Talaok 1 Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang ke-16, segenap civitas akademika FKM Unand melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 November 2016. Kegiatan Dies Natalis ke-16 ini mengusung tema “Melalui Dies Natalis FKM Unand yang ke-16 Mari Kita Gerakkan Masyarakat Untuk Berpartisipasi Aktif dalam upaya perilaku hidup bersih dan sehat”.

Rangkaian kegiatan pengabmas kali ini dibuka oleh Asisten I Sekda Kabupaten Pesisir Selatan didampingi oleh Camat Kecamatan Bayang dan Wali Nagari talaok. Setelah acara pembukaan Tim Pengabdi langsung bergerak


Diberitahukan kepada wisudawan/ti Wisuda IV tahun 2016 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas bahwa :

  1. Pengambilan toga dan undangan telah dapat dilakukan pada hari  Rabu, 23 November 2016 di Bagian Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  2. Gladik resik Universitas Andalas pada hari Kamis, 24 November 2016 Jam 09.00 WIB di Auditorium Universitas Andalas Kampus UNAND Limau Manis
  3. Gladi resik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas pada hari Jum’at, 25 November 2016 Jam 15.00 WIB di Gedung G.H Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (diwajibkan laki – laki memakai baju batik dan celana hitam, dan perempuan memakai baju batik dan rok) dengan membawa perlengkapan wisuda berupa jubah dan toga.

Sehubungan dengan Kegiatan Kuliah Tamu, bersama ini diberitahukan kepada seluruh Bapak / Ibu Dosen dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas untuk dapat hadir pada :

Hari / Tanggal : Jumat / 18 November 2016
 Jam : 16.00 WIB
 Tempat : Ruang Gedung GH
 Kegiatan : Kuliah Tamu oleh Prof. Virasakdi Chongsuvivatwong, MD,
PhD ” Epedemiologi Update And The Use Of Big Data In
Public Health Policy And Research “

 


FOTO EL2_PROBIOTIKDr.Helmizar,SKM,M.Biomed kembali mengikuti seminar yaitu Seminar nasional The 1st Open Scientifc Meetingg” New Perspective on Diet, Imflamation, and Gut Microbiota in Obesity and ommunicable Diseases”. Pembukaan acara seminar dimulai pada pukul 09.00 pagi tanggal 3 November 2016, diawali dengan laporan Chair of Human Nutrition Research Cluster dr.Rina Agustina,MSc,PhD dan dilanjutkan dengan pembukaan acara secara resmi oleh dekan FK UI Dr.dr.Ratna Sitompul.Sp.M (K)

Sesi Pertama dimoderatori oleh Prof.dr.Endang L Achadi,Dr.PH, menyajikan empat materi yaitu: (1). Diet, gut microbe and obesity induced chonic low-grade inflammation (Prof.Patrizia Brigidi/University of Bologna Italia); (2). Prebiotics in the firts 1000 days of life (Prof.Dr.dr.Agus Firmansya,Sp.A (K); (3).Inflammation are infortante in majority of NDSc (Dr.dr.Dyah Purnamasari, SpPD,KEMD); (4). Dietary modulation of Probiotics and gut microbiota on intestinal infection and iiflammation (dr.Rina Agustina,MSc,PhD/FK UI).

Selanjutnya sesi panel diskusi yang diketuai dr.Widjaja Lukito,PhD SpGK (K) dari Fakultas Kedokteran UI , ditampilkan 5 pembicara yaitu dr.Hasan Maulahela, SpPD (FK UI), Dr.dr.Budi Wiweko,SpOG (FK UI), Dr.dr.Pramita Gayatri,SpA (K), Prof.Wandee Varavithya,MD (Mohidol University, Bangkok, Thailand) dan Safarina G.Malik,DVM,MS,PhD (Eijkman Institute), yang diakhiri dengan tanya jawab.

Sessi akhir dilanjutkan dengan paralel dari seluruh peserta yang sudah dijadwalkan dalam buku conference. Pada sesi parallel ini dibuka diskusi dan tanyajawab yang dimoderatori oleh dr.Yoga Devaera,SpA (K) dari FK UI. Pada kesempatan ini disampaikan rencana penelitian yang akan dilakukan tentang pemberian dadih sumber probitik dan suplementasi zink pada ibu hamil terhadap respon imunitas humoral dan berat badan lahir bayi di Propinsi Sumatera Barat. Pada pembicara ditanyakan apakan biomarker yang tepat untuk melihat outcome dari hasil penelitian. Diskusi & tanya jawab  disajikan dengan baik dan mendapat respon yang cukup antusias dari peserta seminar.

foto El3-Seminar ProbiotikPada kesempatan seminar ini juga disampaikan peluang riset mendatang yang bisa dirancang kolaborasi penelitian antara FKM Unand dengan FK UI khususnya Masalah Dispepsia pada Ibu Hamil dan Outcome Kehamilan serta upaya penanggulangannya dan Studi lanjutan Hubungan asupan dan Status Gizi dengan jumlah Mikrobiota dan Marker Metabolik pada Wanita Suku Minangkabau dan Sunda. Koloborasi penelitian juga dirancang dengan berbagai peneliti & institusi nasional maupu internasional yang tergabung dalam Human Nutrition Research Cluster yang berpusat di FK UI Jakarta. Acara seminar diitutup pada sore harinya oleh Dr.dr.Budi Wiweko,SpGK (K) mewakili dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dilanjutkan dengan foto bersama.


foto El2-SAFE ColomboDr.Helmizar,SKM,M.Biomed mengikuti Seminar Internasional SAFE 2016 di Colombo Sri Lanka, yang berangkat dari Padang ke Colombo Srilanka pada tanggal 19 Oktober 2016 langsung menuju penginapan di Hotel Berjaya Colombo. Kedatangan peserta sudah diatur dan difasilitasi oleh panitia conference sampai di tempat penginapan. Hari pertama kedatangan diawali dengan pengenalan lokasi conference dan tour ke salah satu kota tujuan wisata Kandy Colombo Sri Lanka. Kegiatan awal ini diikuti oleh seluruh peserta conference yang dapat saling berinteraksi dan mengenal untuk bisa lebih akrab dan dapat menjalin kerjasama nantinya.


IDENTITAS DIRI

Nama

:

DEDEN SUMANTRI, SE.,MM

Nip

:

196104201983031005

Tempat & Tanggal
Lahir

:

Tanggerang, 20-04-1961

Jenis Kelamin

:

Laki – laki
Agama

:

Islam
Golongan/Pangkat

:

IV/a

Jabatan Akademik

:

Kepala Bagian Tata Usaha

Perguruan Tinggi

:

UNIVERSITAS ANDALAS

Fakultas

:

KESEHATAN MASYARAKAT

Pendidikan

:

S2 Manajemen

Bidang Ilmu

:

Alamat

:

JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN NO.94 JATI-PADANG, 25127

Telp/Faks

:

0751-38613

Alamat Rumah

:

Jln. Mangga II No. 267 Belimbing Kuranji Padang

Telp/Faks

:

:

: