Fakultas Kesehatan Masyarakat membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang II untuk tahun akademik 2017/2018 melalui seleksi administrasi dan ujian tertulis untuk pindah jalur (transfer) DIII Kesehatan. Perkuliahan dilakukan pada hari Senin s/d Sabtu.

Syarat dan Cara Pendaftaran:

  1. Persyaratan
  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran (download disini)
  • Fotocopy Ijazah Lulusan Akademi/ Poltekes/ STIKes jurusan D-III kesehatan dan khusus prodi S-1 Giz iberasal dari lulusan D-III Gizi
  • Fotocopi Transkrip Nilai 10 Lembar (bagi KM) dan 2 Lembar (Gizi)
  • Foto Berwarna 4 X 6 sebanyak 2 Buah
  • Melampirkan surat rekomendasi dukungan beasiswa (bila ada)
  • Prodi IKM map merah dan Prodi Gizi map berwarna hijau
  1. Cara Pendaftaran:
  • Pendaftaran dilakukan tanggal 12 Juni s.d 3 Juli 2017.
  • Menyerahkan persyaratan tersebut diatas ke Gedung FKM atau mengirimkannya melalui email dengan alamat email : widyajasman75@gmail.com.
  • Membayar dengan biaya pendaftaran Rp. 400.000,- di teller Bank Nagari (BN) dengan menyebutkan “S1 IKM dari D-III atau S1 GIZI dari D-III” . Pendaftaraan mendapatkan Username dan Password dari Bank Nagari.
  • Pengumuman hasil nilai konversi/transfrer nilai intake D3 (SKS yang diakui).
  • Calon peserta melakukan pendaftaran online di halaman http://umb.unand.ac.id/menggunakan Username  dan Password yang di terima dari pihak Bank Nagari. Peserta harus menggunggah pas foto terbaru dengan ukuran file maksimal 100 kb
  • Ujian saringan masuk diadakan di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat (belakang Fakultas Kedokteran) Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 94, Jati, Padang tanggal 4 Juli 2017 pada pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Pengumuman Hasil Tes tanggal 5 Juli 2017
  • Biaya pendidikan uang kuliah tunggal untuk Intake D3 sebesar Rp. 7.000.000/ semester
  • Registrasi Calon Mahasiswa Baru tanggal 6 Juli 2017

ALAMAT KAMPUS

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS

Jln. Perintis Kemerdekaan 94 Jati Padang

Telp (0751) 38613

Kontak Person:

  1. Widya ( 081363986800 )
  2. Devi ( 08128737726 )
  3. Maidarni (081363223956)
  4. Benny ( 082170327429)

Bukber 2Padang, Sabtu (17/06) telah dilakukan acara buka bersama keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand dimana kegiatan tersebut dimulai pada pukul 18.00 WIB. Dengan bertempatkan di Ruang GH Fakultas Kedokteran Unand Jati, kegiatan ini mengundang seluruh keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas / civitas akademika FKM Unand

.

Bukber 1Acara buka bersama ini dimulai dengan kata sambutan oleh Bapak Defriman Djafri selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Dilanjutkan dengan tausiah singkat oleh Ustad H. Yusfik Helmi Dt. Yang Sati dan selanjutnya dilakukan acara utama yaitu buka bersama keluarga besar FKM Unand.

Bukber 3Tujuan diadakannya acara buka bersama ini yaitu untuk mempererat silaturahmi di lingkungan FKM Unand. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan organisasi mahasiswa seperti BEM KM FKM Unand, PraHima IKM dan Gizi, UKM-UKM , serta perwakilan club yang ada di FKM Unand.

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

(M. Ibnu Zaky dan Rafki)


Baksos 1Padang, Jum’at (16/06) telah diadakan kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang berlangsung selama 3 hari bertempatkan di Pasa Lalang RW 07 Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM KM FKM Unand. Selain mengabdi pada masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk mempraktekkan teori yang sudah dipelajari selama perkuliahan langsung kepada masyarakat sehingga diharapkan ilmu yang didapat bukan hanya sekedar teori saja, tetapi juga pengalaman yang dapat digunakan jika sudah bekerja nanti.

