PHOTO-2018-09-01-10-37-08

Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND

Sabtu, (1/9) telah diselenggarakan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND di Unand Convention Hall Kampus Unand

IMG_0238Sabtu, (1/9) telah diselenggarakan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND di Unand Convention Hall Kampus Unand Limau Manis. Acara dibuka dengan pembacaan ayat Suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Germas dan Tari Pasambahan. Selanjutnya acara dilanjutakan dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Departemen Gizi dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D. Acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, SE., MBA., PhD. Dalam kesempatan ini  dilakukan juga Pembacaan komitmen FKM dan Dinas Kesehatan mengenai germas oleh Dinas Kesehatan dan juga Pengukuhan alumni.

IMG_0231Departement Gizi Masyarakat FKM UNAND selaku panitia menyelenggarakan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND dengan Tema “Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai Solusi Pencegahan Stunting dan Penyakit Degeneratif ” yang bertempat di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas, Limau Manis.

Tujuan dari Kegiatan Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang gerakan masyarakat sehat dalam penanganan masalah stuntingdan penyakit degeneratif di Indonesia.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang gizi seimbang dalam penanganan masalah stunting dan penyakit degenaratif di Indonesia.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang transisi epidemiologi penyakit degeneratif di Indonesia
  4. Meningkatka peran sarjana kesehatan masyarakat dalam pencegahan penyakit degeneratif.
  5. Meningkatkan kepedulian seluruh komponen yang terkait dengan permasalahan stuntingdan penyakit degeneratif yang terjadi di Indonesia dan mampu melakukan kegiatan serta aksi dalam penanganan masalah tersebut.
  6. Terjalinnya kerjasama antar praktisi, akademisi dan masyarakat dalam penanganan permasalahan kesehatan khususnya permasalahan stunting dan penyakit degeneratif.

Seminar Nasional Gizi dan Raker IKA FKM UNAND menghadirkan Keynote Speaker : H. Asman Abnur, SE, M.Si (Ketua IKA DPP UNAND) – Peluang dan Tantangan Tenaga Kesehatan Masyarakat sebagai Aparatur Negara Dalam Menghadapai Era Persaingan Global . Dengan Pembicara :

  1. Handayani, SKM, M. Kes(Anggota Komisi IX DPR RI) – Peran Pemerintah Indonesia dan Masyarakat dalam mengimplementasikan GERMAS.
  2. Hj. Mery Yuliesday, MARS (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat) – Kebijakan dan Peran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mengimplementasikan GERMAS dalam Pencegahan Stunting dan Penyakit Degeneratif.
  3. Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD (Dekan FKM Universitas Andalas) – Transisi Epidemiologi Penyakit Degeneratif dan Peran Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Degenaratif
  4. Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed (Ketua Departemen Gizi Masyarakat FKM Universitas Andalas) – Peranan Gizi Seimbang pada 1000 HPK dalam Mencegah Stunting dan Penyakit Degeneratif

Fakultas Kesehatan Masyarakat memandang perlu untuk mengadakan kegiatan seminar nasional ini sebagai satu upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi masalah stunting dan penyakit degeneratif melalui upaya Gerakan Masyarakat (GERMAS).

Leave a Comment