Minggu, 14 Juli 2019, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan acara pertama rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke – 7 FKM UNAND, yaitu acara Jalan Santai, Senam dan Panggung Gembira. Rangkaian kegiatan berlangsung sejak pukul 07.30 WIB hingga waktu zuhur, di halaman depan FKM UNAND. Acara ini merupakan hari pertama rangkaian peringatan Dies Natalis FKM, yang nantinya akan dilanjutkan dengan Sidang Senat Terbuka pada hari selasa 16 Juli 2019 dan pengabdian masyarakat di minggu-minggu setelahnya.

Acara berlangsung dengan sangat meriah. Diawali dengan registrasi, laporan dari ketua panitia Dies Natalis oleh Dr. Syahrial, SKM., M.Biomed dan pembukaan secara resmi oleh Dekan FKM UNAND, Bapak Defriman Djafri, SKM., MKM., PhD yang ditandai dengan pelepasan balon hidrogen bertuliskan Dies Natalis Ke-7 FKM UNAND. Acara kemudian dilanjutkan dengan jalan santai dengan rute mengitari kompleks Fakultas MIPA dan FKM UNAND. Kemudian, dengan dipandu dua instruktur senam yang didatangkan khusus, seluruh civitas akademika FKM UNAND dengan semangat mengikuti seluruh gerakan senam yang dirancang sedemikian rupa sehingga membangkitkan mood dan rasa gembira. Kegiatan senam lalu diakhiri dengan pemotongan kue Dies Natalis Ke-7 oleh para pimpinan FKM UNAND. Tak lupa pula, dibagikan ratusan porsi sarapan untuk seluruh peserta.

Kemudian puncak acara diakhiri dengan pengumuman pemenang-pemenang doorprize sesuai dengan kupon yang telah dibagikan di awal kegiatan. Suasana meriah yang hangat dan terasa kekeluargaannya semakin terasa saat hadiah-hadiah mulai dibagikan dan diantaranya banyak yang mendapatkan hadiah tidak terduga. Selain itu, pengumuman pemenang doorprize juga diselingi dengan persembahan penampilan minat dan bakat dari dosen-dosen serta tenaga kependidikan yang menyanyika beberapa lagu andalannya. Menjelang waktu dzuhur, acara ditutup oleh wakil dekan II, Dr. Aria Gusti, SKM., MKM dan diakhiri oleh penampilan dari penyanyi undangan dan persembahan dari para pegawai tenaga kependidikan.


 

Padang – Selasa-Rabu, 10-11 Juli 2019, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan kegiatan lokakarya evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran 2018/2019 sekaligus persiapan PBM tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan lokakarya ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan FKM UNAND di masa transisi akhir tahun ajaran menuju tahun ajaran baru dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika FKM UNAND. Tahun ini lokakarya diselenggarakan di ruang seminar Gedung F Universitas Andalas.

Acara lokakarya berlangsung tertib. Rangkaian acara diawali dengan kata sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh panitia pelaksana serta para pimpinan FKM UNAND. Menurut Defriman Djafri, SKM., MKM., PhD, Dekan FKM UNAND, kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menjadi momen yang dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meninjau apa saja kekurangan serta permasalahan yang terjadi dalam kurun satu tahun ajaran terakhir, baik dalam hal penyelenggaraan perkuliahan, pengajaran, praktikum, dan sebagainya, sehingga hal serupa dapat dihindari agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Rangkaian acara berlangsung dua hari mulai pukul 08.30 hingga 16.30. Penyampaian materi dibagi dalam beberapa sesi, antara lain materi yang disampaikan oleh jajaran pimpinan dan dosen FKM UNAND seperti Penyampaian Peraturan Akademik Unand tahun 2019, Update Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2019, Update Kurikulum Prodi oleh Kaprodi IKM dan Kaprodi gizi, Evaluasi Pelaksanaan perkuliahan oleh setiap Ketua Departemen (AKK, Epidemiologi, Gizi, K3/kesling dan Kesehatan Reproduksi), Evaluasi PBL, Magang, Skripsi dan Kepaniteraan, Evaluasi Kurikulum dan Rencana Tindak Lanjut Masalah Akademik, serta Evaluasi berikut Persiapan Audit Internal tahun 2019. Selain itu, juga terdapat sesi yang menghadirkan pemateri eksternal seperti penyampaian materi Blended Learning dari LP3M Unand, serta Forum Group Discussion (FGD) dengan BPBD Kota Padang, BPBD Provinsi Sumatera Barat, Damkar Kota Padang, Damkar Provinsi Sumatera Barat dan BNN mengenai peluang kerjasama serta masukan untuk kurikulum prodi. Acara kemudian ditutup oleh Dr. Azrimaidaliza, SKM., MKM dekan 1 FKM UNAND.

Adapun hal menarik yang membedakan kegiatan lokakarya tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya ialah adanya penambahan peserta dalam jumlah yang signifikan, yaitu dengan turut hadirnya para dosen muda Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) FKM UNAND yang baru saja mulai bertugas awal juni 2019 lalu sebanyak 24 orang.


  Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia  (UKAKMI)  bertujuan untuk menjamin lulusan pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang kompeten dan terstandar secara nasional. Pada tahun 2019, ujian pertama akan dilaksanakan pada tanggal  13 Juli 2019 dan bersifat SUMATIF (Lulus dan Tidak Lulus). Ujian dilaksanakan dengan metode Internet Based Test (IBT) yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia secara bersamaan. Pendaftaran ujian secara online melalui website
www.ukakmi.com  / www.ukakmi.org.
 

 


wisudaFakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas baru saja melaksanakan acara pelepasan dan penyerahan ijazah 32 wisudawan/ti Periode I Tahun 2019 yang bertempat di Gedung Seminar  E, Universitas Andalas pada Sabtu, 23 Februari 2019. Acara yang dimulai pada pukul XXX ini turut dihadiri oleh Dekan FKM Unand Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M, Ph.D, disertai Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, senat akademik, ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ketua Program Studi Ilmu Gizi, Ketua Departemen Prodi IKM, dan jajaran dosen lainnya.

Acara dimulai setelah prosesi tingkat Universitas telah dilaksanakan dan ditandai dengan 3 kali ketuk palu oleh Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M, Ph.D. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan kalam illahi. Selanjutnya, pembukaan pelepasan wisudawan/ti dan penyerahan ijazah Sarjana Kesehatan Masyarakat dan dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada lulusan terbaik dari Fakultas Kesehatan Masyarakat oleh Dekan FKM Unand, yaitu :

  1. Irma Rizky Utami, S.K.M.
  2. Fani Arsyad, S.K.M.
  3. Muhammad Agung Surya, S.K.M.

Rangakaian acara selanjutnya adalah deklarasi sarjana kesehatan masyarakat Indonesia dan sumpah profesi gizi oleh para wisudawan/ti sesuai prodinya masing-masing. Sementara itu, Afif Qusyairi Yuza, S.K.M., menjadi perwakilan dari wisudawan/ti periode I tahun 2019 untuk menyampaikan pidatonya pada wisuda kali ini. Setelah penyampaian pidato oleh perwakilan wisudawan/ti, acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh perwakilan orang tua wisudawan/ti.

Selepas kata sambutan dari perwakilan orang tua wisudawan/ti, acara dilanjutkan dengan pelepasan wisudawan/ti oleh Dekan FKM Unand kepada alumni FKM, Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, wisuda Periode I Tahun 2019 ini juga memberikan penghargaan kepada 5 orang wisudawan/ti yang merupakan Bintang Aktivis Kampus. Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Dr. Asrimaidaliza, S.K.M., M.K.M. selaku Wakil Dekan I FKM Unand. Bintang Aktivis Kampus pada wisuda kali ini yaitu :

  1. Muhammad Agung Surya, S.K.M.
  2. Febriani Putri, S.K.M.
  3. Afif Qusyairi Yuza, S.K.M.
  4. Zikrahadi Harjis, S.Gz.

Kegiatan wisuda ini ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan ditutup dengan doa bersama. Setelah seluruh rangkaian prosesi wisuda ditutup oleh Dekan FKM Unand, acara diakhiri dengan foto bersama wisudawan/ti dengan Dekan, Wakil Dekan, senat akademik, ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ketua Program Studi Ilmu Gizi, Ketua Departemen Prodi IKM, dan jajaran dosen lainnya.

(Annisa Nurul Izza dan Dinda Aulia Rinefi Putri) UKPM Pena BEM KM FKM Unand & ICT FKM


1Minggu(17/2) UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2019 telah menyelenggarakan konsolidasi dan pelantikan pengurus baru di gedung  kuliah bersama I1.1 Unand Limau manis sedangkan UKM Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand di gedung kuliah bersama I1.2 Unand Limau Manis.

Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Dekan III FKM Unand yaitu Bapak Dr. Masrizal Dt, Mangguang S.K.M, M.Biomed, Pembina UKM Safe, Ketua Umum UKM Safe ,serta elemen KM FKM Unand (DPM KM FKM Unand, UKM Alkahfi, UKPM Pena, HIMA IKM dan HIMA Gizi),  serta para pengurus UKM SAFE dan UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand.

Agenda yang dilakukan adalah pembacaan sumpah para calon pengurus UKM Safe dan UKM AL-Kahfi PH BEM KM FKM Unand. Terdapat 45 pengurus UKM Safe BEM KM FKM Unand dan 62 pengurus UKM Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand yang resmi dilantik untuk kepengurusan tahun 2019. Agenda selanjutnya adalah pengesahan SK Pengurus oleh masing-masing DPP UKM Safe dan UKM Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand. Dengan dilantiknya pengurus baru, maka diharapkan dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

Dinda Aulia Rinefi Putri UKPM Pena BEM KM FKM Unand & ICT FKM UNAND

1 2 3 20