Berikut nama mahasiswa reguler Prodi S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2016 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang telah mengisi form pemilihan peminatan per 27 Juli 2018 selengkapnya


Berikut nama mahasiswa reguler Prodi S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2016 yang telah mengisi form pemilihan peminatan. Bagi mahasiswa yang belum mengisi, diberi kesempatan untuk mengisi form paling lambat hari Kamis26 Juli 2018. Daftar Nama per 24 Juli

Bagi mahasiswa angkatan 2016 yang belum mengisi form pemilihan pemintan dapat klik disini


Diberitahukan kepada mahasiswa baru Jalur Intake DIII Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas bahwa proses registrasi dilaksanakan pada tanggal 31Juli 2018 di Gedung Auditorium UNAND Limau Manis dengan membawa syarat – syarat sebagai berikut :

  1. Slip pembayaran SPP asli dan fotocopi sebanyak 1 lembar
  2. Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar
  3. Foto warna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar
  4. Surat Izin dari Instasi (bagi mahasiswa tugas belajar) atau orang tua, istri atau suami (biaya sendiri)
  5. Surat Keterangan Kesehatan dan NAPZA

Diberitahukan bagi mahasiswa semester V Prodi S1 Kesehatan Masyarakat untuk mengisi form pemilihan peminatan dengan link peminatan. Periode pengisian adalah 18 – 24 Juli 2018. Hasil pemilihan peminatan akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2018. Peminatan


Penetapan Calon Mahasiswa Baru Intake DIII TA 2018/2019 Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas selengkapnya.

Untuk pembayaran SPP dapat dilakukan dari sekarang sampai tanggal 27 Juli 2018.


Pengab Ami 2018Sabtu, (14/07) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melakukan penelitain dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan penyuluhan obesitas yang bertempat di SD 33 Rawang Barat, Padang Selatan. Sekolah ini berdampingan dengan SD N 42 Padang Barat. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian Dosen FKM Unand dan diharapkan memberikan manfaat untuk masyarakat desa. Kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh FKM Unand tahun ini mengangkatkan tema “Cegah Obesitas dengan Media Ular Tangga”. Kegiatan ini bertujuan  untuk mewujudkan dan mencegah obesitas pada anak sejak usia dini yang disampaikan Ibu Hafifatul Auliya Rahmy, SKM, MKM selaku dosen dan ketua pelaksana pengabdian masyarakat. Kegiatan ini melibatkan beberapa orang mahasiswa Gizi FKM Unand.

Ibu Hafifatul Auliya Rahmy, SKM, MKM, selaku ketua pelaksana penelitian dan pengabdian masyarakat tahun ini mengatakan bahwa kegiatan ini diawali dengan memberikan pre test kepada siswa SD mengenai pengetahuan mereka terhadap obesitas. Lalu dilanjutkan dengan bermain ular tangga gizi dan pemberian penyuluhan mengenai obesitas. Kegiatan ini memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang turut berpartisipasi pada kegaiatan ini. Banyak siswa antusias dengan kegiatan ini dilihat dari kehadirannya untuk mendapatkan kesempatan bermain ular tangga gizi. Kegiatan rutin tahunan ini membuktikan bahwa dosen FKM Unand sangat memperhatikan dan peduli dengan kesehatan masyarakat sekitar. Selain itu juga diharapkan adik-adik dapat menjaga diri dengan pola hidup sehat agar terhindar dari beberapa penyakit dan adik-adik yang sehat agar tambah sehat.

Pengab Ami 20181Acara ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan  kepada Kepala Sekolah SD 33 Rawang Barat, Padang Selatan. Diujung acara, kepala sekolah SD 33 Rawang Barat, Ibu dosen FKM Unand, dan panitia berfoto bersama.


20180713_094140Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu wujud pengamalan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini mengusung tajuk “Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu dalam Pemenuhan Gizi Bayi dan Balita di Puskesmas Nanggalo Kota Padang Tahun 2018”. Acara ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Nanggalo Kota Padang pada Jumat (13/07/2018).

