Pendaftaran KKN 2017 telah dibuka bagi Mahasiswa – Mahasiswi Universitas Andalas dengan persyaratan berikut ini :

  1. Pendaftaran peserta KKN – PPM Universitas Andalas dilakukan secara online dari tanggal 20 Februari s/d 06 Maret 2017 di http://sisfo.kkn.unand.ac.id/pendaftaran-mahasiswa.php.
  2. Kepada mahasiswa Prodi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang akan mnengikuti KKN 2017, maka dalam pengisian Biodata fakultas dan program studi dapat mnengisi dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Kesehatan Masyarakat. Contoh gambar : Portal KKN

Informasi selengkapnya dan pengisian biodata di http://kkn.unand.ac.id/

source : http://kkn.unand.ac.id/


Bersama ini kami beritahukan kepada wisudawan/ti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas  Wisuda periode I tahun 2017 bahwa Gladi Resik Universitas mengalami perubahan sebagai berikut :

Gladi Resik Pascasarjana dan Spesialis Gladi Resik D3, S1 dan Profesi
Tertulis :

Hari / Tgl : Kamis, 23 Februari 2017

Jam         : 14.00 WIB

Tempat    : Auditorium Univ. Andalas

Seharus :

Hari / Tgl : Kamis, 23 Februari 2017

Jam         : 13.00 WIB

Tempat    : Auditorium Univ. Andalas

Tertulis :

Hari / Tgl : Kamis, 23 Februari 2017

Jam         : 09.00 WIB

Tempat    : Auditorium Univ. Andalas

Seharus :

Hari / Tgl : Rabu, 22 Februari 2017

Jam         : 13.00 WIB

Tempat    : Auditorium Univ. Andalas


Sesuai dengan kebijakan pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas pelaksanaan wisuda di Fakultas dilaksanakan apabila jumlah wisudawan/ti lebih dari 30 orang.

Untuk itu kami beritahukan kepada Wisudawan/ti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang akan diwisuda pada tanggal 25 Februari 2017 ini bahwasanya wisuda hanya diadakan di Universiatas.

Demikian disampaikan untuk dapat dimaklumi.

 

Dekan

dto

Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD

 


LKTI 1Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand, mengadakan perlombaan Lomba Karya Tulis V Nasional di Aula Gubernur Sumatera Barat, Sabtu (11/2). Acara bertemakan “Pemuda Indonesia Kreatif dan Inovatif sebagai Akselerator Pencapaian SDG’s 2030”

LKTI V FKM Unand merupakan salah satu program kerja Departemen Pendidikan Profesi dan Ilmiah BEM KM FKM Unand. Lomba karya tulis yang diselenggakan tingkat nasional bertujuan untuk mewadahi inovasi, ide-ide mahasiswa se-Indonesia dan siswa se- Sumatera Barat dan Riau sehingga dapat berkontribusi kemajuan Indonesia khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

15570Rangkaian acara LKTI V dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. Masrizal Dt. Mangguang. S.KM., M. Biomed. Setelah Acara dibuka secara resmi kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan yang diikuti oleh Finalis Mahasiswa terseleksi dari berbagai perguruan tinggi Indonesia diantaranya Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Insitut Pertanian Bogor, dan Universitas Diponegoro. Finalis siswa se-Sumatera Barat dan Riau berasal dari SMA/Se-Derajat terseleksi diantaranya SMK SMTI Padang, SMAN 1 Padang, SMAN 2 Solok dan SMA 1 Sitiung.

Kegiatan perlombaan juga diselingi oleh penampilan hiburan dari mahasiswa FKM diantaranya Solo Song, Stand Up Comedy dan Penampilan Akustik, yang ikut serta menyemarakan kegiatan LKTI V.

Pada malam harinya peserta mengikuti rangkaian acara makrab bersama panitia LKTI V. Kegiatan ini ditujukan sebagai ajang perkenalan dan menambah keakraban antara peserta dan panitia.

Pengumuman Juara dilaksanakan keesokan harinya, Minggu (12/2) di Gedung Convention Hall Unand. Lomba Karya Tulis Ilmiah V dimenangkan oleh Universitas Padjajaran dengan judul karya “Permen Rendah Kalori dengan Ekstrak Kulit Jeruk sebagai Pencegah Flu” yang diketuai oleh Faysa Utba, kemudian juara kedua oleh Universitas diponegoro yang diketuai oleh Muhammad Irwanto, Juara ketiga oleh Universitas Indonesia diketuai oleh Muhammad Wildan, Juara harapan satu diraih Universitas Diponegoro oleh A.A. Sutadi, dan Juara harapan dua oleh Insitut Pertanian Bogor diketuai oleh Hamzah Alfarisi.

