IMG-20171215-WA0005Pada hari Kamis. 14 Desember 2017 Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat Uinversitas Andalas Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM menerima secara simbolik Sertifikat Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) dengan nilai terbaik 1 dan terbaik 3 yang diraih oleh mahasiswa/lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat Uiversitas Andalas untuk uji kompetensi bulan Oktober di wilayah regional barat.

Penyererahan sertifikat ini dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi capaian pembelajaran lulusan kesehatan masyarakat, sosialisasi kerangka acuan PBL terintegrasi dan sosialisasi hasil Uji Komptensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI).

Untuk terbaik 1 diraih oleh peserta atas nama Nengsih Purnama dan terbaik 3 diraih oleh Vivi Izzati. Sertifikat  terbaik diserahkan oleh Ketua Umum AIPTKMI dr, Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D di Hotel Ibis Kemayoran Jakarta Pusat.


JKN Kamis2Padang, Kamis (23/11) FKM Unand telah melaksanakan kuliah tamu bersama dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid, beliau merupalan Profesor Ekonomi Kesehatan dari University Kebangsaan Malaysia dan sekarang menjabat sebagai Ketua Departemen Kesehatan Masyarakat di University of Kuwait. Beliau juga merupakan seorang konsultan Kementerian Kesehatan dalam pengembangan software INA-CBGs sebagai sistem casemix yang saat ini digunakan pada era JKN dalam pembayaran provider. Kuliah tamu dilaksanakan di lantai 3BC Gedung FKM Unand.

Pada kesempatan ini, FKM Unand melaksanakan kuliah tamu dengan  mengangkatkan tema “The Implementation of DRGs as Provider Payment Mechanism in Indonesian National Health Insurance: The Challenges”. Kuliah tamu dimulai pada pukul 15.00 WIB s.d 16.00. Tujuan dilaksanakannya perkuliahan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai sistem casemix yang ada di Indonesia terutama pada era JKN. Kuliah tamu dihadiri oleh Ketua Prodi IKM, para dosen dari departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) serta mahasiswa FKM Unand terutama mahasiswa dari Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK).

JKN Kamis3Kuliah tamu dimulai dengan presentasi materi yang disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid dan dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa tanya jawab antara mahasiswa FKM Unand dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid. Sepanjang presentasi yang diberikan mahasiswa terlihat antusias dengan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid tersebut. Hal ini juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa pada sesi diskusi. Dan pada akhir sesi kuliah tamu ditutup dengan melakukan sesi foto bersama dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid.

“Pendapat saya tentang kuliah tamu hari ini, dapat mengetahui sistem casemix itu seperti apa, bagaimana penerapannya di Indonesia dan juga dapat berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sistem casemix dan lebih mengetahui sejauh apa penerapannya dalam sistem pembiayaan kesehatan di era JKN seperti pada sekarang ini.” Ujar Debi salah satu mahasiswa administrasi kebijakan kesehatan yang mengikuti kuliah tamu.

(Lidya Afriyani dan Intan Rabbul)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


JKN SelasaPadang, Selasa (21/11), telah diadakan kegiatan Kuliah Tamu yang bertempat di kelas 3B-3C, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Padang. Dengan mengangkat tema “JKN (Kepersertaan, Pelayanan Kesehatan) dan Permasalahannya)”.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian dosen dan juga Mahasiswa/i FKM Semester III jalur A dan B. yang berlansung dari pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.08 WIB. Agenda berlansung secara rapi,,teratur dan kondisional dari awal hingga akhir . Acara dipandu oleh MC tunggal yaitu Ibu Ayu yang merupakan salah satu dosen di FKM. Yang menjadikan kuliah umum kali ini istimewa yaitu sang pemateri yang merupakan kepala BPJS Kesehatan cabang Padang, Bapak Sisri Sembodo. Beliau memberikan materi secara jelas, terperinci, menarik, serta mudah dipahami sehingga mendapat feedback yang baik pula dari peserta.

Diakhir penyampaian materi oleh Bapak Sis, dibuka sesi pertanyaan yang memberi kesempatan kepada 3 penanya pertama. Respon yang aktif sangat terasa pada sesi ini, terlihat dari banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan.

