Roadshowpku4Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang dijuluki dengan Kampus Ungu ini, kembali melaksanakan roadshow ke Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk yang kedua kalinya pada tahun ini. Roadshow yang kedua ini, dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2018 dengan  tujuan untuk memperkenalkan FKM Unand kepada siswa/i Sekolah Menegah Atas (SMA) terkhusus jurusan IPA yang berada di daerah Pekanbaru.

Tim roadshow FKM Goes To School ini, berangkat pada Selasa, 17 April 2018 yang bertolak dari kampus Jati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Padang, dengan menggunakan bus. Kegiatan ini melibatkan Wakil Dekan III FKM Unand, Bapak Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed, dosen-dosen FKM Unand, staff akademik, serta 11 orang mahasiswa/i FKM Unand.

Roadshowpku5Roadshow yang kedua kali ini berjalan dengan mulus. Kegiatan roadshow ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi serta leaflet pengenalan FKM Unand ke kelas-kelas, dan ada juga dengan mengumpulkan siswa/i di aula sekolah untuk memberikan sosialisasi dalam rangka mengenalkan FKM dan Universitas Andalas. Pada roadshow kali ini, pihak FKM Unand mendapatkan kesempatan untuk menjalin silaturahmi sekaligus melakukan sosialisasi di beberapa Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru, diantaranya SMA As-Shofa yang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta favorit, serta Sekolah Menengah Atas Negeri favorit lainnya seperti SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 4 Pekanbaru, dan SMAN 9 Pekanbaru.

Roadshowpku3Informasi yang disampaikan pada saat roadshow ini terkait dengan penjelasan mengenai FKM Unand secara detail yang meliputi prodi yang ada di FKM Unand, departemen yang ada dalam FKM Unand, prospek kerja dari lulusan FKM Unand, jalur masuk ke Universitas Andalas dan informasi lainnya yang berkaitan dengan FKM Unand.

Tidak hanya itu saja, kegiatan roadshow ini juga bertujuan untuk mengenalkan Universitas Andalas sebagai universitas terbaik di pulau Sumatera dan di luar  pulau Jawa. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan nilai akreditasi A untuk Universitas Andalas yang menandakan bahwa Universitas Andalas juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan kampus lainnya di Indonesia.

Roadshowpku6Universitas Andalas sendiri terletak di kawasan perbukitan yang memberikan suasana sejuk dan udara khas pegunungan yang dapat membantu mahasiswa untuk menjadi lebih aktif dan kreatif. Selain itu, bangunan gedung di Universitas Andalas juga terbilang unik dengan desain atap gonjong rumah gadang Minangkabau yang terpatri indah pada bangunan utama kampus ini. Banyak juga mahasiswa Unand yang menorehkan prestasi dengan tinta emas kreatif mereka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Seakan tak ada habisnya, Universitas Andalas setiap tahunnya juga mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti program study ex-change ke beberapa negara,

Kegiatan yang bertajuk FKM Unand Goes to High School at Pekanbaru ini, mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah yang didatangi. Kedatangan rombongan FKM Unand juga mendapat antusisme yang cukup tinggi dari para siswa/i sekolah yang dikunjungi. Hal itu dapat terlihat pada saat sosialisasi dimana siswa/i tampak fokus mendengarkan informasi yang disampaikan dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait prodi yang ada di FKM Unand maupun sistem perkuliahaan yang berlaku di Unand secara umum ataupun FKM Unand secara khususnya. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan penyerahan doorprize kepada siswa/i yang bertanya dan penyerahan kenang-kenangan kepada pihak sekolah.

“Harapan dengan adanya agenda Roadshow FKM Goes To School ini, semoga FKM Unand dapat dikenal masyarakat luas terkhusus siswa/i sekolah menengah atas dan dapat memacu semangat siswa/i agar dapat menentukan pilihannya setelah lulus dari SMA, serta dapat membuat FKM Unand lebih baik lagi untuk kedepannya” ujar Gubernur KM FKM Unand, Rio Fikrul Irsyad, yang juga merupakan anggota dalam  tim Roadshow FKM Unand.