Sasaran kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah para ibu yang memiliki bayi usia 6 bulan keatas hingga balita. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para ibu tentang Makanan Pendamping ASI (MP ASI) yang sehat bergizi serta mudah diolah oleh sang ibu sendiri menggunakan bahan pangan lokal. Hal ini seperti yang diungkapkan Ketua Pengabdian Masyarakat, Ayulia Fardila Sari ZA, SKM, MPH, “Berbagai penelitian membuktikan bahwa pengetahuan berkaitan erat dengan status kesehatan. Salah satu faktor penyebab bayi dan balita gizi kurang adalah kemampuan para ibu dalam mengolah makanan yang menarik bagi anak. Melalui kegiatan ini kami harapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan kesadaran para ibu sehingga mampu menghasilkan MP ASI yang memiliki cita rasa lezat, kandungan gizi seimbang, dan berasal dari pangan lokal yang memiliki harga terjangkau”.

20180713_105935Selain diberikan penyuluhan, para ibu juga diperlihatkan demonstrasi cara memasak MP ASI yang didemonstrasikan langsung oleh dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si. Untuk memudahkan para ibu, pada kegiatan ini juga dilakukan pembagian modul MP ASI dan hasil masakan menu MP ASI. “Kegiatan ini menarik ya, jadi kolaborasi antara kesehatan dan pertanian. Menurut saya kegiatan ini perlu sering diadakan karena ada praktik langsung” tutur Nolly selaku petugas gizi Puskesmas Nanggalo.

Menu MP ASI menggunakan bahan dasar lokal sesuai kebutuhan gizi seimbang. Bahan dasar olahan MP ASI yang digunakan diantaranya beras merah, daging ayam, wortel dan tempe. MP ASI yang dibuat berupa bahan setengah jadi yang berbentuk bubuk beras merah, bubuk tempe dan kaldu ayam bubuk. Bubuk MP ASI yang telah dibuat dapat disimpan selama 1 bulan pada suhu kamar dan ketika ibu ingin mengolahnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikan. Hal ini tentu akan memudahkan para ibu yang sibuk mengurus rumah tangga maupun bekerja diluar rumah dalam menyiapkan MP ASI si buah hati demi memenuhi nutrisinya. (Nengsih)


Diberitahukan kepada calon mahasiswa baru jalur Intake DIII Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas TA.2018/2019 yang telah mengikuti ujian seleksi masuk mahasiswa baru Jalur Intake DIII Fakultas Kesehatan Masyarakat Unjversitas Andalaa pada hari Sabtu,07 Juli 2018, bahwa hasil kelulusan akan di umumkan pada hari Senin,16 Juli 2018.


Diberitahukan kepada seluruh peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Intake D3 bahwa :

1. Pelaksanaan Test TOEFL dilaksanakan pada :

Hari/tgl. ​​: Jumat  / 6 Juli 2018

Pukul​​    :  7.30 wib s/d selesai

Tempat​ ​:  UPT. Pusat Bahasa Univ. Andalas Limau Manis

Yang dibawa​:  Kartu Ujian TOEFL , KTP, Alat tulis ujian.

2. Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) dilaksanakan pada :

Hari/tgl​  ​: Sabtu  / 7 Juli 2018

Pukul    :  8.00 wib s/d selesai

Tempat​ ​:  Lantai III Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand

Jl. Perintis Kemerdekaan no. 94 Jati Padang.

Yang dibawa​:  Kartu Ujian TPA, Alat tulis ujian.

Bagi calon peserta yang belum menyerahkan persyaratan ujian harap segera diserahkan paling lambat 6 Juli 2018 pukul 7.30 wib, bagi yang tidak menyerahkan dianggap mengundurkan diri dan tidak dibenarkan mengikuti ujian. Terima Kasih.



​​