4

BEM KM FKM UNAND LAKUKAN KEGIATAN BAKTI SOSIAL

Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang

9Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang bertempat di Jorong Simarasok, Nagari Simarasok Baso, Agam. Bakti Sosial KM FKM Unand yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 3-5 februari 2017 ini mengangkat tema “Bersama Baksos KM 2017 satukan aksi, siap beraksi, wujudkan masyarakat penuh kreasi”.

Bakti sosial KM FKM Unand merupakan salah satu program kerja sekaligus kegiatan wajib yang dilakukan setiap tahun oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FKM UNAND dan bekerjasama dengan UKM AL-KAHFI, UKPM PENA, UKM SAFE dan PPC. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar mencapai taraf kesehatan optimal, meningkatkan peran aktif mahasiswa  dalam memberikan pelayanan kesehatan yg meliputi usaha pelayanan promotif dan preventif kepada masyarakat.

7Sasaran kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand 2017 antara lain adalah semua lapisan masyarakat, mulai dari anak TK sampai lansia. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan yaitu Penyuluhan Dasar Membaca dan Lomba Mewarnai untuk murid TK Kuntum Mekar Simarasok, Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi Sehat untuk murid SDN 15 Simarasok, Lomba mewarnai  Pembuatan Taman Toga, Lomba Melukis Tong Sampah, Lomba Asmaul Husna, Jalan Sehat dan senam sehat + doorprize serta lomba masak gizi seimbang.

1Tanggapan warga pun sangat antusias dalam menyambut acara bakti sosial ini. “Lingkungan kampung menjadi lebih bersih, dan para penyelenggaranya juga ramah dan penyapa”, ucap Lara, salah satu warga Jorong Simarasok. “Kreatifitas warga juga tersalurkan melalui kegiatan Lomba Mewarnai Tong Sampah”, tambahnya.

5Harapan untuk kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand 2017 ini agar pengetahuan, kreatifitas, kesadaran maupun kemampuan seluruh masyarakat Jorong Simarasok meningkat  sehingga dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Comment