Salah satunya pertanyaan dari mahasiswi FKM bernama rahma, mengatakan “terdapat satu kasus di pelosok dimana rata-rata yang ikut BPJS merupakan golongan menengah atas atau yang merupakan kerabat dekat dari wali nagari,sedangkan golongan menengah kebawah sangat minim pemahan tentang BPJS ini, istilah nya terabaikan, melihat kasus seperti ini,bagaimana tindakan dari BPJS sendiri? apakah sudah dilakukan sosialisasi? ” ujar Rahma.

Pertanyaan tersebut lansung direspon oleh Pak Sis sendiri, beliau mengatakan, “Sebenarnya sosialisasi bukan hanya tugas dari pihak BPJS saja namun peran aktif masyarakat umum juga sangat dibutuhkan untuk saling memberi pemahaman tentang kebaikan ikut BPJS kepada masyarakat lain. Dengan begitu, lambat laun bisa merubah dan menambah pemahaman masyarakat. Dan terkait perhatian yang tidak merata dari wali nagari, itu perlu dilakukan kunjungan lansung oleh pihak BPJS dan melakukan pendekatan kepada wali nagarinya guna memberi pemahaman lebih lanjut”. Begitu jawaban dari beliau yang langsung dipahami oleh sang penanya.

Acara berakhir dengan penutupan oleh MC secara formal dan diakhir penutupan sedikit ditambahkan oleh pemateri mengenai tantangan BPJS yang bisa menjadi info tambahan bagi peserta kuliah umum kali ini.

(Suci Desirman dan Rizky Ridhatul Tani)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Fresh 20171BEM KM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas sukses menyelenggarakan kegiatan FRESH 10th yang berlangsung selama 10 hari. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan di FKM Unand yang berskala nasional yang dimulai dari tanggal 10 – 18 November 2017. Kali ini FRESH 10th hadir dengan tema Creating Healthy Lifestyle to Gain Healthy Generation.

FRESH 10th merupakan singkatan dari Friendly Event to Share Our Health  yang mana kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November sekaligus memperingati Ulangtahun FKM Unand. Selain itu, FRESH 10th juga merupakan suatu ajang bagi seluruh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan siswa dari beberapa SMA yang ada di Kota Padang untuk dapat menunjukkan bakatnya di setiap perlombaan yang ada dalam kegiatan ini.

Diikuti oleh kurang lebih 25 Pergutuan Tinggi dari seluruh Indonesia dan beberapa SMA di Kota Padang, FRESH 10th memiliki 3 kategori lomba yaitu Brain (Lomba Debat dan Speech Contest), Body (Futsal dan Basket Ball fullteam), dan Behaviour (Solo song, Photography, Poster dan Acoustic Contest).

Pembukaan FRESH 10th dilangsungkan dengan meriah yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKM Unand, Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed. Pembukaan Fresh 10th dilaksanakan di Aula Kemenag Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 10 November 2017 dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari KM FKM Unand serta beberapa peserta dan delegasi.

Fresh 20172Setelah Pembukaan, rangkaian lomba FRESH 10th resmi dimulai dengan lomba pertama kategori body yaitu Basket dan Futsal. Lomba basket dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 November 2017 yang bertempat di Lapangan Basket SMA N 1 Padang. Pertandingan basket ini diikuti oleh tingkat mahasiswa se – Sumatera Barat dimana tim basket FIK Universitas Negeri Padang (UNP) keluar sebagai juara 1 lomba basket FRESH 10th sedangkan untuk juara 2 diraih oleh tim basket FISIP Unand dan juara 3 diraih oleh tim basket Politeknik Negeri Padang (PNP). Sementara itu,  di kategori body masih ada satu lomba lagi yaitu futsal. Lomba futsal ini dilaksanakan selama 3 hari di Glory Futsal dari tanggal 15-17 November 2017. Berbeda dengan basket, kali ini lomba futsal diikuti oleh mahasiswa se-Sumbar dan Riau dimana tim futsal Stikes Hang Tuah Pekanbaru keluar sebagai juara 1 sedangkan untuk juara 2 diraih oleh tim futsal FKM Unand dan juara 3 diraih oleh tim futsal Stifarm.

