KAHFI20181

UKM Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand Ajak Pemuda Untuk Istiqomah Melalui Sinar Alpha

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand sukses mengadakan acara untuk memperingati 1 Muharram yang

KAHFI20183Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Kahfi PH BEM KM FKM Unand sukses mengadakan acara untuk memperingati 1 Muharram yang diberi nama “Sinar Alpha”. Sinar Alpha ini diadakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 14-16 September 2018. Tahun ini, Sinar Alpha mengangkat tema “Istiqomah Colouring Your Day with Inspiring Islamic Day”. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKM Unand yaitu Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed.

Sinar Alpha merupakan sebuah acara yang dipersembahkan oleh UKM Al-Kahfi yang rutin diadakan setiap tahunnya yang berisi berbagai macam kegiatan seperti Seminar Kemuslimahan, Lomba Cerdas Cermat Islam, Musabaqah Khatil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Hizhil Quran, serta Kajian dan Tanya Jawab Seputar Kesehatan Islam.  Sinar Alpha dibuka untuk umum dan diadakan dengan tujuan untuk mensyiarkan agama Islam secara istiqomah dan meningkatkan silaturahmi antar sesama umat muslim khususnya dengan mahasiswa FKM Unand dan alumni UKM Al-Kahfi serta peserta lomba.

Acara Sinar Alpha diawali dengan Seminar Kemuslimahan yang dilaksanakan pada Jumat (14/9) bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Unand, Jati. Seminar kemuslimahan kali ini mengangkat topic pembicaraan mengenai “Great Muslimah Starter Kit : Hablumminallah, Hablumminannas, Prestasi Oke!” dengan mendatangkan pemateri yang luar biasa yaitu Afnesha N. Chang, S.Pd, M.A yang juga merupakan Co-Founder & CPO blajar.id. Setelah Seminar Kemuslimahan berakhir, acara dilanjutkan dengan Musabaqah Fahmil Quran yang diadakan pada tempat yang sama.

Hari berikutnya, acara dilanjutkan dengan perlombaan Cerdas Cermat Islam dan Kesehatan, Musabaqah Hizhil Quran, Musabaqah Khatil Quran yang bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Unand, Jati, Padang.

KAHFI20182Pergelaran rangkaian kegiatan di Sinar Alpha ini ditutup dengan acara Kajian dan Tanya Jawab Seputar Kesehatan Islam bersama Ustadz dr. Raehanul Bahraen. Beliau merupakan seorang hafizhahullah dan juga sebagai Koordinator Indonesia Bertauhid, Pembina KIPMI, serta sebagai Kontributor situs muslim.or.id dan kesehatanmuslim.com. Kegiatan ini membahas topik mengenai Sunnah- Sunnah Nabi tentang Kesehatan dan Tanya Jawab Vaksinasi, KB, & Kedokteran Islam. Selain itu, pada kajian dan tanya jawab ini juga membahas mengenai Manajemen Waktu Belajar Agama Bagi Mahasiswa/Bagi yang Sibuk, serta membahas Penyakit Hati, Tinjauan Syariat dan Medis. Kajian dan Tanya Jawab Seputar Kesehatan Islam ini dilaksanakan di Masjid Jabal Rahmah dan dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

Harapan setelah diselenggarakannya Sinar Alpha ini adalah dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta tentang syiar agama Islam dan menjadi ladang pahala bagi semua umat muslim. (Dinda Aulia R Putri dan Clarita Tiffany)

Leave a Comment