Mendukung Program Universitas Andalas untuk percepatan internasionalisasi,  bersama ini Universitas   Andalas akan  memberikan   dana  insentif  bagi  program  studi  untuk  mengikuti kegiatan  Student  Mobility  TA.  2017. Untuk  pemerataan    penyaluran  dana  insentif  tersebut maka  pada  tahun  ini difokuskan  pada program  studi yang  belum  pernah  mendapatkan  dana tersebut.  Masing-masing  fakultas  mengirimkan  sebanyak  2 (dua) orang mahasiswa  yang akan mengikuti  kegiatan  Student Mobility.

Kepada mahasiswa FKM UNAND yang berminat mengikuti kegiatan Student Mobility 2017 dapat menghubungi Wakil Dekan III FKM UNAND dan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

1. Saat keberangkatan  masih terdaftar  sebagai mahasiswa  Universitas  Andalas dan belum dinyatakan  Lulus Ujian  Sarjana/Magister  yang  dibuktikan  dengan  fotocopy  transkrip nilai.
2. Diutamakan   mahasiswa   semester  5-7  untuk  mahasiswa   Sl  dan  semester  3-4  untuk rnahasiswa  S2.
3. Diutamakan  bagi mahasiswa  yang  akan  / sedang  menyusun  Tugas  Akhir  clan output laporan   berupa studi   literature   dalam   bentuk   artikel   (Non   Eksakta)   dan  laporan Progress   Penelitian   (Eksakta). Mahasiswa   tersebut  juga   belum  mengikuti   kegiatan Student Mobility tahun 2016.
4. Mahasiswa  harus mempunyai  LOA dari Perguruan  Tinggi mitra di luar negeri.
5. Student  Mobility  akan  dilaksanakan   selama  ±  1    (satu)  bulan  dan  kegiatan  mobility berakhir tanggal  15 November  2017.
6. Tujuan  University  sesuai  MOU  Unand  dengan  mitra Perguruan  Tinggi  di luar negeri (daftar MOU terlampir)
7. Persyaratan  Akademik  calon peserta Student Mobility adalah sebagai berikut  : IPK 3.00 dan Nilai ITP Prediction Minimum 450
8. Persyaratan  tersebut  dilampirkan  bersama  pengantar  dari Fakultas.  Berkas yang harus dilengkapi  oleh mahasiswa  adalah:

  • Surat Tugas Mahasiswa  yang bersangkutan
  • Copy Passport yang masih berlaku  (minimal  1  tahun)
  • Surat Undangan /Letter  of Acceptance  (LoA)
  • Curriculum  Vitae
  • Copy Kartu Mahasiswa
  • CopyKTP
9. Kaprodi  menandatangani   Surat Pemyataan  Tanggung  Jawah  Mutlak  (SPTJM)  sesuai Format terlampir.
10. Pengantar  dari Fakultas  bersama  lampiran  nama peserta Student Mobility  sudah kami terima di UPT. Layanan Intemasional  paling lambat tanggal  12 Mei 2017

Mendunkung Program Universitas Andalas untuk percepatan internasionalisasi, bersama ini Universitas Andalas akan memberikan dana insentif bagi program studi untuk mengikuti kegiatan Credit Earning TA. 2017. Untuk pemerataan penyaluran dana insentif tersebut maka pada tahun ini difokuskan pada program studi yang sebelum studi yang belum pernah mendapatkan dana tersebut.

Kepada mahasiswa FKM UNAND yang berminat mengikuti kegiatan Credit Earning 2017 dapat menghubungi Wakil Dekan III FKM UNAND dan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

1 Saat   keberangkatan    masih   terdaftar  sebagai   mahasiswa    Universitas    Andalas   dan belum dinyatakan Lulus Ujian Sarjana/Magister   yang dibuktikan  dengan  fotocopy  transkrip  nilai.
2 Mahasiswa  yang mengikuti  Credit  Earning  harus memenuhi  persyaratan   sebagai  berikut:
  • Mendapat  LOA dari mitra perguruan  tinggi di Juar negeri.
  • Universitas tujuan  sudah memiliki MOU  dart I atau  MOA  dengan  Universitas Andalas  Fakultas (daftar  perguruan  tinggi mitra dilampirkan  bersamasurat  ini)
  • Melampirkan   surat  pernyataan  dari  Ketua Jurusan  bahwa  mata  kuliah  yang  diambil  oleh
    peserta Credit  Earning akan diakui  untuk di input dalam transkrip  nilai.
  • Syarat Akademik: Traskrip  Nilai Terakhir  IPK:  3.00 dan Toefle  ITP: minimal  500.
  • Kegiatan  Credit Earning  berakhir pada tanggal  15 November  2017.
3 Mahasiswa   langsung   menyerahkan    bahan/berkas    ke  UPT   Layanan   lnternasional    disertai dengan pengantar   dari  Fakultas  dan syarat akademik  yang  diminta  paling  Jambat  tanggal 12 Mei 2017. Berkas pendukung  lain yang barus dilengkapi  sebagai  berikut:

