Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand pada tanggal 4 September – 30 September 2017, maka sebelum mahasiswa turun lapangan perlu adanya pembeklan bagi mahasiswa tentang pelaksanaan PBL, untuk itu seluruh mahasiswa diharuskanhadir dalam pembekalan dimaksud. Adapun jadwal pembekalan akan dilaksanakan pada :

 Hari / Tanggal :  Rabu / 30 Agustus 2017
 Jam :  08.00 s/d 16.00 WIB
 Tempat :  III.E Gedung FKM Unand
Kegiatan :  Pembekalan PBL

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2014 yang akan mengambil mata kuliah Magang Periode Semester Ganjil 2017, untuk dapat mengahadiri acara pembekalan Magang yang akan dilaksanakan pada :

 Hari / Tanggal :  Kamis / 31 Agustus 2017
 Jam :  08.00 s/d 09.00 WIB
 Tempat :  III.E atau III.B
Kegiatan :  Pembekalan Magang

Mahasiswa harus membawa surat balasan magang dari instansi terkait yang menyatakan bahwa mahasiswa  yang bersangkutan diperbolehkan melaksanakan magang pada intitusi tersebut. Kegiatan pembekalan magang ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang akan melaksanakan Magang Periode Semester Ganjil.


Wisuda III 1Padang, Sabtu (26/08) telah berlangsung acara pelepasan dan penyerahan ijazah wisudawan/ti III tahun 2017 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertempat di Gedung E, Universitas Andalas. Kegiatan dihadiri oleh Dekan FKM, Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D ,Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, beserta jajarannya, para wisudawan/ti sebanyak 115 orang yakni 98 wisudawan/ti prodi Ilmu kesehatan masyarakat dan 17 wisudawan/ti prodi Gizi serta para orang tua dan kerabat para wisudawan/ti.

Wisuda III 3Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan berlansung secara rapi, teratur dan khidmat hingga akhir. Pada saat acara berlangsung, kata sambutan diberikan oleh perwakilan orang tua wisudawan/ti yaitu bapak Drs. Maswardi yang merupakan orang tua dari saudara Niko Perdana. Beliau mengatakan bahwa wisudawan/ti harus betanggung jawab atas gelar yang sudah didapat serta kepada almamater sebagaimana mestiya. Dan beliau juga mengucapkan segenap rasa terima kasih kepada dekan, para wakil dekan beserta para akademika yang telah berhasil membentuk putra-putri bangsa menjadi lulusan terbaik di bidangnya.

Selanjutnya dari Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D selaku Dekan FKM juga menyampaikan pidato singkat. Dikutip dari isi pidato nya, beliau menyampaikan teruntuk wisudawan/ti, yaitu “Di dunia kerja yang dilihat bukanlah teori belaka, tapi personal performance atau softskill berupa pengembangan sikap dan karakter”. Beliau melangsungkan pidato dengan durasi 15 menit. Dan selama itu banyak masukan yang diperuntukan untuk wisudawan/ti sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Wisuda III 2Saat proses pelepasan wisudawan/ti oleh Dekan FKM, dari perwakilan dari PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia) Sumatera Barat meyampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas karena telah menghasilkan lulusan terbaik dan beliau juga berkata “Kami perwakilan dari PERSAKMI akan menerima alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan penuh dedikasi dan semoga wisudawan/ti bisa bermanfaat bagi negara, bangsa dan agama.

Pada sesi penyerahan kalung pin dan kartu alumni diwakili oleh saudara Ade Putra S.KM dan saudari Suciati Marlianasyam,S.KM.

Wisuda III 4Selanjutnya penyerahan penghargaan kepada 9 orang Bintang Aktifis Kampus oleh Wakil Dekan III, berikut nama-nama nya :

  1. Gusti Fauzi S.KM
  2. Randa ilham S.KM
  3. Alim Nuzuar S.KM
  4. Suciati Marlianasyam S.KM
  5. Maya Lestari S.KM
  6. Yatmi S.KM
  7. Rizki Chairina Pandiangan S.KM
  8. Wahyuni Rizki Putri, S.KM
  9. Nurhadi Hanif S.KM

 

(Suci Desirman dan Pritho Nurmalita)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Sehubungan dengan wisuda III Tahun 2017 pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017, maka kepada seluruh calon wisudawan/ti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas diundang untuk hadir pada :

1. Gladi Wisuda Universitas
    Hari / Tanggal :  Rabu / 23 Agustus 2017
    Pukul :  09.00 WIB
    Tempat :  Auditorium Universitas Andalas Kampus Limau Manis
 2. Gladi Wisuda Fakultas
     Hari / Tanggal :  Jum’at / 25 Agustus 2017
     Pukul :  14.00 WIB
     Tempat :  Gedung E Kampus UNAND Limau Manis

 


IMG20170819112842Sabtu (19/08/2017) telah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dengan tema “Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Lingkungan” yang bertempat di SDN 03 Asam Jujuhan Nagari Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan sekaligus praktek tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) kepada siswa kelas 4 dan 5.


Bersama ini diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas semester III Jalur B dan semester V Jalur A yang mengambil mata kuliah Gizi Ibu Hamil & Menyusui untuk wajib hadir kuliah tamu pada :

 Hari / Tanggal :  Jumat, 18 Agustus 2017
 Jam :  08.00 WIB
 Tempat :  Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
Narasumber :  Prof. dr. Fasli Jalal, PhD, SpGK

Raker 2017_dekanFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melaksanakan rapat kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran tahun anggaran 2018 di Hotel Novotel Bukittinggi pada tanggal 12 s.d 13 Agustus 2017.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehata Masyarakat  Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD, para Wakil Dekan, Ketua Departemen, Kabag dan Kasubag, serta Kaprodi di lingkungan FKM Unand.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat mengatakan perencanaan yang baik adalah perencanaan yang disusun dari level manajemen terendah atau bottom up planning.

