JKN Kamis1

“The Implementation of DRGs as Provider Payment Mechanism in Indonesian National Health Insurance: The Challenges” dalam Kuliah Tamu FKM Unand Bersama Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid

Padang, Kamis (23/11) FKM Unand telah melaksanakan kuliah tamu bersama dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid, beliau merupalan

JKN Kamis2Padang, Kamis (23/11) FKM Unand telah melaksanakan kuliah tamu bersama dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid, beliau merupalan Profesor Ekonomi Kesehatan dari University Kebangsaan Malaysia dan sekarang menjabat sebagai Ketua Departemen Kesehatan Masyarakat di University of Kuwait. Beliau juga merupakan seorang konsultan Kementerian Kesehatan dalam pengembangan software INA-CBGs sebagai sistem casemix yang saat ini digunakan pada era JKN dalam pembayaran provider. Kuliah tamu dilaksanakan di lantai 3BC Gedung FKM Unand.

Pada kesempatan ini, FKM Unand melaksanakan kuliah tamu dengan  mengangkatkan tema “The Implementation of DRGs as Provider Payment Mechanism in Indonesian National Health Insurance: The Challenges”. Kuliah tamu dimulai pada pukul 15.00 WIB s.d 16.00. Tujuan dilaksanakannya perkuliahan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai sistem casemix yang ada di Indonesia terutama pada era JKN. Kuliah tamu dihadiri oleh Ketua Prodi IKM, para dosen dari departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) serta mahasiswa FKM Unand terutama mahasiswa dari Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK).

JKN Kamis3Kuliah tamu dimulai dengan presentasi materi yang disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid dan dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa tanya jawab antara mahasiswa FKM Unand dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid. Sepanjang presentasi yang diberikan mahasiswa terlihat antusias dengan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid tersebut. Hal ini juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa pada sesi diskusi. Dan pada akhir sesi kuliah tamu ditutup dengan melakukan sesi foto bersama dengan Prof. Dr. Syed Mohammed Aljunid.

“Pendapat saya tentang kuliah tamu hari ini, dapat mengetahui sistem casemix itu seperti apa, bagaimana penerapannya di Indonesia dan juga dapat berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sistem casemix dan lebih mengetahui sejauh apa penerapannya dalam sistem pembiayaan kesehatan di era JKN seperti pada sekarang ini.” Ujar Debi salah satu mahasiswa administrasi kebijakan kesehatan yang mengikuti kuliah tamu.

(Lidya Afriyani dan Intan Rabbul)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Leave a Comment