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Tutup AIPHC 20171Andalas Internasional Public Health Conference (AIPHC) 2017 resmi melaksanakan acara pembubaran panitia pada Senin, 2 April 2018. Acara pembubaran panitia ini dilaksanakan di Pangeran Beach Hotel, Padang.  Acara ini dihadiri oleh Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M.,Ph.D, selaku Dekan FKM Unand dan Wakil Dekan 3 FKM Unand, dosen-dosen pengajar FKM Unand, dan staff akademik FKM Unand, serta panitia AIPHC yang telah berjuang mengangkatkan acara ini.

Sebelumnya, AIPHC 2017 telah sukses menyelenggarakan konferensi Internasional pada tanggal 5-7 September 2017 dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas sebagai tuan rumahnya sekaligus sebagai penyelenggara. Rangkaian acara telah dimulai dengan pre-conference workshop pada 5 September 2017, dan kegiatan puncak AIPHC dilaksanakan pada tanggal 6-7 September 2017. AIPHC 2017 dilaksanakan bersamaan dengan Musyawarah Nasional Ke-5 Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi). Tema yang diambil adalah “Improving Heatlh Promotion and Disease Prevention Stategies for Health Development Agenda of SDGs”.

Tutup AIPHC 20172Acara pembubaran penitia AIPHC 2017 ini dimulai dari pukul 19.00 WIB-22.00 WIB. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci  Al-quran, Setelah itu, acara dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Bu Ade Suzanna Putri, S.K.M., M. Commhealth Sc, Ph. D selaku Kepala Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat sekaligus ketua pelaksana AIPHC 2017. Dalam penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan, beliau mengatakan akan diadakannya konferensi selanjutnya yang bertempat di Bali. Beliau juga menambahkan bahwa “kebanggaan yang kita dapat hari ini adalah karena kerja keras kita bersama”.

Setelah penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Kata sambutan dari Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M.,Ph.D selaku Dekan FKM Unand. Beliau  sangat mengapresiasi acara ini serta kelancaran dan kesuksesan acara yang juga merupakan hasil dari kerja keras dan kerjasama seluruh panitia serta seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini. Di akhir kata sambutannya, beliau secara resmi membubarkan panitia AIPHC 2017. Kemudian acara dilanjutkan dengan do’a. Berakhirnya pembacaan doa maka acara formal resmi ditutup dan dibuka acara non formal yang berisi agenda makan malam yang diikuti oleh panitia, undangan yang hadir, dan pengisi acara. Tidak hanya sampai disitu, suasana acara non formal ini semakin meriah dan ramai dengan adanya hiburan dan games.

Tutup AIPHC 20173AIPHC 2017 merupakan AIPHC yang ke-3 yang pernah dilaksanakan dan yang pertama untuk tingkat Internasional. Peserta AIPHC 2017 bukan hanya dari indonesia saja, namun ada yang datang dari Malaysia, Thailand dan sebagainya. Pemateri yang didatangkan untuk AIPHC 2017 ini juga beragam, seperti Korea, Filipina, Thailand, Indonesia, dan  India. Keunggulan dari AIPHC 2017 ini adalah salah satu konferensI yang sukses masuk ke BMC Public Health (jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus) dan merupakan pertama kalinya di Indonesia.

Adapun kendala yang ditemukan oleh panitia bukan masalah besar, yaitu koordinasi yang kurang dan salah komunikasi yang biasanya sering terjadi di kepanitiaan-kepanitiaan acara lainnya.

 “Harapan untuk AIPHC selanjutnya yaitu diharapkan panitianya makin kompak dan meningkatkan koordinasi dosen dan mahasiswa untuk mempertahankan kesuksesan yang telah dicapai AIPHC ini dan terus dapat meningkatkan kesuksesan di AIPHC selanjutnya” ujar Cici Delsi, salah satu panitia AIPCH 2017.

(Dina Hanifah dan Rista)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Upgrading2Padang,Minggu 25 Maret 2018 telah dilaksanakan Upgrading KM FKM Unand dengan tema “Bersama Kita Bangun Koneksi dan Kukuhkan Silaturahmi”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas, Jati. Ugrading KM FKM Unand merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand dengan tujuan untuk menambah kapasitas peserta upgrading sebagai anggota organisasi dan menjalin silaturahmi antar sesama lembaga.

Kegiatan upgrading ini dihadiri oleh Bapak Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed selaku Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, dan seluruh anggota elemen KM FKM Unand dimulai dari DPM, Pra HIMA IKM dan Pra HIMA Gizi, UKPM Pena, UKM SAFE, UKM Al Kahfi, BPMAI,hingga beberapa Club.