“Saya harapkan masing-masing unit mengajukan rencana kerja dan anggaran tahun 2018 dengan mempedomani realisasi tahun ini dan juga memasukkan kegiatan-kegiatan inovatif untuk percepatan pencapaian visi dan misi fakultas” jelas bapak Defriman.

Raker 2017_wadek 2Wakil Dekan bidang administrasi dan keuangan Dr. Aria Gusti, M.Kes sebagai koordinator pelaksana kegiatan rapat kerja memberikan pengantar tentang tata kelola perencanaan dan anggaran di fakultas dan universitas. Juga dipaparkan mengenai format penyusunan draft usulan rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKAKL) di tingkat fakultas.

Semua unit yang ada di FKM Unand memaparkan usulan kegiatan dan anggaran untuk tahun anggaran 2018 mendatang. Banyak kegiatan inovatif yang diusulkan demi untuk mendukung tercapainya visi FKM Unand sebagai intitusi pendidikan tinggi kesehatan yang mandiri, unggul dan bermartabat.


Diberitahukan kepada seluruh calon wisudawan/ti Wisuda III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas untuk dapat hadir pertemuan dengan Wakil Dekan I pada:

 Hari / Tanggal :  Rabu / 16 Agustus 2017
 Jam :  14.00 WIB
 Tempat :  Lantai III Gedung FKM
 Agenda :  Persiapan Wisuda III di Fakultas dan hal – hal lain yang dirasa penting

Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) mengadakan Sosialisasi bagi mahasiswa baru angakatan 2017, yang akan memperkenalkan layanan LPTIK dan Pustaka Pusat dan lain-lain guna kelancaran Proses Belajar Mahasiswa selama beraktivitas di Universitas Andalas.

Sehubungan dengan hal ini tersebut maka diinformasikan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2017 untuk wajib hadir mengikuti kegiatan ini. Untuk jadwal selengkapnya dapat dilihat disini


 

DSC_1039Jumat(04/08), telah berlangsung kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradi Ilmiah (BAKTI) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertema “Welcome to the Purple Campus, Explore Yourself and Be the Next Agent of Change”hari kedua. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand.Bertempat di Gedung IJ, Lokal I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diikuti oleh 282 orang mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan DIII INTAKE).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.45 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi.DSC_1111

Adapun agenda dari kegiatan ini yaitu :

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Pengenalan Manajemen ICT.
  3. Penjelasan Materi Student State.
  4. Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  5. Pengenalan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  6. Penjelasan Prahima Gizi dan Prahima Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  7. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Kahfi, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Safe.
  8. Pengenalan Tim Siaga Bencana (TSB).
  9. Pengenalan Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI).
  10. Pengenalan Club Seni, Club Olahraga,Preventive Promotive Club (PPC), dan English Club.
  11. Pengenalan Tim Advokasi.
  12. Penjelasan Materi ISMKMI.
  13. Penjelasan Materi Komting.

Ada pun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kepada mahasiswa baru.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengetahui, dan mengenal apa saja elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

DSC_1114Sabtu(05/08), telah berlangsung kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradi Ilmiah (BAKTI) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertema “Welcome to the Purple Campus, Explore Yourself and Be the Next Agent of Change”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand. Bertempat di Gedung IJ, Lokal I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas besesrta jajarannya. Perwakilan dari Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diikuti oleh 282 orang mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan DIII INTAKE).

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi.

Adapun agenda dari kegiatan ini yaitu :

Hari Pertama

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Kata Sambutan oleh Ketua Pelaksana BAKTI BEM, Ketua Pelaksana BAKTI Fakultas, Gubernur BEM KM FKM Unand, dan Dekan FKM Unand.
  3. Pengenalan Civitas Akademika, Pimpinan Kampus dan Visi Misi Dekan, Sarana dan Prasarana Kampus.
  4. Pengenalan IAKMI, PERSAKMI, dan PERSAGI.
  5. Penyelenggaraan dan pengelolaan Departemen dan Prodi. FKM terdiri dari 5 Departemen, yakni : Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), K3-Kesling, Epidemiologi dan Biostatistik, Kesehatan Reproduksi, dan Gizi serta 2 Prodi yaitu Prodi IKM dan Prodi Gizi.

Hari Kedua :

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Pengenalan Manajemen ICT.
  3. Penjelasan Materi Student State.
  4. Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  5. Penjelasan Prahima Gizi dan Prahima Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  6. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Kahfi, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Safe.
  7. Pengenalan Tim Siaga Bencana (TSB).
  8. Pengenalan Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI).
  9. Pengenalan Club Seni, Club Olahraga, Promotif Preventif Club (PPC), dan English Club.
  10. Pengenalan Tim Advokasi.
  11. Penjelasan Materi ISMKMI.
  12. Penjelasan Materi Komting.

Hari Ketiga :

  1. Penampilan yel-yel dari mahasiswa baru dan games.
  2. Sharing Hearing oleh Alumni.
  3. Penjelasan tentang Narkotika.
  4. Pemilihan Komting, dan Uda Uni BAKTI 2017.
  5. Foto bersama.
  6. Penutupan BAKTI FKM Unand 2017.

DSC_1213Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Andalas dan Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kepada mahasiswa baru.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengetahui, mengenal dan memahami bagaimana lingkungan kampus tempat perkuliahannya nanti dan apa saja elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.