KDM20181

UKM SAFE BEM KM FKM Unand Galang Aksi Pemberdayaan Masyarakat melalui Kemah Dosen Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scout Action For Empowerment (SAFE) FKM Unand baru saja mengadakan kegiatan Kemah Dosen Mahasiswa.

KDM20182Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scout Action For Empowerment (SAFE) FKM Unand baru saja mengadakan kegiatan Kemah Dosen Mahasiswa. Kemah Dosen Mahasiswa atau yang disingkat dengan KDM ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kepramukaan UKM SAFE. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 15-16 September 2018 yang bertempat di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Kemah Dosen Mahasiswa ini merupakan kegiatan tahunan yang ditunggu-tunggu oleh pengurus UKM SAFE, dosen-dosen FKM Unand, dan mahasiswa FKM Unand. Tahun ini, Kegiatan Kemah Dosen Mahasiswa mengangkatkan tema “Bangkitlah tunas muda menuju pribadi mandiri, berani dan berbudi”. Peserta Kemah Dosen Mahasiswa ini meliputi dosen-dosen FKM, Pengurus UKM SAFE, dan Pengurus Magang UKM SAFE.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan pemasangan tenda dan acara pembukaan Kemah Dosen Mahasiswa yang dihadiri oleh perwakilan dosen FKM Unand yaitu Apriyanti, S.K.M, M.Kes, Rahmat Syafrianto selaku Wakil Gubernur BEM KM FKM Unand, dan pimpinan di lingkungan setempat yang meliputi Camat, Lurah, Ketua RT, Ketua RW, Kepala LPM, Ketua Pemuda. Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pembukaan magang yang dipimpin oleh Atikah Wulandari selaku Ketua UKM SAFE. Lalu, dilanjutkan dengan upacara api unggun yang diikuti oleh setiap peserta. Setelah upacara api unggun berakhir, acara semakin meriah dengan adanya penampilan bakat dari peserta.

Dihari pertama, hadir juga Gurila Rescue Sumatera Barat yang merupakan organisasi relawan yang bergerak di bidang kepramukaan dan kebencanaan. Organisasi ini memberika materi kepada peserta KDM mengenai pemasangan tenda dan juga membantu peserta dalam mendirikan tenda.

KDM20183Pada hari kedua, kegiatan KDM dimulai sejak pagi dengan senam pagi bersama warga sekitar. Setelah itu dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar dan penanaman toga serta sayur. Beberapa saat setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan tentang kesehatan ke rumah-rumah warga sekitar. Acara ditutup oleh pembina UKM SAFE yaitu Nizwardi Azka, S.K.M, MPPM, M.Pd, M.Si yang juga turut dihadiri oleh pimpinan di lingkungan setempat.

Kemah Dosen Mahasiswa ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar dosen-dosen FKM Unand, mahasiswa dan masyarakat yang ada di lingkungan setempat. Selain itu, KDM ini juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat dimana dalam KDM ini terdapat kegiatan-kegiatan yang berbasis masyarakat seperti gotong royong bersama, penanaman bibit sayur dan toga, dan pemberian penyuluhan. (Clarita Tiffany)

 

Leave a Comment