Upgrading1Kegiatan Upgrading KM FKM Unand  ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya penyampaian kata sambutan yang disampaikan oleh Mella Wahyuni selaku Ketua Pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan  sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Rio Fikrul Irsyad selaku Gubernur BEM KM FKM Unand.

Setelah dibuka secara resmi, kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama mengenai “ Sususnan dan Kedudukan Tatanegara KM FKM Unand “ yang disampaikan oleh Denny Hermawan Wicaksono dan dilanjutkan dengan materi berikutnya yang disampaikan oleh Muhammad Taufik mengenai “Ketatanegaraan KM Unand”. Saat penyampaian materi, peserta upgrading membentuk kelompok untuk dapat berdiskusi mengenai materi yang disampaikan. Setelah pemberian materi, kegiatan upgrading ditutup dengan games Ranking 1 yang diikuti oleh perwakilan antar lembaga yang mengikuti upgrading.

Upgrading3Dengan adanya kegiatan Upgrading KM FKM Unand ini,diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan peserta terkait susunan dan kedudukan tatanegara serta meningkatkan keakraban bagi semua elemen KM FKM Unand.

(Wulan Febriza dan Alvi Syahrin)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Rakor UKM Pena3UKPM PENA BEM KM FKM Unand telah melaksanakan Rapat Koordinasi Kerja (Rakorker) di Fakultas Kesehatan Masyarakat di ruang 3A FKM Unand, Minggu  (04/03/2018). Rapat Koordinasi Kerja merupakan kegiatan tahunan yang membahas tentang rencana kegiatan dan anggaran serta pengesahan program kerja untuk setahun yang akan datang. Dalam Rapat Kerja kali ini turut dihadiri oleh Gubernur BEM KM FKM Unand periode 2018 dan Dewan Penasihat Pengurus (DPP) UKPM PENA BEM KM FKM Unand.

Rapat Kerja kali ini membahas rencana kegiatan dan anggaran untuk tahun 2018 dan akan disampaikan secara menyeluruh oleh koordinator divisi/biro kepada pengurus UKPM PENA periode 2018 dan DPP. Dewan Penasihat Pengurus menyampaikan bahwa pembahasan dalam Rakorker ini juga termasuk membahas kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan dalam tahun 2017 agar dijadikan acuan pada rancangan kerja tahun 2018.

Rakor UKM Pena2Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya penyampaian kata sambutan oleh Rista selaku Pimpinan Umum UKPM Pena periode 2018 yang disambung dengan kata sambutan dari Ketua DPP UKPM Pena Periode 2018, Muthia Riska. Acara ini resmi dibuka oleh Rio Fikrul Irsyad selaku Gubernur BEM KM FKM Unand.

Setelah acara resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pembacaan program kerja yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ini yang mana diawali oleh divisi Publilkasi dan Fotografi (PF) serta dilanjutkan oleh divisi Human Resource Development (HRD), divisi Redaksi dan Editor (RE), divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), biro Dana dan Usaha (Danus) dan ditutup olh biro Kesekretariatan (Kestari). Setelah menyampaikan program kerja dari divisi/biro, para DPP akan memberikan saran maupun sanggahan mengenai proker yang akan dilakukan dalam kepengurusan kali ini.

Rakor UKM Pena4Disamping menyampaikan apa yang sudah dilakukan pada tahun 2017, DPP  akan melakukan monitoring dan pengawasan untuk rancangan kerja tahun 2018, pengurus 2018  yang nantinya akan mengevaluasi rencana kegiatan dan anggaran secara berkala untuk menjamin bahwa apa yang direncanakan dan anggaran yang disusun dapat dilaksanakan sebagai mestinya serta pertanggungjawaban keuangannya sesuai dengan sistemnya.

Dengan rapat kerja kali ini harapannya bahwa di tahun 2018 UKPM Pena dapat merencanakan rencana kegiatan dan menyusun anggaran secara professional, maksimum, dapat membuat inovasi maupun ide ide, dan dapat meningkatkan kuantitas serta kuliatas Pers dari UKPM PENA.