Pemenang tingkat siswa diraih oleh SMK SMTI Padang dengan judul karya “Pemanfaatan Kulit Pisang menjadi Plastik Biodegredable dengan Film Agent Gliserol dari Minyak Jelantah” yang diketuai oleh Jofi Satrio Purnomo, kemudian juara kedua diraih SMAN 1 Padang oleh Putri Rizki Fitrian, Juara ketiga oleh SMAN 1 Sitiung diketuai oleh Wisnu Tiko Y, Juara harapan satu oleh SMAN 2 Solok diketuai oleh Fatahul Fahma Jefri Kurnia, dan Juara harapan dua oleh SMAN 1 Padang diketuai oleh Huwaid Ajizah.

24417Acara terakhir yang diikuti delegasi adalah field trip di berbagai tempat wisata yang menjadi ikon Sumatera Barat. Kunjungan pertama adalah istana Pagaruyuang, Batusangkar. Kemudian dilanjutkan Ke Jam Gadang, Bukittinggi. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan budaya dan keindahan Sumatera Barat

Acara ini mendapat respon positif dari seluruh peserta dan undangan yang terlibat dalam acara. Mulai dari walikota Padang, civitas akademika FKM Unand, Pengisi acara, pihak sponsor, tamu undangan dari dosen dan mahasiswa serta seluruh finalis dan peserta yang terlibat dalam pelaksanaan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah V Nasional.

24484Segenap panitia sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung acara ini, sehingga acara LKTI V Nasional “Pemuda Indonesia Kreatif dan Inovatif sebagai Akselerator Pencapaian SDG’s 2030” ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Tak lupa kami ucapkan banyak terimakasih kepada para sponsor yang sudah memberikan dukungannya pada acara ini, yaitu minimarket singgalang, minimarket wahyu, rumah makan lamun ombak, Gramedia, Kantor BDTBT Kota Sawahlunto, Kubik Coffe, serta Media Partner kami yaitu, RRI Padang, Star Radio PDG, Radio Bambala, SuaraUSU, Acara Mahasiwa, Icampusindonesia, Acaraapadotcom, EventMenulis.id, Event Sumbar, Event Kota Padang, Pojok Event, Event Apa Aja, Bukadulu.com, Infia, Info.Unand.Id, Info Unand, Seputar Acara Kampus, Akumaru.com, Universitas_Andalas, Info Lomba_ind, Event Update.


Seminar 1Minggu(12/02) BEM KM FKM Unand telah menyelenggarakan acara Seminar Nasional yang bertemakan “Kupas Tuntas Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia dalam Agenda Nawacita ke-5”. Seminar ini diselenggarakan di Convention Hall Universitas Andalas. Seminar Nasional merupakan salah satu Program Kerja dari Departemen Pendidikan Profesi dan Ilmiah (Pendprofil) BEM KM FKM Unand.

Seminar 2Acara Seminar Nasional ini dihadiri oleh Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Pendidikan dan Kemitraan Kependidikan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Ketua Persakmi dan Dekan FKM Unand, Wakil Dekan III FKM Unand, Perwakilan Presiden Mahasiswa BEM KM Unand, serta Gubernur BEM KM FKM Unand.

Seminar Nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara LKTI V Nasional FKM Unand. Pengumuman pemenang LKTI V Nasional diumumkan pada penghujung acara Seminar Nasional ini. Sasaran untuk Seminar Nasional ini adalah Mahasiswa Kesehatan se-Indonesia.

Seminar Nasional ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara pertama, pembukaan oleh MC. Kemudian penampilan Tari Pasambahan dari mahasiswa FKM Unand. Lalu penyampaian kata sambutan oleh Ketua Seminar Nasional FKM Unand, Gubernur BEM KM FKM Unand, Perwakilan Presiden Mahasiswa BEM KM Unand, dan Dekan FKM Unand.