Fresh 20173Pada kategori brain terdapat lomba Speech Contest dan Debat. Speech Contest dibuka untuk mahasiswa se Indonesia bidang kesehatan yang dilaksanakan tanggal 13 November 2017 dan bertempat di gedung Seminar I, Universitas Andalas. Juara 1 speech contest diraih oleh Fathia dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), juara 2 diraih oleh Rexsa dari Stikes Hang Tuah dan juara 3 diraih oleh Intania dari FKM Unand. Sementara itu, lomba debat tak kalah serunya dengan lomba-lomba yang lainnya. Lomba debat dibuka untuk mahasiswa bidang kesehatan se Indonesia dimana tahun ini lomba debat FRESH 10th diikuti oleh 16 tim dari sabang sampai merauke seperti tim debat dari Universitas Cendrawasih. Lomba debat dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017 yang bertempat di gedung FKM Unand. Juara 1 lomba debat diraih oleh tim debat FK Unand, juara 2 diraih oleh tim debat FKM Universitas Sumatera Utara (USU) dan juara 3 diraih oleh tim debat Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM).

Fresh 20174Kategori lomba yang ke tiga yaitu behaviour yang berisi 3 lomba yang terdiri dari lomba solo song, poster, dan fotografi. Lomba solo song memiliki dua tingkat yaitu tingkat mahasiswa dan tingkat siswa. Untuk tingkat mahasiswa, lomba solo song dapat diikuti oleh mahasiswa umum se Kota Padang, begitu juga untuk tingkat siswa. Lagu-lagu yang diperlombakan adalah lagu minang dan lagu yang hits di kalangan remaja Indonesia. Juara 1 lomba solo song tingkat mahasiswa yaitu Nurul Hanifa dari FKM Unand, juara 2 diraih oleh Yogi Apriadi dari Stikes Hang Tuah dan juara 3 diraih oleh Nilam Putri Sari dari Akfar Prayoga serta juara favorit lomba solo song diraih oleh Annisa Latifa Utari dari FKM Unand.

Selain solo song, FRESH 10th juga mengangkatkan lomba poster dan fotografi. Untuk lomba poster dan fotografi peserta cukup mengirimkan karya nya ke email yang fresh dan dapat mengirimkan karyanya dari awal pendaftaran sampai akhir pendaftaran. Karya-karya peserta lomba poster dan fotografi di upload ke Instagram untuk mencari juara favorit dengan melihat likers yang terbanyak sedangkan untuk juara 1 dan juara 2 ditentukan oleh juri.

Fresh 20175Tanggal 18 November 2017 rangkaian acara FRESH 10th resmi ditutup disertai dengan pemotongan kue ulangtahun FKM Unand dalam rangka merayakan ulangtahun FKM. Penutupan FRESH 10th berlangsung dengan meriah dengan tema Hypster. Kegiatan penutupan ini dilaksanakan di Aula RRI Kota Padang yang dimulai dari jam 19.00 WIB-22.00 WIB. Pada acara penutupan ini akan diumumkan pemenang lomba dan pemberian hadiah kepada pemenang. Selain itu, para peserta dan undangan yang hadir berkesempatan untuk menjadi pemenang dari Best Costume dan Best Photo Contest. Di akhir acara para undangan dihibur oleh penampilan akustik dari Club Seni FKM Unand.

(Clarita Tiffany dan Rista)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Padang, Kamis (9/11) telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan Public Health Action oleh PraHima IKM FKM Unand, dimana Public Health Action itu sendiri adalah penyuluhan yang dilakukan ke sekolah-sekolah. Kegiatan berlangsung dalam bentuk sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat tentang makan buah dan sayur setiap hari serta pengukuran IMT dan berat badan. Acara Public Health Action ini diadakan oleh Divisi Hubungan Luar Pra-Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat keluarga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (PraHIMA IKM KM FKM UNAND).

PAC1Acara Public Health Action ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Bapak Dr. Masrizal Dt. Mangguang, SKM, M. Biomed, DPM, UKM Al-Kahfi, UKPM PENA, dan tentunya kepala sekolah beserta guru-guru. Acara Public Health Action diadakan pada tanggal 9 November 2017 di Sekolah Dasar PGAI Padang. Teknis acara ini penyuluhan, pengukuran antropometri,serta pembagian susu dan buah. Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan hidup sehat untuk menciptakan generasi yang sehat.

