Baksos 1

Bakti Sosial KM FKM Unand bersama AKARI (Aksi anaK nagaRI)

Padang, Jum’at (16/06) telah diadakan kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang berlangsung selama 3 hari bertempatkan di

Baksos 1Padang, Jum’at (16/06) telah diadakan kegiatan Bakti Sosial KM FKM Unand yang berlangsung selama 3 hari bertempatkan di Pasa Lalang RW 07 Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM KM FKM Unand. Selain mengabdi pada masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk mempraktekkan teori yang sudah dipelajari selama perkuliahan langsung kepada masyarakat sehingga diharapkan ilmu yang didapat bukan hanya sekedar teori saja, tetapi juga pengalaman yang dapat digunakan jika sudah bekerja nanti.

Baksos 2Bertemakan “Raih Amal Memacu Aksi dalam Hidup Anak Nagari”, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada Jumat tanggal 16 Juni 2017 s.d Minggu 18 Juni 2017. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan temu ramah tamah panitia dengan masyarakat yang dihadiri oleh ketua RW 07, Ketua RT 03, Ibu-ibu rombongan Majelis Taklim, Pemuda, serta warga RW 07 Pasa Lalang lainnya. Selanjutnya Bapak Nizwardi Azka, S.KM, MPPM, M.Pd, M.si meresmikan kegiatan Baksos KM FKM Unand. Kegiatan ramah-tamah ini berlangsung di Mushalla Baitul Huda setelah shalat Asyar dilanjutkan dengan adanya penyuluhan DBD oleh Bapak Nizwardi Azka, S.KM, MPPM, M.Pd, M.si diiringi dengan pembagian bubuk abate kepada masyarakat yang hadir. Malam harinya setelah melaksanakan shalat tarawih bersama, kegiatan dilanjutkan dengan adanya ceramah dari mahasiswa yang diundang serta tadarus bersama warga di dua mushalla yang berbeda.

Baksos 3Pada Sabtu, 17 Juni 2017 kegiatan baksos dilanjutkan dengan adanya gema sahur, pelatihan kreatifitas, cek kesehatan, lomba MTQ, serta tarawih yang diakhiri dengan ceramah dan tadarus. Untuk kegiatan Gema Sahur diadakan di beberapa mushalla yang ada di RW 07, dan pelatihan kreatifitas diadakan di Mushalla Baitul Huda. Kegiatan kreatifitas ini diikuti oleh siswa SD atau SMP setelah kegiatan pesantren. Beriringan dengan pelatihan Kreatifitas, kegiatan cek kesehatan juga dilakukan di tempat yang berbeda yaitu di Posyandu, dimana ada beberapa pengecekan kesehatan yang dilakukan yaitu pengecekan gula darah, pengecekan tensi, pengukuran tinggi dan berat badan, serta konsultasi dengan dokter Koas yang ada di lokasi pengecekan kesehatan. Sedangkan lomba MTQ yang diadakan setelah Shalat Zuhur diikuti oleh siswa/i SD dan SMP.

Baksos 4Selanjutnya pada hari terakhir hari Sabtu, kegiatan baksos diawali dengan gema sahur, dilanjutkan paginya dengan Lomba Adzan. Penutupan kegiatan Bakti sosial ini dilakukan pada jam 11 dilanjutkan dengan pengumuman pemenang, pemberian hadiah, serta pemberian bantuan kepada anak yatim/piatu oleh PKPU. Sebelum pulang, panitia melakukan kegiatan bersih-bersih bersama dan foto bersama, dan berpamitan kepada warga.

Kegiatan ini mendapat respon yang bagus dari para warga dan partisipasi dari siswa pesantren di daerah RW 07 Pasa Lalang. Warga sangat antusias dan berharap semoga selanjutnya kegiatan seperti ini berlokasi di tempat tinggal mereka lagi.

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

(Wulan Mustika)

Leave a Comment