Baksos 2Bertemakan “Raih Amal Memacu Aksi dalam Hidup Anak Nagari”, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada Jumat tanggal 16 Juni 2017 s.d Minggu 18 Juni 2017. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan temu ramah tamah panitia dengan masyarakat yang dihadiri oleh ketua RW 07, Ketua RT 03, Ibu-ibu rombongan Majelis Taklim, Pemuda, serta warga RW 07 Pasa Lalang lainnya. Selanjutnya Bapak Nizwardi Azka, S.KM, MPPM, M.Pd, M.si meresmikan kegiatan Baksos KM FKM Unand. Kegiatan ramah-tamah ini berlangsung di Mushalla Baitul Huda setelah shalat Asyar dilanjutkan dengan adanya penyuluhan DBD oleh Bapak Nizwardi Azka, S.KM, MPPM, M.Pd, M.si diiringi dengan pembagian bubuk abate kepada masyarakat yang hadir. Malam harinya setelah melaksanakan shalat tarawih bersama, kegiatan dilanjutkan dengan adanya ceramah dari mahasiswa yang diundang serta tadarus bersama warga di dua mushalla yang berbeda.

Baksos 3Pada Sabtu, 17 Juni 2017 kegiatan baksos dilanjutkan dengan adanya gema sahur, pelatihan kreatifitas, cek kesehatan, lomba MTQ, serta tarawih yang diakhiri dengan ceramah dan tadarus. Untuk kegiatan Gema Sahur diadakan di beberapa mushalla yang ada di RW 07, dan pelatihan kreatifitas diadakan di Mushalla Baitul Huda. Kegiatan kreatifitas ini diikuti oleh siswa SD atau SMP setelah kegiatan pesantren. Beriringan dengan pelatihan Kreatifitas, kegiatan cek kesehatan juga dilakukan di tempat yang berbeda yaitu di Posyandu, dimana ada beberapa pengecekan kesehatan yang dilakukan yaitu pengecekan gula darah, pengecekan tensi, pengukuran tinggi dan berat badan, serta konsultasi dengan dokter Koas yang ada di lokasi pengecekan kesehatan. Sedangkan lomba MTQ yang diadakan setelah Shalat Zuhur diikuti oleh siswa/i SD dan SMP.

Baksos 4Selanjutnya pada hari terakhir hari Sabtu, kegiatan baksos diawali dengan gema sahur, dilanjutkan paginya dengan Lomba Adzan. Penutupan kegiatan Bakti sosial ini dilakukan pada jam 11 dilanjutkan dengan pengumuman pemenang, pemberian hadiah, serta pemberian bantuan kepada anak yatim/piatu oleh PKPU. Sebelum pulang, panitia melakukan kegiatan bersih-bersih bersama dan foto bersama, dan berpamitan kepada warga.

Kegiatan ini mendapat respon yang bagus dari para warga dan partisipasi dari siswa pesantren di daerah RW 07 Pasa Lalang. Warga sangat antusias dan berharap semoga selanjutnya kegiatan seperti ini berlokasi di tempat tinggal mereka lagi.

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

(Wulan Mustika)


Sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh Panitia Penerimaan Jalur B Intake D3-S1 Prodi S-1 IKM dan Prodi S-1 Gizi Tahun Ajaran 2017/2018 , maka pengumuman hasil seleksi Jalur B Intake D3 dapat dilihat mulai tanggal 16 Juni 2017,  pukul 08.00 WIB.

Bagi calon mahasiswa yang diterima dapat membaca pengumuman kelulusan disini : Prodi IKM dan Prodi Gizi

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran ulang

  1. Melakukan pembayaran biaya  pendidikan uang kuliah tunggal untuk Intake D3 sebesar Rp. 7.000.000/ semester pada tanggal 16 Juni – 5 Juli 2017 di teller Bank Nagari.
  2. Pendaftaran ulang dilakukan pada tanggal 6 Juli 2017 di Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas  dengan membawa syarat – syarat sebagai berikut :
  • foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
  • surat keterangan berbadan sehat
  • bukti pembayaran uang kuliah (asli & fotocopy 2 (dua) lembar)
  • kartu ujian yang asli
  • Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat izin atasan (bagi yang sudah bekerja) dan melampirkan surat izin orang tua  (bagi yang belum bekerja)
  • Melampirkan surat rekomendasi dukungan beasiswa (bila ada)
  • Pas foto warna 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru yang telah diterima melalui jalur seleksi Jalur B Intake D3-S1 Prodi S-1 IKM dan Prodi S-1 Gizi Tahun Ajaran 2017/2018.


