donor20182

BEM KM FKM Unand Luncurkan Pengmas Blood 2

BEM KM FKM Unand mengadakan kegiatan donor darah yang diberi nama Pengmas Blood. Acara Pengmas Blood ini diangkatkan

donor20181BEM KM FKM Unand mengadakan kegiatan donor darah yang diberi nama Pengmas Blood. Acara Pengmas Blood ini diangkatkan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM KM FKM UNAND. Pengmas Blood yang dilaksanakan pada 13-14 September 2018 ini merupakan kegiatan donor darah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh BEM KM FKM Unand pada tahun ini.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di depan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Jati, Padang. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB yang dilaksanakan selama 2 hari. Tema untuk Pengmas Blood kali ini adalah “Share Your Blood Share Your Care”. Makna tema tersebut untuk kegiatan ini adalah pendonor dapat saling berbagi dengan yang membutuhkan melalui darah yang didonorkannya dan dapat membantu sesama.

Pendonor yang akan mendonorkan darahnya terlebih dahulu harus dicek berat badannya, Hb darahnya, tensi darah nya, dan lain-lain. Setelah petugas kesehatan menjamin bahwa darah pendonor tersebut layak untuk didonorkan, maka pendonor diarahkan untuk masuk ke dalam sebuah bus yang khusus untuk tempat mendonorkan darah. Setelah selesai melakukan donor darah, pendonor mendapatkan bingkisan yang terdiri dari susu kotak, mie instan cup, dan roti.

Pengmas Blood 2 mendapatkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa maupun para civitas akademika. Hal ini terlihat dari ramainya orang yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah pendonor untuk Pengmas Blood ini mencapai 67 orang, dengan pembagian 24 orang pendonor di hari pertama dan 43 orang pendonor di hari kedua. Pengmas Blood mendapatkan animo yang tinggi juga dari luar FKM Unand, oleh karena itu Pengmas Blood kali ini dibuka untuk umum.

Harapan setelah diadakannya Pengmas Blood ini yaitu dapat meningkatkan rasa kepedulian warga FKM terhadap donor darah dan tidak lagi merasa takut di suntik untuk donor darah karena selain dapat menolong orang lain donor darah juga memberikan kesehatan bagi si pendonor . (Salsabila Syifa Syauqiyah)

Leave a Comment