Roadshow1

Roadshow bersama Keluarga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas : FKM Go To School (Padang Panjang-Bukittinggi-Lubuk Basung)

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, sudah ada sejak tahun 2000 akan tetapi masih berada dibawah naungan

Roadshow3Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, sudah ada sejak tahun 2000 akan tetapi masih berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran yang pada waktu itu dikenal dengan nama PSIKM. Seiring berjalannya waktu, PSIKM dikembangkan menjadi fakultas tersendiri dengan nama Fakultas Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat akhirnya diresmikan tepat pada tanggal 13 Juli 2012 oleh Rektor Universitas Andalas saat itu, Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA.

Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari dua Program Studi (Prodi)  yaitu Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Prodi Ilmu Gizi. FKM Unand juga merupakan fakultas yag paling diminati setelah Fakultas Kedokteran. FKM Unand memiliki dosen-dosen yang sudah menempuh pendidikan S2 dan S3 pada umumnya.

Roadshow2Awal Februari ini, keluarga FKM Unand baru saja mengadakan roadshow yang bertemakan “FKM Go To School”. Roadshow ini berupa kegiatan sosialisai yang dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan FKM Unand kepada siswa yang duduk dibangku kelas tiga Sekolah Menegah Atas (SMA) jurusan IPA yang berada di daerah Padang Panjang, Bukittinggi dan Lubuk Basung.

Kegiatan roadshow ini diadakan pada tanggal 1-3 Februari 2018 dengan berkunjung ke sejumlah SMA yang ada di daerah Padang Panjang, Bukittinggi dan Lubuk Basung. Lebih kurang 12 SMA yang menjadi sasaran dari rangkaian acara roadshow FKM ini, diantaranya yaitu SMA 1 Padang Panjang, SMA 2 Padang Panjang, SMA 3 Padang Panjang, SMA 1 Sumatera Barat, SMA 1 Bukittinggi, SMA 3 Bukittinggi, SMA 4 Bukittinggi, SMA 5 Bukittinggi, SMA 1 Ampek Angkek, SMA 1 Lubuk Basung, SMA 2 Lubuk Basung dan SMA Agam Cendekia.

Roadshow4Roadshow kali ini melibatkan Bapak Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM Unand, dosen-dosen FKM Unand, staff akademik serta 20 orang mahasiswa/i FKM Unand yang terjun langsung ke sekolah-sekolah yang dituju. Kegiatan roadshow ini diawali dengan berkunjung ke sekolah-sekolah dan memberikan informasi beserta penyebaran pamflet dan juga pemutaran video terkait Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas.

Informasi yang disampaikan pada saat roadshow meliputi penjelasan mengenai FKM Unand secara detail seperti prodi yang dimiliki FKM Unand, departemen yang ada dalam FKM Unand, prospek kerja dari lulusan FKM Unand dan masih banyak lagi.

Roadshow6Di beberapa sekolah, kegiatan roadshow FKM Unand ini dilaksanakan dengan mengumpulkan siswa/i di aula ataupun mesjid sekolah, ada juga yang dilaksanakan dengan masuk ke kelas-kelas di masing-masing sekolah. Pihak sekolah yang dikunjungi menyambut baik kedatangan dari keluarga FKM Unand untuk mengenalkan FKM pada sekolah mereka. Namun tak dipungkiri ada juga beberapa sekolah yang tidak memberikan waktu untuk kegiatan sosialisasi.

Siswa/i dari sekolah yang dikunjungi sangat antusias dengan kedatangan Keluarga Fakultas Kesehatan Masyarakat, terlebih lagi terhadap Universitas Andalas yang sudah dikenal sebagai Perguruan Tinggi terbaik di luar Pulau Jawa. Tak sedikit siswa/i yang bertanya saat kegiatan roadshow ini. Berbagai pertanyaan terkait Fakultas Kesehatan Masyarakat dilontarkan oleh siswa/i pada saat kegiatan sosialisasi dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya meliputi, apakah ada asrama untuk mahasiswa FKM Unand, apa saja mata kuliah yang dihadapi di FKM Unand, apa saja beasiswa yang kira-kira bisa didapatkan dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Untuk siswa/i yang aktif bertanya akan mendapatkan reward dari FKM Unand. Sebagai kenang-kenangan, FKM Unand memberikan plakat kepada setiap SMA yang dikunjungi.

 

(Rista)

UKPM Pena KM FKM Unand

Leave a Comment