Peminatan1Padang, Jumat (09/06) telah dilaksanakan Seminar Peminatan bagi mahasiswa program studi (prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) semester 4 yang akan memasuki tahap peminatan pada Semester 5 nanti. Seminar ini dilaksanakan di kelas 2B Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas, yang dimulai dari pukul 09.00s.d11.10 WIB. Seminar Peminatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini, dihadiri oleh segenap civitas akademika mulai dari Dekan FKM Unand, Wakil Dekan I FKM Unand, Wakil Dekan III FKM Unand, Ketua Prodi IKM, Dosen, dan mahasiswa prodi IKM semester 4 yang akan memasuki tahap peminatan.

“Bekerja nanti tidak dilihat dari jenis peminatannya, tapi soft skill yang paling penting, yang dibutuhkan itu adalah sarjana kesehatan masyarakat yang berkualitas. Distribusi peminatan itu sama berdasarkan kuota, ketika kita lulus harus punya value, percuma jika cumlaude tetapi tidak memiliki value”, ujar Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

Seminar Peminatan ini dimoderatori oleh Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M, M.Comm.Health, Ph.D. selaku Ketua Prodi IKM Unand. Seminar ini diisi oleh dosen-dosen dari berbagai departemen yang ada dalam prodi IKM. Pemateri pertama dari Ibu dr. Adila Kasni Astiena, MARS dari Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), selanjutnya diisi oleh Ibu Dr.dr. Fauziyah Elytha M.Sc. dari Departemen Epidemiologi dan Biostatistik, kemudian oleh Bapak Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM dari Departemen Gizi Masyarakat, dan Bapak Dr. Nopriadi, SKM, M.Kes dari Departemen K3 Kesling mengisi sebagai pemateri keempat, serta terakhir ditutupoleh Ibu Dr.dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM dari Departemen Kesehatan Reproduksi.

Dengan adanya seminar peminatan untuk prodi IKM ini diharapkan mahasiswa IKM semester 4 yang akan memasuki tahap peminatan pada semester 5 nanti, dapat lebih mudah menentukan minatnya dari masing-masing departemen.

“Boleh jadi sesuatu itu tidak kamu minati tetapi itu baik untukmu”, ujar Ibu dr. Adila Kasni Astiena, MARS.

Harapannya kedepan dengan seminar peminatan ini mahasiswa prodi IKM Semester 4 2015 mampu menentukan pilihan terbaik dan masuk ke dalam jurusan terbaik sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

(Cindy dan Puti)


Alkahfi3Padang, Selasa s.d Rabu (06-07 Juni) Alkahfi PH BEM KM FKM Unand mengadakan acara Alkahfi Berbagi dengan tema “Bahagiamu Bahagiaku Pasti”. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan suci ramadhan ini banyak hal yang bias dilakukan, salah satunya adalah saling berbagi dengan anak-anakyatim/piatu. Hal ini tampak dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand.

Tujuan dilaksanakannya acaraini yaitu wujud kita sebagai sesama muslim untuk mengasihi sesama. Alkahfi Berbagi adalah Acara yang di selenggarakan untuk menyantuni anak yatim/piatu dan juga memberikan donasi kepada anak yatim/piatu.

 

Alkahfi2Acara ini dilaksanakan di Mushala Jamiatul Ikhwan Jalan Jati Rumah Gadang yang dihadiri sebanyak 50 orang anak yatim. Lokasi Jati Rumah Gadang dipilih karena acara Alkahfi tahun sebelumnya juga dilaksanakan di Jati Rumah Gadang. Acara Alkahfi Berbagi diisi dengan ceramah agama / Taujih Ramadhan yang di sampaikan oleh Ustad Fadlan dan dilanjutkan dengan buka bersama anak yatim/piatu. Anak yatim/piatu yang hadir cukup antusias untuk mengikuti acara Alkahfi Berbagi ini.

