Picture3

Rangkaian Acara Hari Gizi Nasional Ke-56 Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand

  1. Penyuluhan Kesehatan dan Lomba Ranking 1 bagi Ibu Hamil di Daerah Binaan FKM di Kecamatan Koto Tangah

 

1. Penyuluhan Kesehatan dan Lomba Ranking 1 bagi Ibu Hamil di Daerah Binaan FKM di Kecamatan Koto Tangah

   Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang ke 56, mahasiswa Peminatan Gizi dan Program StudiGizi FKM mengadakan rangkaian kegiatan diantaranya: PengabdianMasyarakat, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Seminar Nasional yang  diadakan selama bulan Februari sampai Maret 2016.

      Rangkaian kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional dibuka dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan di Kantor Camat Koto Tangah pada hari Sabtu, 06 Februari 2016 yang dimulai pada pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Sasaran dari kegiatan ini yaitu ibu hamil yang berada di 2 wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya dan Puskesmas Anak Air sebagai daerah binaan FKM Unand . Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan FKM Unand Ibu Prof. DR. Nur Indrawati Lipoeto.MSc,PhD, dosen dan mahasiswaa gizi FKM, Bapak Camat Koto Tangah , anggota dari Persagi DKK Kota Padang serta dibuka secara resmi oleh Ibu Ketua TP.PKK Kota Padang yaitu Ibu Harnelly Mahyeldi Ansyarullah.

 Picture1

      Pembukaan Acara Pengabdian Masyarakat oleh Ibu Ketua TP-PKK Kota Padang

Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, terdapat 3 sesi kegiatan yaitu; sesi pertama pengukuran antropometri dengan mengukur tinggi dan berat badan, haemoglobin (Hb) dan  Lingkar Lengan Atas (LILA) Ibu Hamil serta konseling gizi bagi ibu hamil yang beresiko anemia zat besi dan KEK. Sesi kedua yaitu penyuluhan mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan yang disampaikan oleh Bapak dr. ZulkarnainAgus, MPH, MSc, SpGK serta serta sesi ketiga yaitu Lomba Ranking 1 bagi seluruh peserta ibu hamil.

 Pemeriksaan Anropometri dan Pengukuran Hb Ibu Hamil

Puncak dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penyerahan plang peresmian daerah binaan FKM Unand yang diserahkan oleh Ibu DR. Helmizar, SKM, M.Biomed sebagai ketua pelaksana perayaan Hari Gizi Nasional FKM Unand kepada Bapak Camat Koto Tangah yang disaksikan oleh Ibu Ketua TP-PKK Kota Padang .Setelah itu kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan PMT kepada Ibu hamil dan doorprize kepada pemenang lomba rangking 1.

Picture3

Peresmian Pencanangan Daerah Binaan FKM Unand Di
Kecamatan Koto Tangah

 

2. LombaArtike lIlmiah SMA/SMK/MA Se-Sumatera Barat.

Kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional ke 56 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas selanjutnya mengadakan Lomba Artikel Ilmiah SMA/SMK/MA Se-Sumatera Barat. Lomba ini diikuti oleh 11 tim yang berasal dari Kota Pariaman, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Padang, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Sijunjung. Juri dalam perlombaan ini berasal dari dosen FKM dan FIB Unand. 

Dalam lomba pembuatan artikel ilmiah ini, ada tiga tema yang dapat dipilih oleh peserta lomba yaitu jajanan sehat, bekal pengganti
jajan, dan bahan pangan organik. Peserta diberikan waktu selama lebih kurang tiga minggu untuk mempersiapkan artikel dandikirimkan kepanitia pelaksana kegiatan, kemudian para peserta diundang untuk dapat menampilkan karya artike lilmiahnya dihadapan para juri. 

