IMG20170819112842

Pengabdian Masyarakat FKM Unand di SDN 03 Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya

Sabtu (19/08/2017) telah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dengan tema “Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan

IMG20170819112842Sabtu (19/08/2017) telah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dengan tema “Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Lingkungan” yang bertempat di SDN 03 Asam Jujuhan Nagari Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan sekaligus praktek tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) kepada siswa kelas 4 dan 5.

Kegiatan pengabdian diawali dengan kata sambutan oleh ibu Kartini, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah SDN 03 Asam Jujuhan. Pemberian materi dan praktek 3R dan CTPS dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat peminatan K3 Kesehatan Lingkungan di bawah bimbingan dosen sebagai koordinator pengabdi. Materi pertama disajikan oleh Heru Satria dan Qolin Levri yang menjelaskan tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan dilanjutkan dengan praktek Recycle yaitu pembuatan kotak pensil dari kardus bekas. Dalam pelaksanaan praktek Recycle, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh 1 orang mahasiswa untuk membuat kotak pensil.

IMG_6452

Materi kedua disajikan oleh Kevin Oktra Gilang Prakasa dan Cahyati Febriana tentang Penerapan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dan dilanjutkan dengan praktek 7 langkah Cuci Tangan Pakai Sabun. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

IMG_6444

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta mampu menerapkan perilaku kesehatan lingkungan melalui penerapan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah dan CTPS dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menumbuhkan rasa peduli lingkungan sejak usia dini sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan terbebas dari penyakit.

Pin It

Leave a Comment