JKN Selasa

JKN (Kepesertaan Pelayanan Kesehatan) dan Permasalahannya dalam Kuliah Tamu FKM Unand

Padang, Selasa (21/11), telah diadakan kegiatan Kuliah Tamu yang bertempat di kelas 3B-3C, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas,

JKN SelasaPadang, Selasa (21/11), telah diadakan kegiatan Kuliah Tamu yang bertempat di kelas 3B-3C, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Padang. Dengan mengangkat tema “JKN (Kepersertaan, Pelayanan Kesehatan) dan Permasalahannya)”.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian dosen dan juga Mahasiswa/i FKM Semester III jalur A dan B. yang berlansung dari pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.08 WIB. Agenda berlansung secara rapi,,teratur dan kondisional dari awal hingga akhir . Acara dipandu oleh MC tunggal yaitu Ibu Ayu yang merupakan salah satu dosen di FKM. Yang menjadikan kuliah umum kali ini istimewa yaitu sang pemateri yang merupakan kepala BPJS Kesehatan cabang Padang, Bapak Sisri Sembodo. Beliau memberikan materi secara jelas, terperinci, menarik, serta mudah dipahami sehingga mendapat feedback yang baik pula dari peserta.

Diakhir penyampaian materi oleh Bapak Sis, dibuka sesi pertanyaan yang memberi kesempatan kepada 3 penanya pertama. Respon yang aktif sangat terasa pada sesi ini, terlihat dari banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan.

Salah satunya pertanyaan dari mahasiswi FKM bernama rahma, mengatakan “terdapat satu kasus di pelosok dimana rata-rata yang ikut BPJS merupakan golongan menengah atas atau yang merupakan kerabat dekat dari wali nagari,sedangkan golongan menengah kebawah sangat minim pemahan tentang BPJS ini, istilah nya terabaikan, melihat kasus seperti ini,bagaimana tindakan dari BPJS sendiri? apakah sudah dilakukan sosialisasi? ” ujar Rahma.

Pertanyaan tersebut lansung direspon oleh Pak Sis sendiri, beliau mengatakan, “Sebenarnya sosialisasi bukan hanya tugas dari pihak BPJS saja namun peran aktif masyarakat umum juga sangat dibutuhkan untuk saling memberi pemahaman tentang kebaikan ikut BPJS kepada masyarakat lain. Dengan begitu, lambat laun bisa merubah dan menambah pemahaman masyarakat. Dan terkait perhatian yang tidak merata dari wali nagari, itu perlu dilakukan kunjungan lansung oleh pihak BPJS dan melakukan pendekatan kepada wali nagarinya guna memberi pemahaman lebih lanjut”. Begitu jawaban dari beliau yang langsung dipahami oleh sang penanya.

Acara berakhir dengan penutupan oleh MC secara formal dan diakhir penutupan sedikit ditambahkan oleh pemateri mengenai tantangan BPJS yang bisa menjadi info tambahan bagi peserta kuliah umum kali ini.

(Suci Desirman dan Rizky Ridhatul Tani)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Leave a Comment