PENAEXPO20181

Pena Expo 2018 FKM UNAND

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Pena Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

PENAEXPO20182Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Pena Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas baru saja mengadakan acara Pena Expo 2018, yang merupakan lomba jurnalistik untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam menulis serta membuat karya yang kreatif dan menarik. Puncak dari acara ini merupakan pengumuman pemenang sekaligus penyampaian materi mengenai jurnalistik yang diadakan di Gedung Seminar E, Universitas Andalas, Padang pada Sabtu, 22 September 2018.

Mengusung tema ‘Tunjukkan Kontribusi, Nyatakan dengan Karya’, Pena Expo 2018 mengadakan lomba-lomba jurnalistik, yaitu cipta puisi, cipta cerpen, menulis esai, fotografi, dan lomba poster. Hal yang sedikit membedakan antara Pena Expo tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah cakupan peserta yang lebih luas, jika sebelumnya hanya mencakupi mahasiswa Universitas Andalas saja kini mahasiswa Perguruan Tinggi se-Kota Padang dapat mengikuti lomba ini.

Selain itu, ada beberapa ketentuan lomba yang perlu diperhatikan oleh para peserta, di antaranya tulisan harus orisinil, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Masing-masing cabang lomba juga memiliki sub-tema tersendiri, yaitu ‘Suara Pemuda Untuk Indonesia’ untuk lomba cipta puisi, ‘Inovasi Generasi Muda dalam Pembangunan Indonesia Berkelanjutan’ untuk lomba menulis esai, ‘Realitas Pemuda Indonesia’ untuk lomba fotografi, ‘Pemuda Berkarya’ untuk lomba poster, serta tema bebas untuk lomba cipta cerpen.

PENAEXPO20183Hasil karya peserta dinilai oleh juri-juri yang sudah ahli di bidangnya, yaitu Reno Mardhatillah Sabrina, S.Pd., Arif Purnama Putra, Axvel Gion Revo S.Psi. (Ketua Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatera Barat), serta Kanadi Warman, S.Sos.. Para juri ini selanjutnya juga ikut mengisi dalam sesi Sharing & Hearing pada acara Pena Expo.

Acara puncak dari Pena Expo dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya penyampaian kata sambutan dari berbagai pihak terkait dan diakhiri dengan pembukaan acara Pena Expo secara resmi oleh Wakil Dekan III FKM Unand, Bapak Dr. Masrizal dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed. Acara semakin meriah dengan adanya penampilan seni tari dan live acoustic. Kemudian, hal yang juga berbeda dengan Pena Expo tahun sebelumnya, ada penyampaian materi oleh Arif Rahman Hakim, S.Hum. mengenai ‘Menulis Itu Penting’. Sebagian peserta terlihat antusias dalam mendengarkan dan ikut bertanya kepada pemateri tersebut.

Selanjutnya, hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta Pena Expo, yaitu pengumuman pemenang. Untuk lomba poster dimenangkan oleh Bachrul Helmy dari Universitas Andalas yang juga merupakan pemenang Pena Expo tahun sebelumnya, lalu lomba fotografi dimenangkan oleh Sugeng Wahyu Prasetyo dari STKIP PGRI Sumatera Barat. Kemudian juara satu lomba menulis esai diraih oleh A. Fajri Alvi dari Universitas Negeri Padang dan juara keduanya diraih Yolanda Safitri dari Universitas Andalas. Untuk lomba puisi juara 1 diraih oleh Mulyadi dari STKIP PGRI Sumatera Barat, juara 2 diraih Rion Albukhari dari Universitas Andalas, dan juara 3 diraih Iga Oktorinita dari Universitas Andalas. Terakhir dari cabang lomba cipta cerpen, juara 1 diraih oleh Eka Saputri dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lppn, juara 2 diraih Devin Mahendika dari Universitas Andalas, dan juara 3 diraih Meili Junita dari Universitas Negeri Padang.

Acara puncak Pena Expo ini, diakhiri dengan foto bersama para juara, pemateri dan juri, peserta dan para panitia Pena Expo 2018. Akhirnya, dengan diadakannya Pena Expo diharapkan dapat menjadi wadah terlahirnya karya-karya hebat dengan ide-ide kreatif dan menarik. (Annisa Nurul Izza / PENA FKM)

Leave a Comment