Diakui oleh ketua pelaksana kegiatan Alkahfi Berbagi, Sandy, kegiatan tersebut memang menjadi kegiatan rutin Alkahfi setiap datangnya bulan ramadhan. Kegiatan ini menghadirkan anak yatim piatu yang ada di sekitar lokasi kegiatan. Menurut Sandy sebagai ketua pelaksana, acara Alkahfi Berbagi di tahun ini sudah sesuai dengan harapan.

 

Alkahfi4

Keesokan harinya pada Rabu tanggal 7 Juni dilaksanakan Alkahfi Berbagi Takjil on The Road (disingkat ABTOR) di sekitar Jalan Peintis Kemerdekaan, Jati, Sawahan, dan Pasar Raya Padang yang diikuti oleh pengurus Alkahfi PH BEM KM FKM Unand. Kegiatan pembagian Takji ini dimulai pada pukul 17.30 WIB. Sasaran dari  Alkahfi Berbagi Takjil on The Road itu sendiri adalah para pejalan kaki, pemulung, dan pengemis danyang ada pada lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Ada berbagai macam takjil yang dibagikan, diantaranya adalah onde-onde, kurma, beberapa jenis kue, dan minuman berupa teh.

 

 

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

(Adetya danTatin)


Upgrading 1Padang, Sabtu (03/06) telah dilaksanakan Upgrading KM FKM Unand yang bertempatkan di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Jati. Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.30-16.00 WIB bertemakan “Raising Our Quality Trough Brilliant Team Work”. Upgrading yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini dihadiri oleh seluruh elemen KM yang ada di FKM Unand, mulai dari DPM, BEM, UKM, PraHima, hingga beberapa Club.

Pada upgrading kali ini peserta diberikan jarkom agar peserta upgrading semakin bersemangat dalam pelaksanaan upgrading ini, jarkom tersebut berbunyi “kami datang membawa perubahan maju” yang artinya semua elemen KM FKM Unand yang ada akan membawa perubahan yang lebih maju untuk KM FKM Unand.

Upgrading 2“Upgrading ini sangat bermanfaat bagi KM FKM Unand karena dapat menumbuhkan keakraban bagi semua elemen yang ada di FKM Unand”, ungkap Bapak Dr. Masrizal, Dt. Mangguang S.KM, M.Biomed selaku Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand sekaligus membuka kegiatan Upgading KM.

Kegiatan Upgradig ini dibekali materi oleh pemateri luar biasa seperti Ridho Nofaslah S.Si tentang “Manajemen Konflik” dan materi berikutnya yang disampaikan oleh Gusti Fauzi tentang “Susunan kependududkan dan Ketatanegaraan.

“Upgarading tahun ini adalah upgrading terpadat pesertanya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya” ungkap Gusti Fauzi selaku pemateri kedua dalam Upgrading KM FKM Unand.

Walaupun Upgrading KM kali ini baru diadakan pertama kali, namun dapat dilihat antusias warga FKM Unand yang terlibat dalam organisasi yang ada di FKM untuk turut serta meramaikan dan mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.


Seminar Gizi 5Padang, Minggu (04/06) telah dilaksanakan Seminar Gizi Nasional bertemakan ‘Mencegah Stunting pada Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan Demi Mewujudkan Generasi Aktif, Produktif, dan Kompetitif’. Kegiatan yang bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini difasilitasi oleh Departemen Gizi FKM Unand dimulai pukul 09.30 WIB. Selain untuk meningkatkan wawasan peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program Aksi dan Implementasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah dan bagaimana keterlibatan Perguruan Tinggi dalam mencegah stunting pada 100 Hari Pertama Kehidupan.
“Seminar ini merupakan bentuk karya nyata Mahasiswa Semester VI Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Gizi Departemen Gizi, dimana output yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu berbagi informasi tentang isu-isu terkini terkait gizi yang ada di Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khususnya”, ujar Bapak Idral sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasioal kali ini.

