1. Jadwal pengisian dan revisi KRS pada tanggal 31 Juli s/d 4 Agusutus 2017di portal.unand.ac.id
  2. Pilih tawaran mata kuliah yang ada dosen, jadwal dan ruang kuliah.
  3. Kelas Mata kuliah umum yang tersedia A1 (BP Ganjil), A2 (BP Genap), B (Jalur B)
  4. Kelas terbatas, seandainya ruangan penuh silahkan cari kelas yang masih tersedia kecuali angkatan 2017 wajib sesuai kelas. (Kode Mata Kuliah/Tahun Kurikulum/Semester/Kelas). Bagi Mahasiswa jalur B yang tidak tersedia kelasnya silahkan pilih kelas A1 dan A2 (kecuali angakatan 2017).
  5. Mata kuliah yang ditawarkan download disini

33Pengumuman ujian 07 oktober 2017

Syarat Peserta:

  1. Peserta ujian tercatat sebagai alumni (SKM) atau mahasiswa aktif yang telah menyelesaikan minimal 110 SKS dibuktikan  dengan transkrip/KHS;
  2. Peserta ujian termasuk mahasiswa PT Kesmas yang terdaftar di  forlap.dikti.go.id;
  3. Institusi PT Kesmas asal peserta ujian telah terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT)
  4. Peserta ujian bersedia memenuhi dan mematuhi syarat/ ketentuan yang ditetapkan oleh Komite Nasional selaku Panitia Pelaksana Uji Kompetensi.

Ketentuan umum pendaftaran dan pelaksanaan ujian:

  1. Pendaftaran peserta ujian dimulai tanggal 17 Juli 2017 s.d. 07 September 2017.
  2. Proses  pendaftaran   peserta  ujian  dilakukan  secara  online  melalui www.ukskmi.com atau www.ukskmi.org
  3. Calon peserta harus mengisi form pendaftaran dan mengunggah (upload) secara online semua dokumen yang diminta (ijazah/kartu hasil studi/transkrip nilai, forlap.dikti.go.id  dan pas foto 4×6) sesuai petunjuk pendaftaran.
  4. Setelah institusi melakukan verifikasi peserta, maka peserta akan mendapatkan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran uji kompetensi melalui ATM atau Teller Bank
  5. Biaya  pendaftaran  peserta  ujian  sebesar  Rp  500.000,-  (lima  ratus  ribu  rupiah).
  6. Proses verifikasi terhadap data peserta dilakukan secara online dengan cara mengecek kesesuaian dan kelengkapan berkas peserta yang telah diisi dan diupload. Komite Nasional akan memberikan Username dan Password kepada institusi.
  7. Institusi  PT  Kesmas  dapat  mengajukan  sebagai  Tempat  Uji  Kompetensi  jika  peserta  yang mendaftar di institusi tersebut minimal 150 orang dan memiliki fasilitas ruang yang memadai sesuai persyaratan (lampiran-3).
  8. Komite nasional akan melakukan verifikasi akhir kelengkapan berkas calon peserta dan Tempat Uji Kompetensi (TUK), serta hasilnya akan diumumkan pada tanggal 25 September 2017 secara online melalui website ukskmi.org atau  www.ukskmi.com
  9. Peserta yang lolos verifikasi dapat mencetak kartu secara online pada tanggal 26 September – 03 Oktober 2017.
  10. Peserta yang lolos verifikasi harus mengikuti pembekalan teknis (briefing) tentang pelaksanaan ujian (bersama penanggung jawab tempat ujian dan pengawas lokal) pada tanggal 06 Oktober 2017 di Tempat Uji Kompetensi (TUK)
  11. Ujian akan dilakukan pada tanggal 07 Oktober  2017, mulai pukul 08.00 WIB/09.00 WITA/10.00 WIT dengan menggunakan metode Paper Based Test (PBT)
  12. Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 27 November 2017 secara online melalui website www.ukskmi.com
  13. Peserta  yang  lulus  ujian  akan  mendapat  sertifikat  kompetensi  sebagai:  Ahli  Kesehatan Masyarakat Level 6 KKNI.
  14. Sekretariat  Komite  Nasional  UKSKMI:  Gedung  G-401,  FKM  UI,  Depok  16424,  email: pendaftaran. ukskmi@gmail.com,  website:  www.ukskmi.org atau  www.ukskmi.com

Diberitahukan kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, berhubung adanya masalah pada sistem penyusunan jadwal kuliah semester ganjil 2017/2018, maka pengisian KRS secara online jadi terganggu. Maka berkenanaan dengan hal tersebut, pengisian jadwal KRS secara online diperpanjang sampai hari Kamis tanggal 3 Agustus 2017.