Kegiatan Peringatan Hari Gizi Nasional ini diketuai oleh dosen tetap Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas
Andalas yaitu Ibu
DR. Helmizar, SKM, M.Biomed dan panitia berasal dari mahasiswa/i gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Acara berlangsung dengan kondusif dan sistematis. Presentasi peserta diadakan pada tanggal 16
April 2016 di Gedung GH Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan didapatkan pemenang
lomba sebagai berikut:

1.     Juara1, SMA N 1 Sijunjung dengan judul artikel Onde-Onde Labu sebagai Bekal Pengganti Jajanan.

2.    Juara 2, SMA N 1 Sijunjung dengan judul artikel JUNK FOOD NO, NAJAPI YES

     Juara 3, SMA N 4 Pariaman dengan judul artikel Bingunisuntuk Sahabat Buah Hati yang Manis.

Picture4

 Panitia &Peserta  Lomba Artikel Tulis Ilmiah SMA/SMK/MA Se-Sumatera Barat.

 

3. Seminar Nasional


Puncak acara peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-56, Bagian Gizi Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Be alive With Food Safety and Upgrade Your Nutrition’s Knowledge”, yang bertempat di Aula Gubernur Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 8 Mei 2016. Seminar ini dihadiri lebih kurang 150 peserta dan 100 tamu undangan berasal dari PAUD dan guru TK se-Sumatera Barat. Peserta berasal dari kalangan akademisi, mahasiswa Program S-1, S-2, masyarakat umum dari kalangan kesehatan serta perwakilan dari RumahSakit.

Peserta dan tamu undangan memakaiko karde yang telah diberikan

Kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Bpk.Prof. Dr. H. Irwan Prayitno,
S.Psi., M.Sc,
sebagai bentuk dukungan dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat serta kepedulian dari kalangan
akademik tentang makanan atau pangan yang aman dikonsumsi oleh masyarakat. Dr.Helmizar, SKM, M.Biomed sebagai ketua pelaksana dalam acara Seminar Nasional ini, turut memberikan kata sambutan serta ucapan terima kasih kepada peserta maupun para tamu undangan yang telah hadir berpatisipasi dalam memeriahkan
peringatan Hari Gizi Nasional ini.

Pembicara pada seminar nasional  peringatan Hari Gizi Nasional disampaikan
oleh :

1. Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK ( WakilMenteriPendidikan Indonesia tahun 2010-2011) Materitentang “Perlunya Gizi yang Cukup Bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Untuk Memanfaatkan Peluang Bonus Demografi’’,dimoderatori
oleh Dr. DenasSymond, MCN

2.Prof. Dr. Ir. FauzanAzima, MS
(KetuaUmum PATPI cabang Sumatera Barat) 
Materi tentang “Peranan Teknologi Dalam Menyediakan Pangan Bergizi
dan
Aman”

3.     Prof. dr. Nur  IndrawatiLipoeto, M.Sc, Ph.D, SpGK (Dekan FKM Unand)

Materi tentang “Food Additives”

4.     Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS (Ketua Pergizi Pangan
Indonesia) 
Materi tentang“Makanan sehat Bagi Anak Usia Dini”

5. Drs.Hilda Murni,Apt. MM (BPOM)
Materi tentang “Pengawasan Penggunaan BTP”

Picture6

Sesi Pembukaan dan Penyajian Materi Seminar Nasional oleh Para Pakar

Rangkaian acara peringatan Hari Gizi Nasional yang diselenggarai oleh bagian Gizi dan Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas ini ditutup secara resmi oleh Bpk.Dr.DenasSymond MCN selaku ketua Prodi S-1 Gizi FKM UNAND. Dalam sambutan pada acara penutupan seminar ini disampaikan harapan untuk peserta terutama guru PAUD agar dapat memahami berbagai materi khususnya aspek keamanan pangan dan menularkan pemahaman ini ke masyarakat sekitar terutama muridnya serta memberikan pemahaman bagaimana peran perusahaan dalam mengimplementasikan label keamanan pangan terhadap konsumen. Acara seminar ini juga didukung oleh beberapa ogranisasi dan lembaga seperti DPD PERSAGI, Sumatera Barat, IAKMI cabang Sumatera Barat, PATPI cabang Sumatera Barat, dan Yayasan Danone Institut Indonesia.

Panitia

 

 

Leave a Comment