Pengmas Blood1

Donor Darah Gratis Bersama BEM KM FKM Unand Pengmas Blood : Share Your Blood, Share Your Care

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada  Rabu (28/2) dan Kamis (1/3), baru saja diadakan kegiatan donor darah bertajuk

Pengmas Blood2Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada  Rabu (28/2) dan Kamis (1/3), baru saja diadakan kegiatan donor darah bertajuk Pengmas Blood yang bertempat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, Jati. Kegiatan yang merupakan program Departement Pengabdian Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Keluarga Mahasiswa (KM), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk menolong sesama khususnya civitas akademis dan mahasiswa FKM, memfasilitasi pendonor darah, membantu PMI untuk pemenuhan pasokan darah, serta mendata pendonor aktif yang selaras dengan tema yang diangkat pada awal tahun 2018 ini, yaitu “Share your blood, share your care”.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB di hari pertama, sedangkan untuk hari kedua berakhir pada pukul 16.00 WIB. Dalam dua hari, kegiatan dengan ketua pelaksana Ratih Putri Kemala ini telah diikuti oleh 71 orang. Hal ini menandakan bahwa adanya animo yang cukup besar dari Mahasiswa FKM Unand untuk melakukan donor darah.

Pengmas Blood3Untuk bisa berpartisipasi dalam mendonorkan darah, para calon pendonor mengisi formulir yang telah disediakan. Salah satu isian di dalam formulir tersebut adalah berat badan, dan jika tidak mengetahui berat badannya sudah disediakan timbangan untuk mengukur di tempat. Bagi yang baru pertama kali melakukan donor darah maka formulir diserahkan kepada pihak dari PMI yang ikut mendampingi di kegiatan ini. Sedangkan bagi yang sudah pernah berpartisipasi dalam donor darah sebelumnya, dapat menyerahkan kartu donor darah beserta formulir yang sudah diisi. Setelah pengisian formulir, calon pendonor akan melakukan pengecekan kesehatan untuk memastikan bisa mendonor atau tidak, termasuk di dalamnya pengecekan tekanan darah (tensi), hb, serta golongan darah. Setelah melakukan tes kesehatan dan dinyatakan bisa mendonorkan darah, calon pendonor diminta untuk menunggu giliran ke mobil PMI untuk mendonorkan darahnya. Selesai melakukan pendonoran darah, para pendonor mendapatkan bingkisan yang telah disediakan serta kartu pendonor.

(Annisa Nurul Izza dan Sharfina)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Leave a Comment