  1. Mahasiswa yang akan melaksanakan magang semester ganjil 2017/2018 sudah menyerahkan surat diterima magang dari institusi / perusahaan magang paling lambat Minggu ke-3 Agustus 2017 ke akademik  (acc oleh Ibu Rosi Eka Putri) dan menyerahkan foto copynya ke sekretaris koordinator magang (Ibu Septia Pristi Rahmah, SKM, MKM).
  2. Jadwal Pembekalan Magang pada Minggu ke-4 Agustus 2017.
  3. Jadwal pelaksanaan magang antara bulan September s/d November 2017.
  4. Khusus bagi mahasiswa BP 2014 Jalur A jadwal turun lapangan magang Minggu ke-3 Oktober s/d akhir November 2017 (setelah melaksanakan magang) dan jadwal pembekalan Minggu ke-4 Agustus 2017.
  5. Setiap Institusi / Perusahaan magang yang dituju diajukan minimal oleh 2 (dua) orang mahasiswa.
  6. Maksimal 2 (dua) orang mahasiswa dibimbing oleh 1 (satu) orang pembimbing lapangan.

Koordinator Magang


Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang namanya tercantum dalam daftar dibawah ini disilahkan menandatangani berkas penerimaan Beasiswa di ruangan LAZ (lembaga amil zakat) lantai II gedung Rektorat Universitas Andalas dengan membawa foto copy (KTP,KTM,SIM).

Daftar nama – nama mahasiswa penerima Beasiswa Lembaga Amil Zakat Nurul Ilmi Universitas Andalas :

 No  No BP  Nama  jurusan
1 1511216056 Mahendra Ilmu Kesehatan Masyarakat
 2 1511212023 Anggun Pratiwi Ilmu Kesehatan Masyarakat
 3  1611216055  Nova Riyanti Ilmu Kesehatan Masyarakat
 4  1511211011  Walina Ilmu Kesehatan Masyarakat
 5  1611211022  Arsip Kardova Ilmu Kesehatan Masyarakat
 6  1411212004  Rika Marta Ilmu Kesehatan Masyarakat
 7  1511222010  Puji Amaliah  Gizi
 8  1511221016  Mona Andini  Gizi
 9  1511222009  Sattria Negara  Ilmu Kesehatan Masyarakat
 10  1511221006  Yelvina Cintya Wahyudian Ningrum  Gizi
 11  1411222036  Sarah Tsurayya  Gizi
 12  1511212031  Vivin Malvirah  Ilmu Kesehatan Masyarakat

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Jalur Intake DIII Bp.2017, bahwa untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) telah dapat dilakukan di Bank Nagari Cabang Kampus Unand Limau Manis dengan membawa :

  1. Identitas diri (KTP)
  2. Foto Ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas angakatan 2011-2016 yang belum melakukan registrasi ulang (pembayaran SPP/UKT) semester ganjil 2017/2018, maka bersama ini disampaikan bahwa :

  1. Masa pembayaran SPP/UKT bagi mahasiswa lama (S1 angkatan 2011-2016), (D.III angkatan 2013-2016), (S2 angkatan 2014-2016) dan (S3 angkatan 2011-2016) semester ganjil 2017/2018 diperpanjang sampai hari kamis tanggal 27 Juli 2017 pukul 15.00 WIB.
  2. Bagi mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran sampai tanggal tersebut di atas tidak dilayani lagi. Mahasiswa tersebut dinyatakan terputus

Tim Seleksi Penerimaan Dosen Non PNS Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2017 telah menetapkan nama-nama peserta yang lulus Seleksi Wawancara.