanjutnya pengenalan FKM Unand, Pre-test dan pemberian materi, dan kegiatan konseling.

PENGMAS SMANTRI1Diadakan oleh FKM Unand dan IKASMANTRI ’98  dengan penanggung jawab Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD selaku Dekan FKM Unand, Afridian Wirahadi SE, M.Sc, Ak, CA selaku Ketua Umum IKASMANTRI ’98, dan ketua pelaksana kegiatan berasal dari Mahasiswa FKM Unand yakni Satria Negara. Pada hari jumat, 13 Oktober 2017 kegiatan dimulai pada pukul 07.15 WIB.  kegiatan ini diawali dengan tari persembahan, pembukaan oleh MC formal. Kegiatan ini di hadiri oleh  Ketua IKASMANTRI ’98, Kepala Sekolah SMAN 3 Padang, Dekan FKM Unand, Wakil Dekan I, II, III dan dibuka langsung oleh Walikota Padang. Bapak walikota juga memberikan respon positif serta dukungannya akan kegiatan ini karena menurut beliau remaja-remaja masa kini rentan akan pergaulan bebas dan perlu diberikan  edukasi tentang kesehatan reproduksi remaja.   kegiatan selanjutnya pengenalan FKM Unand, Pre-test dan pemberian materi, dan kegiatan konseling.

PENGMAS SMANTRI2“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk adik-adik agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Karena kalian masih muda jadi mau berbuat apa dan jadi apa kalian tergantung diri kalian sendiri” pesan yang disampaikan oleh Dekan FKM Unand yang juga merupakan alumni dari SMA Negeri 3 Padang.

“Respon siswa/i di sekolah ini sangat antusias sehingga kami ikut bersemangat dalam melaksanakan kegiatan. Harapan kedepannya, acara seperti ini memiliki kelanjutan memberikan edukasi kepada siswa/i di Kota Padang tentang kesehatan reproduksi”, jelas Cici Delsi selaku Sekben Panitia Kegiatan Pengmas.

PENGMAS FKM Unand dan IKASMANTRI3Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas XI SMA Negeri  3 Padang. Diharapkan kedepannya terjalin hubungan silaturrahmi yang lebih erat antara FKM Unand, IKASMANTRI ’98, dan SMA Negeri 3 Padang. Serta diharapkan lebih banyak siswa/i tertarik untuk masuk Universitas Andalas khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat.

(Pritho Nurmalita Sari)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


JpegPada hari Sabtu, 07 Oktober 2017 telah dilaksanakan Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) periode Oktober Tahun 2017 denga tempat uji kompetensi (TUK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. UKSKMI periode Oktober tahun 2017 diikuti oleh sebanyak 217 peserta.

JpegPelaksanaan UKSKMI bertempat di Gedung H Kampus Unand Limau Manis. Ujian dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Pelaksanaan ujian menurut informasi nya serentak seluruh Indonesia dan di awasi lansung oleh panitia pusat dan berkoordinasi juga dengan panitia lokasi dalam hal ini dilaksanakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Panitia pusat memberikan informasi protap UKSKMI ini berlansung.

JpegDekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Univerisitas Andalas, Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD meninjau lansung pelaksanaan UKSKMI kali ini. Beliau hadir di lokasi ujian untuk melihat jalan nya pelaksanaan UKSKMI.


Daftar Nama Pembimbing Magang dapat download disini

Catatan :

  1. Ujian sudah dapat dilaksanakan mulai tanggal 10 Oktober 2017 dan paling almbat tanggal 31 Oktober 2017.
  2. Jadwal ujian ditentukan sesuai dengan jadwal pembimbing dan penguji.
  3. Ujian disarankan per kelompok ujian (bagian kanan tabel)

Sehubungan dengan telah selesainya Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa Jalur A Semester Ganjil Tahun 2017/2018 di wilayah kerja Dinas Kesehatan kabupaten Agam dari tanggal 4 s/d 29 September 2017, maka bersama ini diinformasikan jadwal ujian Seminar Akhir mahasisw Pengalaman Belajar Lapanga (PBL) Semester Ganjil Tahun 2017.

Jadwal dapat download disini


Sehubungan akan dilaksanakannya Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) Periode Oktober 2017, maka bersama ini disampaikan :

  1. Seluruh peserta UKSKMI wajib mengikuti pengarahan / briefing di Gedung I Kampus UNAND Limau Manis pada tanggal 6 Oktober 2017, pukul 14.00 WIB.
  2. Peserta yang tidak mengikuti briefing tidak diperkenankan mengikuti Uji Kompetensi
  3. Uji Kompetensi akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 7 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB.
  4. Peserta wajib hadir di TUK 30 menit sebelum briefing dimulai dan 60 menit sebelum Uji Kompetensi dimulai.
  5. Pada saat briefing, peserta wajib membawa kartu identitas yang masih berlaku dan mencantum foto dan tanda tangan peserta pada kartu identitas tersebut. Contoh kartu Identitas : KTP/Paspor/Kartu Mahasiswa/SIM.
1 2 3 21