foto1 El-Seminar Probitiok

Seminar nasional The 1st Open Scientifc Meetingg” New Perspective on Diet, Imflamation, and Gut Microbiota in Obesity and ommunicable Diseases”

Dr.Helmizar,SKM,M.Biomed kembali mengikuti seminar yaitu Seminar nasional The 1st Open Scientifc Meetingg” New Perspective on Diet, Imflamation, and

FOTO EL2_PROBIOTIKDr.Helmizar,SKM,M.Biomed kembali mengikuti seminar yaitu Seminar nasional The 1st Open Scientifc Meetingg” New Perspective on Diet, Imflamation, and Gut Microbiota in Obesity and ommunicable Diseases”. Pembukaan acara seminar dimulai pada pukul 09.00 pagi tanggal 3 November 2016, diawali dengan laporan Chair of Human Nutrition Research Cluster dr.Rina Agustina,MSc,PhD dan dilanjutkan dengan pembukaan acara secara resmi oleh dekan FK UI Dr.dr.Ratna Sitompul.Sp.M (K)

Sesi Pertama dimoderatori oleh Prof.dr.Endang L Achadi,Dr.PH, menyajikan empat materi yaitu: (1). Diet, gut microbe and obesity induced chonic low-grade inflammation (Prof.Patrizia Brigidi/University of Bologna Italia); (2). Prebiotics in the firts 1000 days of life (Prof.Dr.dr.Agus Firmansya,Sp.A (K); (3).Inflammation are infortante in majority of NDSc (Dr.dr.Dyah Purnamasari, SpPD,KEMD); (4). Dietary modulation of Probiotics and gut microbiota on intestinal infection and iiflammation (dr.Rina Agustina,MSc,PhD/FK UI).

Selanjutnya sesi panel diskusi yang diketuai dr.Widjaja Lukito,PhD SpGK (K) dari Fakultas Kedokteran UI , ditampilkan 5 pembicara yaitu dr.Hasan Maulahela, SpPD (FK UI), Dr.dr.Budi Wiweko,SpOG (FK UI), Dr.dr.Pramita Gayatri,SpA (K), Prof.Wandee Varavithya,MD (Mohidol University, Bangkok, Thailand) dan Safarina G.Malik,DVM,MS,PhD (Eijkman Institute), yang diakhiri dengan tanya jawab.

Sessi akhir dilanjutkan dengan paralel dari seluruh peserta yang sudah dijadwalkan dalam buku conference. Pada sesi parallel ini dibuka diskusi dan tanyajawab yang dimoderatori oleh dr.Yoga Devaera,SpA (K) dari FK UI. Pada kesempatan ini disampaikan rencana penelitian yang akan dilakukan tentang pemberian dadih sumber probitik dan suplementasi zink pada ibu hamil terhadap respon imunitas humoral dan berat badan lahir bayi di Propinsi Sumatera Barat. Pada pembicara ditanyakan apakan biomarker yang tepat untuk melihat outcome dari hasil penelitian. Diskusi & tanya jawab  disajikan dengan baik dan mendapat respon yang cukup antusias dari peserta seminar.

foto El3-Seminar ProbiotikPada kesempatan seminar ini juga disampaikan peluang riset mendatang yang bisa dirancang kolaborasi penelitian antara FKM Unand dengan FK UI khususnya Masalah Dispepsia pada Ibu Hamil dan Outcome Kehamilan serta upaya penanggulangannya dan Studi lanjutan Hubungan asupan dan Status Gizi dengan jumlah Mikrobiota dan Marker Metabolik pada Wanita Suku Minangkabau dan Sunda. Koloborasi penelitian juga dirancang dengan berbagai peneliti & institusi nasional maupu internasional yang tergabung dalam Human Nutrition Research Cluster yang berpusat di FK UI Jakarta. Acara seminar diitutup pada sore harinya oleh Dr.dr.Budi Wiweko,SpGK (K) mewakili dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dilanjutkan dengan foto bersama.

Leave a Comment