Seminar Gizi 2Seminar ini dimoderatori oleh Bapak Denas Symon MCN dan beberapa orang pemateri diantaranya adalah Ir. Doddy Izwardi M.A selaku Direktur Gizi Kesmas Kementrian Kesehatan RI; Prof. DR. dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.SC,SpGK selaku Ketua Prodi S3 Biomedik FK Unand; Elzadaswarman, S.KM, MPPM selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh; dan Dr. Helmizar, S.KM, M.Biomed selaku Ketua Departemen Gizi FKM Unand. Meskipun dilaksanakan pada bulan Ramadhan, dapat dilihat antusias peserta dalam mengikuti seminar ini.

Seminar Gizi 4“Mungkin kalau dilihat permasalahan gizi itu hanya satu, tapi satu buah permasalahan yang kompleks. Jika kita membicarakan 1000 HPK, itu mudah sekali diucapkan tapi implementasinya sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu, perlu diketahui apa implementasi dari program pemerintah yang sudah ada sehingga dapat diketahui apakah program tersebut sudah berjalan atau belum”, ujar Bapak Ir. Doddy Izwardi M.A.

Seminar Gizi 3Dengan adanya Seminar Nasional Gizi tentang pencegahan stunting pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan ini diharapkan lahir generasi yang aktif, produktif, dan kompetitif.

 


Fakultas Kesehatan Masyarakat membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2017/2018 melalui seleksi administrasi dan ujian tertulis untuk pindah jalur (transfer) DIII Kesehatan. Perkuliahan dilakukan pada hari Senin s/d Sabtu.

Syarat dan Cara Pendaftaran:

1. Persyaratan

  • Fotocopy Ijazah Lulusan Akademi/ Poltekes/ STIKes jurusan D-III kesehatan dan khusus prodi S-1 Giz iberasal dari lulusan D-III Gizi
  • Fotocopi Transkrip Nilai 10 Lembar (bagi KM) dan 2 Lembar (Gizi)
  • Foto Berwarna 4 X 6 sebanyak 2 Buah
  • Melampirkan surat rekomendasi dukungan beasiswa (bila ada)
  • Map berwarna kuning

2. Cara Pendaftaran:

  • Pendaftaran dilakukan tanggal 8 Mei s.d 8 Juni 2017
  • Pendaftaran dengan pengisian Formulir Pendaftaran (download disini)  Ke Gedung FKM dengan membawa persyaratan diatas atau mengirimkannya melalui email dengan alamat email : widyajasman75@gmail.com
  • Pengumuman hasil nilai konversi/transfrer nilai intake D3 (SKS yang diakui).
  • Membayar dengan biaya pendaftaran Rp. 400.000,- di teller Bank Nagari (BN) dengan menyebutkan “S1 IKM dari D-III atau S1 GIZI dari D-III” .Pendaftaraan mendapatkan Username dan Password dari Bank Nagari.
  • Calon peserta melakukan pendaftaran online di halaman http://umb.unand.ac.id/ menggunakan Username  dan Password yang di terima dari pihak Bank Nagari. Peserta harus menggunggah pas foto terbaru dengan ukuran file maksimal 100 kb.
  • Ujian saringan masuk diadakan di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat (belakang Fakultas Kedokteran) Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 94, Jati, Padang tanggal 10 Juni 2017 pada pukul 08.00 – 11.00 WIB.
  • Pengumuman Hasil Tes tanggal 16 Juni 2017.
  • Biaya pendidikan uang kuliah tunggal untuk Intake D3 sebesar Rp. 7.000.000/ semester
  • Registrasi Calon Mahasiswa Baru tanggal 4 – 5 Juli 2017
ALAMAT KAMPUS
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS
Jln. Perintis Kemerdekaan 94 Jati Padang
Telp (0751) 38613

Kontak Person:

  1. Widya ( 081363986800 )
  2. Benny ( 082170327429 )
  3. Devi    ( 08128737726 )
  4. Maidarni (081363223956)

 


Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa FKM Unand bahwa untuk UAS hari ini Rabu,31 Mei 2017 diundur dan dipindah jadwalkan setelah hari terakhir  UAS hari Selasa, 6 Juni 2017. Dan semua aktivitas akademik hari ini juga ditiadakan/diliburkan dikarenakan kondisi banjir yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan dan aktivitas ke kampus.

Tertanda

Dekan FKM UNAND

1 2 3 10