(Salsabila Syifa Syauqiyah dan Ghina Mardiyati)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Safe BEM2Awal Maret ini tepatnya tanggal 3-4 Maret 2018, UKM SAFE BEM KM FKM Unand melaksanakan kegiatan Pelantikan Pengurus untuk periode 2018 yang bertempat di Bumi Perkemahan Universitas Andalas. Acara pelantikan ini dihadiri oleh Bapak Dr. Masrizal dt. Mangguang, SKM, M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM disertai dengan beberapa dosen FKM dan Bapak Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M.Pd, M.Si selaku pembina UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Acara pelantikan ini juga turut dihadiri oleh pimpinan lembaga KM FKM, BP dan Purna UKM SAFE BEM KM FKM Unand, serta anggota UKM SAFE BEM KM FKM Unand Tahun 2018. Acara ini melantik 60 orang pengurus baru dari UKM SAFE BEM KM FKM Unand.

Safe BEM3Acara ini dimulai pada hari Sabtu(03/03) pukul 19.00 WIB dan berakhir pada hari Minggu(04/03) pukul 12.00 WIB. Acara pelantikan ini diawali dengan kata sambutan dari ketua pelaksana acara yang diwakilkan oleh Prayoga Wagesti dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2018 yaitu Atikah Wulandari. Selanjutnya, pemberian kata sambutan sekaligus pembukaan acara yang disampaikan oleh Bapak Dr. Masrizal dt. Mangguang, SKM, M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan membuat api unggun, dimana para pengurus baru UKM SAFE periode 2018 akan berkumpul mengelilingi api unggun sekaligus pelantikan kepengurusan anggota. Acara kemudian dilanjutkan pada pagi harinya dengan senam sehat dan upacara pagi.

Safe BEM5UKM SAFE merupakan UKM yang bergerak dibidang kepramukaan dan pengabdian masyarakat. UKM SAFE memfasilitasi mahasiswa FKM Unand untuk dapat terjun langsung pada masyarakat dalam membantu masalah yang ada di tengah masyarakat khususnya masalah kesehatan. Beberapa kegiatan yang dilakukan UKM SAFE ini yaitu melaksanakan gotong royong bersama masyarakat, memberikan penyuluhan tentang PHBS, pemberian susu gratis dan sembako, menggalakkan aksi tanam toga di masyarakat. Tak hanya itu, UKM SAFE juga mengadakan seminar kepramukaan dan seminar penanggulangan bencana untuk mahasiswa Unand khususnya mahasiswa FKM Unand.

Atikah Wulandari, selaku Ketua UKM SAFE Periode 2018, berharap dengan adanya acara ini dapat membina para pengurus kedepannya menjadi lebih kompak, memiliki rasa solidaritas yang tinggi, serta tanggung jawab yang besar.

(Wellya Andriyani)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Pengmas Blood2Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada  Rabu (28/2) dan Kamis (1/3), baru saja diadakan kegiatan donor darah bertajuk Pengmas Blood yang bertempat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, Jati. Kegiatan yang merupakan program Departement Pengabdian Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Keluarga Mahasiswa (KM), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk menolong sesama khususnya civitas akademis dan mahasiswa FKM, memfasilitasi pendonor darah, membantu PMI untuk pemenuhan pasokan darah, serta mendata pendonor aktif yang selaras dengan tema yang diangkat pada awal tahun 2018 ini, yaitu “Share your blood, share your care”.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB di hari pertama, sedangkan untuk hari kedua berakhir pada pukul 16.00 WIB. Dalam dua hari, kegiatan dengan ketua pelaksana Ratih Putri Kemala ini telah diikuti oleh 71 orang. Hal ini menandakan bahwa adanya animo yang cukup besar dari Mahasiswa FKM Unand untuk melakukan donor darah.

