LKTI1

LKTI VI NASIONAL BEM KM FKM UNAND 2018 : “Youth Generationas The Innovators of Strategies In Improving Indomesia’s Public Helath Quality”

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Andalas, sukses mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan

LKTI2Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Andalas, sukses mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 pada hari Sabtu/17 Februari 2018. Acara ini diangkatkan oleh departemen Pendprofil BEM KM FKM Unand yang berlangsung di Seminar Gedung I Universitas Andalas.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 kali ini mengusung tema “Youth Generationas The Innovators of Strategies In Improving Indomesia’s Public Helath Quality”. Terdapat tiga kategori lomba pada tahun ini, yakni kategori Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk tingkat Mahasiswa se-Indonesia, Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat Siswa se-Sumbar, Riau dan Jambi; dan kategori terakhir yakni lomba Poster Ilmiah untuk Mahasiswa se-Indonesia. Persiapan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Ilmiah (LKTI) VI Nasional 2018 ini, dimulai dari bulan Juli 2017 dan final presentasi diadakan pada bulan Februari 2018.

LKTI3Acara final presentasi LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan penampilan tari Pasambahan dan disusul dengan Tilawatil Qur’an serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya penyampaian laporan dari ketua pelaksana LKTI VI Nasional 2018, Muhammad Agung Surya. Kemudian kata sambutan dari Gubernur KM FKM Unand 2018, Wakil Dekan III FKM Unand, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang. Acara LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 ini, dibuka langsung oleh Bapak Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM dan dr. Feri Mulyani Hamid, M.Biomed selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang sebagai perwakilan dari Wali Kota Padang.

Setelah acara final presentasi resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pembacaan CV juri. Juri LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 terdiri dari 4 orang yaitu Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed; Yori Yuliandra, M.Farm, Apt; Yudi Pradipta, S.K.M., M.Ph; Darwel, S.K.M., M.Epid.

Setelah pembacaan CV juri, acara dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018. Finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 terdiri dari 15 tim yang mana untuk masing-masing kategori lomba terdiri atas 5 tim. Finalis untuk kategori Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia dikuti oleh tim dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Intitut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Yogyakarta ,dan Intitut Teknologi Bandung. Finalis untuk kategori Karya Tulis Ilmiah tingkat Siswa se-Sumbar, Riau dan Jambi diikuti oleh tim dari  SMK SMTI Padang (2 tim) , MAN 1 Kuansing Riau, SMA 2 Sawahlunto, dan SMAN 1 Sitiung. Finalis untuk kategori Poster Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia diikuti oleh Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jakarta,dan Universtitas Sebelas Maret.

LKTI5Setelah pembacaan peraturan presentasi, para finalis kategori Karya Tulis Ilmiah maju ke depan sesuai nomor lot yang didapat untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Setiap tim mempunyai waktu 6 menit untuk mempresentasikan karya mereka dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri selama 14 menit. Sedangkan untuk kategori Poster Ilmiah, semua finalis maju ke depan dan berdiri di depan poster mereka masing-masing yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri tanpa melakukan presentasi.  Sesi presentasi diselingi dengan hiburan dari penampilan akustik dan penampilan musik kontemporer tradisional FKM Unand.

Setelah sebelumnya melalui seleksi abstrak kemudian masuk kebabak final dan melakukan presentasi dihadapan para juri, maka pukul 15.00 WIB merupakan waktu yang ditunggu – tunggu oleh para finalis LKTI VI Nasional FKM Unand 2018 untuk mengetahui siapa pemenangnya. Sembari menunggu pemenangnya, para finalis dihibur dengan pemutaran video perkenalan FKM Unand dan video panitia LKTI VI Nasional FKM Unand 2018.

 Pemenang untuk kategori lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa se-Indonesia adalah Juara 1 diraih oleh Institut Teknologi Bandung, Juara 2 diraih oleh Universitas Padjadjaran, Juara 3 diraih oleh Universitas Gadjah Mada, Harapan 1 diraih oleh IPB dan Harapan 2 diraih oleh UNY.

Pemenang untuk Karya Tulis Ilmiah tingkat Siswa adalah juara 1 diraih oleh SMAN 1 Sitiung, juara 2 diraih oleh  SMK SMTI Padang, juara 3 diraih oleh MAN 1 Kuansing Riau,  Harapan 1 diraiih oleh SMAN 2 Sawahlunto dan Harapan 2 diraih oleh SMK SMTI Padang.

Pemenang untuk kategori lomba Poster Ilmiah tingkat Mahasiswa adalah Juara 1 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, Juara 2 diraih oleh Universitas Brawijaya, Juara 3 diraih oleh Universitas Sebelas Maret, Harapan 1 diraih oleh Universitas Andalas dan Harapan 2 diraih oleh Universitas Jember.

Acara ditutup dengan memberikan hadiah kepada para pemenang dan pemberian kenang-kenangan kepada dewan juri serta foto bersama dengan para pemenang.

“Tentu saja untuk mengangkatkan acara tingkat nasional bukanlah hal yang mudah, banyak permasalahan yang muncul walaupun begitu acara LKTI ini berjalan dengan lancar dan baik, saya harap semoga LKTI VII Nasional lebih bagus lagi dari LKTI VI Nasional FKM Unand” ungkap Ketua Pelaksana LKTI VI Nasional FKM Unand 2018, Muhammad Agung Surya.

(Iradatul Aini dan Rista)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Pin It

Leave a Comment