Respon yang diperoleh sangat baik dari guru dan peserta, guru sangat senang akan kedatangan panitia dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Public Health Action ini terbukti saat ditanya beliau menjawab dan saat penyampaian jargon beliau juga ikut berpartisipasi dengan semangat. Peserta yang hadir dari kelas I sampai kelas VI dengan total yang hadir adalah 50 siswa. Tujuan yang diharapkan dari acara Public Health Action ini meningkatkan kesadaran akan hidup sehat mulai dari sejak dini, oleh karena itu kegiatan ini ditujukan kepada sekolah dasar.

PAC2Acara Public Health Action ini membuat para siswa sangat senang. Acara dimulai dengan senam pagi panitia bersama murid dan guru SD PGAI Padang. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Public Health Action, Ketua PraHIMA IKM FKM Unand,  Kepala Sekolah SD PGAI Padang, dan kata sambutan dari Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat sekaligus membuka acara. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pentingnya gizi  perilaku hidup bersih dan sehat oleh panitia. Respon murid sangat antusias dalam mendengarkan pemateri. Setelah penyampaian materi ada pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, IMT kepada murid di SD PGAI Padang. Murid berbaris dengan teratur dalam pengukuran antropometri tersebut. Setelah pengukuran antropometri tersebut siswa-siswi PGAI padang diberi susu dan buah.

(Ivani Radha dan Rizki Ridhatul Tani)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


selegif1Sekolah Legisltif (Selegtif) merupakan acara yang diangkatkan oleh DPM KM FKM Unand dibawah program kerja Komisi 1. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 5 November 2017 pukul 08.30 WIB yang bertempat di Ruangan Aula Psikologi Unand Limau Manis. Kegiatan Selegtif ini dihadiri oleh Wakil Dekan III FKM Unand, perwakilan dari elemen KM Unand serta mahasiswa FKM Unand. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini adalah sebanyak 14 orang. Tujuan dari Selegtif adalah meningkatkan minat warga negara KM FKM Unand untuk lebih mengetahui dan mendalami masalah undang-undang KM FKM Unand.

Selegtif dimulai dengan acara formal dengan rangkaian acara pembukaan oleh pembawa acara, pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan totalitas perjuangan, sambutan oleh ketua pelaksana, sambutan oleh Wadek III FKM Unand sekaligus membuka acara Selegtif lalu ditutup dengan Doa. Selanjutnya adalah istirahat dan pembagian snack untuk peserta yang diselingi dengan pengenalan pengurus DPM serta BURT.

selegif3Pukul 09.20 WIB acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Irham Makhfudz tentang Kelegislatifan, dilanjutkan dengan rangking satu yang diikuti oleh peserta termasuk panitia dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Nanda Fazli tentang Legal Drafting dan penyampaian materi ketiga tentang Manajemen Isu oleh Febri Daus. Peserta antusias dalam mengikuti rangkaian acara dapat dilihat dari partisipasi peserta dalam bertanya serta menjawab pertanyaan dari pemateri.

Asni Marni selaku ketua pelaksana mengatakan kendala dari acara ini adalah sedikitnya peserta yang hadir hal ini juga karena ada acara lain di FKM, dimana peserta yang diharapkan hadir adalah 30 % per lembaga di FKM dan 30% per angkatan untuk mahasiswa FKM. Melihat hal ini, Beliau berharap untuk kedepannya pelaksanaan acara di FKM sebaiknya mengikuti timeline yang sudah ditentukan sebelumnya agar tidak ada acara yang bentrok.

(Khoridatul Hasindah dan Rista)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


tamugizi2Padang, Rabu (8/11) FKM Unand telah melaksanakan kuliah tamu bersama dua orang Dosen dari FKM UI bertempatkan di Lantai 3BC Gedung FKM. Untuk kuliah tamu yang pertama dengan pembahasan mengenai Gizi Mutakhir dimulai pada pukul 08.30 WIB s.d 11.00 WIB bersama dengan  Prof. Dr. Dra. Ratna Ayu Dewi Sartika, Apt, M.Sc. Sedangkan kuliah tamu yang kedua dilakukan dengan pembahasan mengenai Epidemiologi Kesehatan Lingkungan yang dimulai pada pukul 13.30 WIB s.d 15.30 WIB bersama Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, M.Sc.