Pengmas Blood3Untuk bisa berpartisipasi dalam mendonorkan darah, para calon pendonor mengisi formulir yang telah disediakan. Salah satu isian di dalam formulir tersebut adalah berat badan, dan jika tidak mengetahui berat badannya sudah disediakan timbangan untuk mengukur di tempat. Bagi yang baru pertama kali melakukan donor darah maka formulir diserahkan kepada pihak dari PMI yang ikut mendampingi di kegiatan ini. Sedangkan bagi yang sudah pernah berpartisipasi dalam donor darah sebelumnya, dapat menyerahkan kartu donor darah beserta formulir yang sudah diisi. Setelah pengisian formulir, calon pendonor akan melakukan pengecekan kesehatan untuk memastikan bisa mendonor atau tidak, termasuk di dalamnya pengecekan tekanan darah (tensi), hb, serta golongan darah. Setelah melakukan tes kesehatan dan dinyatakan bisa mendonorkan darah, calon pendonor diminta untuk menunggu giliran ke mobil PMI untuk mendonorkan darahnya. Selesai melakukan pendonoran darah, para pendonor mendapatkan bingkisan yang telah disediakan serta kartu pendonor.

(Annisa Nurul Izza dan Sharfina)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


wisuda I 20183Padang, Sabtu (24/02) telah terlaksana acara pelepasan dan penyerahan ijazah wisudawan/ti Periode I Tahun 2018 oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertempat di Gedung Seminar  E, Universitas Andalas. Acara wisuda ini dihadiri oleh Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D selaku Dekan FKM disertai oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III FKM Unand beserta dosen-dosen FKM Unand. Wisuda kali ini diramaikan oleh 68 wisudawan/ti serta para orang tua dan kerabat dari wisudawan/ti.

Acara wisuda ini dimulai pada pukul 10.30 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Kalam Illahi. Selanjutnya, pembukaan pelepasan wisudawan/ti dan penyerahan ijazah Sarjana Kesehatan Masyarakat FKM Unand oleh Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D selaku Dekan FKM yang ditandai oleh 3x ketok palu. Wisudawan/ti yang membacakan deklarasi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia diwakili oleh Divla Taqiya Annashiri, SKM dan diikuti oleh wisudawan/ti lainnya. Sementara itu, Afifah Septika Nefri, SKM, menjadi perwakilan dari wisudawan/ti periode I tahun 2018 untuk menyampaikan pidatonya pada wisuda kali ini.

Kegiatan berlangsung secara rapi, teratur dan khidmat hingga akhir. Setelah penyampaian pidato oleh perwakilan wisudawan/ti, acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh perwakilan orang tua wisudawan/ti, yang mana diwakili oleh Bapak Drs. H. Mahyudin, M.Pd selaku orang tua dari Ramdha Ananda Prima, SKM. Beliau mengatakan bahwa wisudawan/ti harus betanggung jawab atas gelar yang sudah didapat serta kepada almamater sebagaimana mestinya. Dan beliau juga mengucapkan segenap rasa terima kasih kepada dekan, para wakil dekan beserta para dosen dan civitas akademika lainnya yang telah berhasil membentuk putra-putri bangsa menjadi lulusan terbaik di bidangnya.

Saat proses pelepasan wisudawan/ti oleh Dekan FKM, perwakilan dari PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia) Sumatera Barat meyampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas karena telah menghasilkan lulusan terbaik dan beliau juga berkata, “Kami perwakilan dari PERSAKMI akan menerima alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan penuh dedikasi dan semoga wisudawan/ti bisa bermanfaat bagi negara, bangsa dan agama”.

wisuda I 20182Sama seperti sebelumnya, Wisuda periode I tahun 2018 ini juga diwarnai dengan penyerahan penghargaan kepada 5 orang Bintang Aktivis Kampus oleh Wakil Dekan III FKM Unand. Bintang Aktivis Kampus pada wisuda kali ini yaitu :

  1. Dion Andhika Dwi Putra, S.K.M.
  2. Faizah Alwi, S.K.M.
  3. Afifah Septika Nefri, S.K.M.
  4. Putri Ayu,K.M.
  5. Elvisa Rahmi, S.K.M.

LKTI2Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Andalas, sukses mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 pada hari Sabtu/17 Februari 2018. Acara ini diangkatkan oleh departemen Pendprofil BEM KM FKM Unand yang berlangsung di Seminar Gedung I Universitas Andalas.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 kali ini mengusung tema “Youth Generationas The Innovators of Strategies In Improving Indomesia’s Public Helath Quality”. Terdapat tiga kategori lomba pada tahun ini, yakni kategori Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk tingkat Mahasiswa se-Indonesia, Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat Siswa se-Sumbar, Riau dan Jambi; dan kategori terakhir yakni lomba Poster Ilmiah untuk Mahasiswa se-Indonesia. Persiapan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 ini, dimulai dari bulan Juli 2017 dan final presentasi diadakan pada bulan Februari 2018.

