pengabmas 2018

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen FKM UNAND : “AYO! MARI RUTIN PERIKSA TEKANAN DARAH SEJAK USIA MUDA”

Tim dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengadakan Pengabdian Masyarakat sebagai wujud salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan

pengabmas 20181Tim dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengadakan Pengabdian Masyarakat sebagai wujud salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memberikan pelayanan bagi masyarakat sebagai aplikasi atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang pencegahan penyakit.

Pengabdian masyarakat kali ini bertajuk “Sosialisasi Hipertensi dan Pengukuran Tekanan Darah pada Kelompok Usia Dewasa Muda sebagai Upaya Deteksi Dini Kejadian Hipertensi”. Bertempat di kawasan Gor H. Agus Salim Padang, kegiatan ini menyasar kawula muda untuk memeriksakan takanan darah secara rutin. Seperti yang sampaikan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat Yudi Pradipta, SKM, MPH yang ditemui saat acara berlangsung, “Hipertensi merupakan pemicu penyakit degeneratif seperti stroke dan penyakit jantung dan trennya sekarang semakin banyak terjadi di usia muda. Pengukuran tekanan darah secara rutin merupakan salah satu upaya yang diharapkan dapat mengantisipasi meningkatnya prevalensi hipertensi”.

unnamedPemeriksaan tekanan darah dilakukan oleh 2 orang tenaga bidan dan dilanjutkan dengan sosialisasi seputar hipertensi dan pencegahannya oleh seluruh tenaga kesehatan (Bidan dan tenaga Ahli Kesehatan Masyarakat) secara personal kepada masyarakat yang memeriksakan tekanan darah.

“Masyarakat diharapkan memiliki kesadaran untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin di fasilitas pelayanan kesehatan salah satunya melalui kegiatan ini”. Tambah Nengsih Purnama Sari, SKM (19/08/2018).

Leave a Comment