Tujuan dari kuliah tamu ini selain memberikan pengetahuan mengenai Obesitas dan tren konsumsi makanan juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai isu terkini terkait Epidemiologi Kesehatan Lingkungan. Kuliah tamu pertama dihadiri oleh mahasiswa FKM Unand Peminatan Gizi Masyarakat pada Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Mahasiswa Program Studi Gizi semester I, V, dan VII. Untuk kuliah tamu kedua dihadiri oleh seluruh mahasiswa FKM Unand peminatan Epidemiologi dan Kesehatan Lingkungan pada Program Studi Kesehatan Masyarakat.

tamugizi3“Penyampaian dari pemateri cukup bagus dan mudah dimengerti, serta pembahasannya ringan diterima kaum muda tanpa merasa terhakimi akan pola makan tren terkini.” Ujar Pritho mahasiswa gizi FKM Unand semester V yang berkesempatan hadir pada kuliah tamu Gizi Mutakhir.

(Wulan Mustika)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


SAFE5Padang, Minggu (05/11/2017) telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemberian susu gratis dengan tema “Good Nutrient For A Better Future” yang diselenggarakan oleh UKM SAFE FKM UNAND. Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini yaitu untuk menambah wawasan mengenai makanan dan minuman yang bergizi. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Panti Asuhan Darul Ma’arif yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No.41B, Kp. Olo, Nanggalo, Kota Padang dan dihadiri oleh 40 orang anak yatim. Kegiatan penyuluhan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Bapak Dr. Masrizal Dt. Mangguang, SKM, M. Biomed.

SAFE6Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Fathia Maulida yang menjelaskan mengenai makanan sehat dan dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Julieta Sari yang menjelaskan mengenai Pemanfaatan Toga (tanaman obat keluarga). Selain pemberian materi, ada juga beberapa permainan yang diberikan kepada anak-anak di Panti Asuhan Darul Ma’rif dan juga pemberian susu gratis.

SAFE7“Anak-anak di Panti Asuhan Darul Ma’arif cukup antusias dan juga mau berkontribusi mengikuti seluruh kegiatan dari penyuluhan ini. Respon yang diberikan anak-anak juga baik sehingga kegiatan penyuluhan ini menjadi lebih menyenangkan”, ujar Cut Annisa Barmah selaku ketua pelaksana dari kegiatan penyuluhan dan pemberian susu gratis ini.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, diharapkan peserta lebih memahami lagi mengenai makanan yang sehat dan bergizi serta gizi-gizi apa saja yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk masa depan agar menjadi lebih baik.

(Adetya Permata Zalti & Fithratil Yauma)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Padang, KamKesma1is (02/11/2017) telah dilaksanakan Curhat Akrab Bersama Pimpinan Kampus FKM Unand yang diadakan di kelas 3C Kampus FKM Unand Jati. Acara ini diadakan oleh departement KESMA BEM KM FKM Unand.  Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk merekatkan tali silaturahmi antara mahasiswa dan para pimpinan kampus. Acara ini juga bertujuan untuk curhatan dan keluhan mahasiswa seputar kampus, seperti dosen, sarana perkuliahan, gedung perkuliahan, waktu perkuliahan, dan segala macam bentuk unekunek mahasiswa terhadap pihak kampus.

Acara ini sangat disambut dengan antusias oleh mahasiswa terutama mahasiswa baru FKM Unand  angkatan 2017. Acara ini berjalan dengan lancar tanpa kendala dan mendapat respon yang positif dari berbagai pihak. Seperti yang dikatakan oleh salah satu mahasiswa prodi GIZI 2017, “Kegiatan curhat akrab ini bagus kak, dan harapannya apa yang kita diskusikan tadi, bisa tercapai dan segala keluhan dapat ditemukan jalan keluarnya.” ujar Iif mahasiswa prodi Gizi 2017. Kalancaran acara ini, sangat didukung oleh rasa antusias mahasiswa dan para pimpinan kampus. Mahasiswa dapat mengungkapkan segala keluh kesahnya, dan dari pihak pimpinan kampus pun menanggapi segala keluhan mahasiswa dengan baik dan memberikan jawaban yang cukup memuaskan.