  • Surat Tugas  Mahasiswa  yang bersangkutan
  • Copy Passport  yang masih berlaku  (minimal  1   tahun)
  • Letter of Acceptance  (LoA)
  • Curriculum  Vitae
  • Copy Kartu Mahasiswa
  • Copy KTP

 


Diberitahukan kepada mhs FKM Unand yang ikut Wisuda II tahun 2017 pada tanggal  20 mei 2017 harus mengikuti alur sebagai berikut :

  1. Ujian skripsi paling lambat tanggal 17 april 2017.
  2. Penyerahan bahan pendaftaran  wisuda online ke akademik paling lambat tanggal 20 april 2017. (bahan sudah lengkap semua)
  3. Penyerahan  registrasi online dan verifikasi format ijazah dan biodata paling lambat tanggal 21 april 2017 jam 15.00 wib.
  4. Calon peserta wisuda wajib mengisi kuesioner online.
  5. Calon wisuda wajib membayar uang wisuda sebesar Rp 500.000,- disetor ke rekening penampung fakultas Bank Nagari, termasuk mahasiswa bidik misi dan UKT.

 


Bersama ini kami sampaikan bahwa Wisuda II dilaksanakan pada tanggal 19 dan 20 Mei 2017 bertempat di Auditorium Universitas Andalas dilanjutkan di Fakultas masing – masing. Dengan persyaratan wisuda sebagai berikut : download disini


Merujuk Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 39 Tahun 2016 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dengan ini disampaikan :

  1. Besaran/Standar Biaya Kuliah hanya dapat diterbitkan dengan Surat Keputusan Rektor.
  2. Fakultas dan Pascasarjana tidak mempunyai wewenang menerbitkan Surat Keputusan/Edaran/Pengumuman dan sejenisnya mengenai besaran/standar biaya kuliah, termasuk diskon, potongan, penghargaan dan sejenisnya.
  3. Uang Kuliah Tunggal (UKT) tidak termasuk komponen biaya yang tidak berkaitan dengan proses pembelajaran secara lansung. Oleh karena itu biaya wisuda tidak termasuk UKT, sehingga tidak dapat dikembalikan.
  4. Bagi Fakultas yang tidak memungut biaya wisuda dinyatakan sebagai piutang dan harus ditagih.

Download disini


UI1Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand (Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D) bersama Wakil Dekan I (Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM), Wakil Dekan III (Dr. Masrizal Dt.Mangguang, SKM, M.Biomed), Ketua Prodi IKM (Ade Suzana Eka Putri, M.CommHealth Sc, Ph.D), Ketua Prodi Gizi (Dr. Denas Symond, MCN), Kabag TU (Joni Herman, SE), Kasubag Umum (Deden S, SE, MM), tenaga kependidikan, dan mahasiswa perwakilan BEM FKM Unand, melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 30 Maret s/d 1 April 2017. Kunjungan ke FKM UI dilakukan untuk menjalin komunikasi berupa sharing kegiatan pendidikan dan penjajakan kerja sama antara FKM UI dengan FKM Unand.

UI2Secara umum, kegiatan diisi dengan perkenalan pimpinan dan unsur pimpinan yang ada di masing-masing fakultas, serta perkembangan penyelenggaraan pendidikan yang meliputi penjelasan tentang kurikulum S1 Prodi KM dan Gizi mahasiswa intake DIII khususnya nilai transfer, Penjelasan tentang SOTK PTNBH, Pengelolaan Keuangan dan Struktur Organisasinya, Pengelolaan Sistim Informasi Akademik dan ICT/Website FKM UI, dan Pengalaman alih kelola S2 dan S3 yang sebelumnya dari Fak. Kedokteran. Kegiatan tersebut disertai dengan diskusi. Kegiatan juga meliputi tour ke berbagai fasilitas pendidikan dan penunjang yang ada di FKM UI yaitu ruang dosen, laboratorium yang ada di masing-masing departemen, perpustakaan, koperasi dan kantin. Selain itu perwakilan BEM FKM UNAND mengadakan audiensi dengan BEM FKM UI mengenai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di masing – masing fakultas.

UI4Rombongan FKM Unand diterima oleh Dekan FKM UI (dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D) didampingi Wakil Dekan II (dr. Asri C. Adisasmita, MPH, PhD), Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan (Dr. drg. Ella NurlaelaHadi, M.Kes), Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat (Dr. drs. Tris Eryando, MA), Manajer Kerja sama, Hubungan Alumni, & Ventura (Dr. Robiana Modjo, SKM, M.Kes), Kepala Unit Teknologi Informasi (Eddy Afriansyah, S.Kom, M.Si), Kepala Unit Humas dan Administrasi Umum (Sofiyatul Choiriyah, SE), Ketua Departemen Gizi (Prof. Ratu Ayu Dewi Sartika), Ka.Prodi Gizi (dr. Kusdinar Ahmad, MPH), dosen, dan tenaga kependidikan. Kegiatan diskusi/sharing di FKM UI diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

Kegiatan studi banding ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, terjalinnya kerja sama antara FKM Unand dan FKM UI di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta rencana pembangunan gedung FKM Unand di Limau Manis.