1487046220451Penyampaian materi yang pertama disampaikan oleh Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Pendidikan dan Kemitraan Kependidikan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Bapak Sidin Hariyanto, SKM,M.Pd. Ph.D. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ketua Persakmi Provinsi Sumatera Barat sekaligus Dekan FKM Unand, Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D dan materi ketiga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Ibu Quartita Evari Hamdiana, SKM, MM. Setelah penyampaian ketiga materi tersebut, dibuka sesi pertanyaan untuk peserta.

Seminar 3Setelah itu, pemberian kenang-kenangan kepada pemateri Seminar Nasional dan pemberian Doorprize kepada penanya dan peserta yang beruntung. Acara ditutup dengan penampilan video dari panitia Seminar Nasional.Seminar 5

Harapannya, semoga dengan adanya Seminar Nasional ini wawasan peserta dapat bertambah dan semakin memahami tentang Agenda Nawacita ke-5


Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAND yang telah mengikuti PBL dan telah selesai konsultasi dengan penguji agar segera menghadap ke koordinator PBL untuk klarifikasi kelengkapan hasil dari PBL paling lambat hari Rabu, 22 Februari 2017.


Diberitahukan kepada seluruh Dosen, Tenaga Pendidikan dan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017 Sebagai Hari Libur Nasional maka tanggal 15 Februari 2017 ditetapkan sebagai hari libur bagi keluarga besar Universitas Andalas dan perkuliahan normal seperti biasa kembali pada tanggal 16 Februari 2017.


1B Kamis (09/02) kemarin, telah berlangsung penyerahan “Beasiswa Sejahtera” yang diserahkan langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Penyerahan ini berlangsung di ruangan 3D Gedung FKM Unand. Penyerahan beasiswa ini dihadiri oleh Wakil Dekan III FKM Unand, Gubernur BEM KM FKM Unand, Staff Departemen Kesejahteraan Mahasiswa

BEM KM FKM Unand, serta para Mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Sumber dana beasiswa sejahtera ini dikumpulkan melalui sumbangan para donatur yang berasal dari mahasiswa FKM Unand. Pemberian beasiswa ini diperuntukkan bagi Mahasiswa FKM Unand yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan perkuliahannya. Beasiswa diberikan dalam bentuk uang.

2BPenyerahan Beasiswa Sejahtera ini diharapkan dapat menunjang dan memotivasi mahasiswa FKM Unand agar lebih bersemangat lagi dalam menempuh perkuliahan selama di FKM Unand.


9Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang bertempat di Jorong Simarasok, Nagari Simarasok Baso, Agam. Bakti Sosial KM FKM Unand yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 3-5 februari 2017 ini mengangkat tema “Bersama Baksos KM 2017 satukan aksi, siap beraksi, wujudkan masyarakat penuh kreasi”.

Bakti sosial KM FKM Unand merupakan salah satu program kerja sekaligus kegiatan wajib yang dilakukan setiap tahun oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FKM UNAND dan bekerjasama dengan UKM AL-KAHFI, UKPM PENA, UKM SAFE dan PPC. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar mencapai taraf kesehatan optimal, meningkatkan peran aktif mahasiswa  dalam memberikan pelayanan kesehatan yg meliputi usaha pelayanan promotif dan preventif kepada masyarakat.

7Sasaran kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand 2017 antara lain adalah semua lapisan masyarakat, mulai dari anak TK sampai lansia. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan yaitu Penyuluhan Dasar Membaca dan Lomba Mewarnai untuk murid TK Kuntum Mekar Simarasok, Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi Sehat untuk murid SDN 15 Simarasok, Lomba mewarnai  Pembuatan Taman Toga, Lomba Melukis Tong Sampah, Lomba Asmaul Husna, Jalan Sehat dan senam sehat + doorprize serta lomba masak gizi seimbang.

1Tanggapan warga pun sangat antusias dalam menyambut acara bakti sosial ini. “Lingkungan kampung menjadi lebih bersih, dan para penyelenggaranya juga ramah dan penyapa”, ucap Lara, salah satu warga Jorong Simarasok. “Kreatifitas warga juga tersalurkan melalui kegiatan Lomba Mewarnai Tong Sampah”, tambahnya.

5Harapan untuk kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand 2017 ini agar pengetahuan, kreatifitas, kesadaran maupun kemampuan seluruh masyarakat Jorong Simarasok meningkat  sehingga dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.


Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas untuk berhati – hati menerima undangan melalui SMS atau telepon untuk menghadiri kegiatan workshop atau lainnya yang mengatasnamakan pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diharapkan untuk mengkonfirmasikan ke Bagian Akademik Fakultas.