Persoalan yang paling sering dibahas adalah masalah gedung perkuliahan di Unand Limau Manis yang dirasa kurang dalam fasilitas seperti wireless, AC, air minum dosen, dan toilet yang kurang layak. Dimana keadaan di Kampus Limau Manis sangat berbeda jauh dengan keadaan yang ada di Kampus Jati, dimana mahasiswa mendapat segala fasilitas dengan baik tanpa kendala. Mahasiswa juga membahas masalah ruangan dan gedung yang sulit dipinjam untuk melaksanakan kegiatan organisasi. Point yang dibahas selanjutnya adalah dosen pengajar yang jarang masuk dan tidak mau mengajar di Kampus Limau Manis. Tentu saja dari pihak pimpinan kampus akan menindak lanjuti dan memberikan sanksi kepada dosen tersebut.

Kesma2Mahasiswa mengeluhkan kegiatan kampus yang harus bolak – balik Limau Manis–Jati dimana sangat menguras waktu, tenaga, dan biaya. Tapi dari pihak kampus sendiri memberi jawaban bahwa memang untuk keadaan saat ini, mahasiswa harus dapar menyesuaikan keadaan yang ada. Karena FKM dipastikan akan pindah ke Limau manis dengan secara perlahan dan bertahap seperti yang sedang dilakukan pada saat ini. Sehingga untuk permasalahan yang banyak terjadi saat ini adalah bentuk penyesuaian dari FKM itu sendiri. Pihak kampus juga berkata behwa mereka juga sedang mengusahakan yang terbaik bagi mahasiswa dari segi apapun, dan mahasiswa diharapkan untuk lebih bersabar dan aktif dalam pergerakan ini.

Keluhan lain diutarakan oleh salah satu mahasiswa jurusan Gizi yang mengatakan tidak adanya fasilitas labolatorium GIZI sehingga minimnya pratikum sehingga kurangnya kemampuan mahasiswa di bidang skill dan keterampilan. Padahal seperti yang diketahui bahwa pratikum di jurusan gizi itu sangat banyak dan harus dilakukan karena itu adalah salah satu bentuk pelatihan mahasiswa gizi untuk terjun langsung di dunia kerja. Pihak kampus pun memberi tanggapan bahwa masalah fasilitas lab untuk prodi gizi sendiri sedang diusahakan saat ini.

Untuk kasus permasalahan gedung sendiri, pihak kempus sudah memastikan FKM pasti akan pindah di limau manis. Dan kampus dijati ini akan menjadi tempat pratikum mahasiswa dan administrasi serta tata usaha juga akan diusahakan pindah ke limau manis agar mahasiswa lebih dipermudah lagi. Sedangkan untuk segala kegiatan organisasi akan tetap dilaksanakan di Jati, karena sudah dibuat ruangan untuk kegiatan organisasi FKM Unand. Sehingga mahasiswa pasti akan tetap bolak – balik limau manis – jati seperti halnya dengan fakultas tetangga yaitu Fakultas Kedokteran.

Pertanyaan lain datang dari mahasiswa intake/jalur B. Dimana mereka menanyakan perihal beasiswa untuk mahasiswa jalur B, dan dijawab oleh pihak kampus bahwa sampai saat ini memang belum ada beasiswa untuk lulusan D3/jalur B. Seperti yang dikatakan oleh Wakil Dekan 3 yaitu Bapak Masrizal Dt. Mangguang S.KM M.Biomed, beliau mengatakan bahwa “Sampai saat ini beasiswa untuk D3 memang belum ada karena dalam pandangan sehari – hari, mahasiswa lulusan D3 yang mengikuti program S1 jalur B adalah orang – oarang yang sudah bekerja sehingga pemerintah tidak menyediakan beasiswa. Tetapi, yang dilihat sekarang ini ternyata banyak mahasiswa jalur B yang ternyata belum bekerja sehingga pihak kampus juga bingung.” terang Wadek 3 yang sehari-hari di panggil Pak .

Kesma3Pihak kampus juga sangat berharap besar kepada mahasiswa untuk lebih aktif lagi baik itu dalam perkuliahan ataupun organisasi. Baik FKM ataupun Unand sangat mengharapkan lahirnya mahasiswa – mahasiswa berprestasi yang dapat membawa nama baik kampus dan fakultas baik dikancah nasional maupun internasional. Dan dari pihak kepala bagian tata usaha yaitu Pak Deden juga mengatakan dalam wawancara dengan wartawan UKPM Pena agar mahasiswa lebih peduli terhadap fasilitas kampus yang dipinjamkan. Seperti pengembalian barang dengan tepat waktu dan utuh, pemakaian ruangan  dengan  efisien, dan peminjaman fasilitas yang dilakukan lebih disiplin dan teratur serta tidak mendesak dan terburu-buru. Karena banyak kejadian dimana mahasiswa seringkali meminjam fasilitas kampus dan lupa untuk mengembalikannya. Tentu saja hal itu menjadi pelajaran bagi para mahasiswa untuk memakai fasilitas kempus dengan bijak.

Kesimpulan yang didapat dari acara ini adalah bahwa segala sesuatu keluhan dan masalah pasti akan ada jalan keluarnya kalau dari kedua belah pihak saling terbuka dan saling memberi informasi. Sehingga masalah tersebut dapat dibicarakan dan didiskusikan untuk dicari jalan keluarnya. Seperti yang dikatakan olek Wakil Dekan 3 bahwa kegiatan acara Curhat Akrab ini akan memberikan dampak yang baik dari segi manapun baik untuk pihak kampus maupun pihak mahasiswa itu sendiri. Serta tentunya sangat diharapkan, setelah diadakan acara ini, FKM Unand akan menemukan jalan keluar dari setiap masalah yang terjadi sehingga seluruh kegiatan perkuliahan bisa menjadi lebih baik lagi dan FKM Unand bisa mencapai segala target dan menjadi lebih baik lagi.

(Adila Hady dan M. Rafki)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


DSC_0055Padang, Sabtu (28/10) telah dilaksanakan acara Seminar dan Simulasi Penanggulangan Bencana dengan tema “Kesiapsiagaan Kedaruratan Berbasis Masyarakat Bidang Kesehatan Lingkungan” yang diselenggarakan oleh UKM Safe FKM UNAND. Seminar dan simulasi  ini dilaksanakan selama tiga hari pada Hari Sabtu, Minggu, dan Senin yakni tanggal 28 Oktober 2017 s.d 30 Oktober 2017. Seminar ini dihadiri oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand terutama Mahasiswa Peminatan K3-Keslin. Seminar yang dimulai pada pukul 07.30 WIB ini bertempat di Aula Kementrian Agama Sumatera Barat.

Pada hari pertama, Sabtu, dilaksanakan pembukaan acara Seminar dan Simulasi Penanggulangan Bencana yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Bapak Dr. Masrizal Dt.Mangguang, SKM, M. Biomed.

Acara keSAFE11mudian  dilanjutkan dengan penyampaian materi PMI tentang Peran PMI dalam Tanggap Darurat dan Kesiapsiagaan Bencana. Materi ini selain diisi dengan sesi tanya jawab dan penjabaran tentang peran PMI, juga dilaksanakan praktek tentang pertolongan pertama pada korban bencana alam.

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat  dengan materi Peran BPBD dalam Tanggap Darurat Bencana. Acara hari pertama pun ditutup dengan materi oleh  Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat tentang Pembinaan Kader Siap Siaga dalam Penanggulangan Bencana.

Pada hari kedua para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan praktek dari beberapa kesiapsiagaan dalam bencana alam. Pertama kegiatan pemasangan dan pembongkaran tenda untuk korban bencana alam di lapangan Kementrian Agama Sumatera Barat. Selanjutnya kegiatan water rescue yang dilaksanakan di Sungai Gor H. Agus Salim untuk mempraktekkan bagaimana penyelamatan korban banjir dan bencana lainnya di atas air. Hari kedua ini ditutup dengan materi tentang Damkar dan praktek pelatihan pemadaman api.

DSC_0316Hari ketiga merupakan hari terakhir dari rangkaian Seminar Pebanggulangan Bencana dengan menjelaskan materi tentang bagaimana peran mahasiswa di dalam penanggulangan bencana serta penutupan secara resmi Seminar dan Simulasi  Penanggulangan Bencana. Diharapkan kedepannya semakin banyak mahasiswa yang siap siaga dalam menghadap bencana, dapat membantu dirinya sendiri dan juga membantu orang lain.

(Syarevi Mizani dan Sagitha Octaviansa)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

1 2 3 14