LKTI3Acara final presentasi LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan penampilan tari Pasambahan dan disusul dengan Tilawatil Qur’an serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya penyampaian laporan dari ketua pelaksana LKTI VI Nasional 2018, Muhammad Agung Surya. Kemudian kata sambutan dari Gubernur KM FKM Unand 2018, Wakil Dekan III FKM Unand, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang. Acara LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 ini, dibuka langsung oleh Bapak Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM dan dr. Feri Mulyani Hamid, M.Biomed selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang sebagai perwakilan dari Wali Kota Padang.

Setelah acara final presentasi resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pembacaan CV juri. Juri LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 terdiri dari 4 orang yaitu Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed; Yori Yuliandra, M.Farm, Apt; Yudi Pradipta, S.K.M., M.Ph; Darwel, S.K.M., M.Epid.

Setelah pembacaan CV juri, acara dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018. Finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 terdiri dari 15 tim yang mana untuk masing-masing kategori lomba terdiri atas 5 tim. Finalis untuk kategori Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia dikuti oleh tim dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Intitut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Yogyakarta ,dan Intitut Teknologi Bandung. Finalis untuk kategori Karya Tulis Ilmiah tingkat Siswa se-Sumbar, Riau dan Jambi diikuti oleh tim dari  SMK SMTI Padang (2 tim) , MAN 1 Kuansing Riau, SMA 2 Sawahlunto, dan SMAN 1 Sitiung. Finalis untuk kategori Poster Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia diikuti oleh Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jakarta,dan Universtitas Sebelas Maret.

LKTI5Setelah pembacaan peraturan presentasi, para finalis kategori Karya Tulis Ilmiah maju ke depan sesuai nomor lot yang didapat untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Setiap tim mempunyai waktu 6 menit untuk mempresentasikan karya mereka dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri selama 14 menit. Sedangkan untuk kategori Poster Ilmiah, semua finalis maju ke depan dan berdiri di depan poster mereka masing-masing yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri tanpa melakukan presentasi.  Sesi presentasi diselingi dengan hiburan dari penampilan akustik dan penampilan musik kontemporer tradisional FKM Unand.

Setelah sebelumnya melalui seleksi abstrak kemudian masuk kebabak final dan melakukan presentasi dihadapan para juri, maka pukul 15.00 WIB merupakan waktu yang ditunggu – tunggu oleh para finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 untuk mengetahui siapa pemenangnya. Sembari menunggu pemenangnya, para finalis dihibur dengan pemutaran video perkenalan FKM Unand dan video panitia LKTI VI Nasional FKM Unand 2018.

 Pemenang untuk kategori lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia adalah Juara 1 diraih oleh Institut Teknologi Bandung, Juara 2 diraih oleh Universitas Padjadjaran, Juara 3 diraih oleh Universitas Gadjah Mada, Harapan 1 diraih oleh IPB dan Harapan 2 diraih oleh UNY.

Pemenang untuk Karya Tulis Ilmiah tingkat Siswa adalah juara 1 diraih oleh SMAN 1 Sitiung, juara 2 diraih oleh  SMK SMTI Padang, juara 3 diraih oleh MAN 1 Kuansing Riau,  Harapan 1 diraiih oleh SMAN 2 Sawahlunto dan Harapan 2 diraih oleh SMK SMTI Padang.

Pemenang untuk kategori lomba Poster Ilmiah tingkat Mahasiswa adalah Juara 1 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, Juara 2 diraih oleh Universitas Brawijaya, Juara 3 diraih oleh Universitas Sebelas Maret, Harapan 1 diraih oleh Universitas Andalas dan Harapan 2 diraih oleh Universitas Jember.

Acara ditutup dengan memberikan hadiah kepada para pemenang dan pemberian kenang-kenangan kepada dewan juri serta foto bersama dengan para pemenang.

“Tentu saja untuk mengangkatkan acara tingkat nasional bukanlah hal yang mudah, banyak permasalahan yang muncul walaupun begitu acara LKTI ini berjalan dengan lancar dan baik, saya harap semoga LKTI VII Nasional lebih bagus lagi dari LKTI VI Nasional FKM Unand” ungkap Ketua Pelaksana LKTI VI Nasional FKM Unand 2018, Muhammad Agung Surya.

