Talaok 1

Mahasiswa dan Civitas Akademi FKM Unand Mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Nagari Talaok, Pesisir Selatan

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang ke-16, segenap civitas akademika FKM Unand melaksanakan kegiatan

Talaok 1 Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang ke-16, segenap civitas akademika FKM Unand melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 November 2016. Kegiatan Dies Natalis ke-16 ini mengusung tema “Melalui Dies Natalis FKM Unand yang ke-16 Mari Kita Gerakkan Masyarakat Untuk Berpartisipasi Aktif dalam upaya perilaku hidup bersih dan sehat”.

Rangkaian kegiatan pengabmas kali ini dibuka oleh Asisten I Sekda Kabupaten Pesisir Selatan didampingi oleh Camat Kecamatan Bayang dan Wali Nagari talaok. Setelah acara pembukaan Tim Pengabdi langsung bergerak menata taman-taman yang ada untuk dijadikan taman yang bermanfaat untuk kesehatan keluarga dan masyarakat setempat. Taman-taman tersebut dibersihkan kemudian ditanami dengan tanaman obat keluarga dan sayur-sayuran. Tim selanjutnya mempercantik taman-taman tersebut dengan memperbaiki dan mencat ulang pagarnya.

Talaok 4

Menata kembali taman dengan menanaminya dengan tanaman obat dan gizi keluarga

Hari Minggu Tim Pengabdi dari FKM memperoleh kesempatan mengunjungi objek wisata Bukit Bendera yang ada di daerah Pasiang Nagari Talaok. Konon kabarnya pada zaman perang kemerdekaan dulu, apabila bendera yang ada di puncak bukit ini diturunkan berarti ada musuh yang akan datang.

Bukit Bendera

Di puncak bukit bendera Nagari Talaok Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan

Menuju puncak bukit ini yang memiliki ketinggian 400 mdpl, dengan berjalan bisa ditempuh dalam 15 – 30 menit. Jalur ke puncak sudah ditata dengan baik oleh pengelola. Di setiap akhir tanjakan dipatok tanda puncak, total terdapat 15 tanda puncak yang berarti ada 15 tanjakan yang harus dilalui. Biasanya di tiap tanda patok puncak terdapat pesan – pesan singkat yang berisikan tentang semangat untuk yang gendut seperti “Yang gendut sering ke sini yaa, biar cepat langsing”, atau penghinaan terhadap kaum jomblo seperti “yang jomblo mana suaranya” ha ha.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa menginspirasi warga untuk memanfaatkan pekarangan menjadi sumber tanaman obat keluarga dan sayur mayur keluarga. Juga tentunya bagi mahasiswa dan civitas FKM Unand secara keseluruhan semakin menumbuhkan jiwa pengabdian sebagai salah satu wujud dari Tridharma perguruan tinggi.

 

Leave a Comment