(Iradatul Aini dan Rista)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


2018-02-18-PHOTO-00000213Pada hari Rabu, 14 Februari 2018, FKM UINSU mengadakan kegiatan bench marking ke FKM UNAND. Kegiatan bench marking UINSU diawali dengan pertemuan antara Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM dan dengan Ketua Prodi IKM UINSU Ibu Fauziah pada saat kegiatan sosialisasi hasil UKSKMI di Jakarta dimana disaat itu FKM UNAND memperoleh 2 peserta terbaik dari hasil UKSKMI yang diadakan pada bulan Oktober 2017, yang kemudian ditindaklanjuti dengan keinginan FKM UINSU untuk benchmarking ke FKM UNAND. Bench marking FKM UINSU disambut lansung oleh Dekan FKM UNAND Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD. Ikut serta dalam kunjungan FKM UINSU ini Wakil Dekan I, II, III dan staff pegawai yang lainnya.


6Minggu, 11 Februari 2018. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan Pelantikan dan Konsolidasi yang dihadiri oleh Bapak Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M. Biomed selaku Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Faizil Putra selaku Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Andalas, Anla Fet Hardi selaku Menteri PSDM BEM KM Universitas Andalas, Ketua DPM KM FKM Unand beserta jajaran, Ketua Pra HIMA IKM dan Pra HIMA Gizi, Pimpinan Umum UKPM Pena, Ketua Umum UKM SAFE, Ketua Umum UKM Al Kahfi, Ketua BPMAI, Inti dan Kepala Departemen Kabinet SOLID dan Kabinet AKRAB serta seluruh calon pengurus BEM KM FKM Unand yang akan dilantik di Gedung FKM Unand, Jati.Minggu, 11 Februari 2018. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan Pelantikan dan Konsolidasi yang dihadiri oleh Bapak Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M. Biomed selaku Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Faizil Putra selaku Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Andalas, Anla Fet Hardi selaku Menteri PSDM BEM KM Universitas Andalas, Ketua DPM KM FKM Unand beserta jajaran, Ketua Pra HIMA IKM dan Pra HIMA Gizi, Pimpinan Umum UKPM Pena, Ketua Umum UKM SAFE, Ketua Umum UKM Al Kahfi, Ketua BPMAI, Inti dan Kepala Departemen Kabinet SOLID dan Kabinet AKRAB serta seluruh calon pengurus BEM KM FKM Unand yang akan dilantik di Gedung FKM Unand, Jati.

3 2

Konsolidasi dan Pelantikan BEM KM FKM Unand ini diadakan dalam Sidang Paripurna DPM KM FKM Unand. Sidang ini dipimpin oleh Presidium I, Rani Pratama Putri dari DPM KM FKM Unand. Agenda pertama pada sidang ini yaitu pelantikan 81 orang pengurus BEM KM FKM Unand yang resmi dilantik oleh Gubernur KM FKM Unand periode 2018, Rio Fikrul Irsyad.

Agenda selanjutnya yaitu pengesahan SK Pengurus BEM KM FKM Unand oleh Wakil Dekan III FKM Unand.  Kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan antara Gubernur KM FKM Unand periode 2017 kepada Gubernur BEM KM FKM Unand terpilih untuk periode 2018 yaitu Rio Fikrul Irsyad.

Kabinet I4NISIATIF, itulah nama kabinet yang dipilih oleh Rio Fikrul Irsyad untuk kepengurusan BEM KM FKM Unand 2018. INISIATIF merupakan singkatan dari Integritas, Sinergis dan Kreatif. Rio Fikrul Irsyad yang hangat disapa Pipon berharap BEM KM FKM Unand dapat lebih baik lagi kedepannya dengan pengurus-pengurus baru yang luar biasa.

Kegiatan Konsolidasi dan Pelantikan BEM KM FKM Unand periode 2018 ini, ditutup dengan rapat konsolidasi pengurus yang mana setiap 81 pengurus yang telah dilantik tadi akan ditempatkan di divisi/biro sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan saat Open Recruitment. Berdasarkan hasil sidang tersebut, direncanakan Rapat Kerja (RAKER) BEM KM FKM Unand dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2018.

(Rista)

UKPM Pena KM FKM Unand

1 2 3 15