PKM20183

FKM Unand Bangun Motivasi Mahasiswa Menuju Pimnas Ke-32 melalui Talkshow PKM

Jumat (2/11), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengadakan Talkshow PKM yang

PKM20181Jumat (2/11), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengadakan Talkshow PKM yang ditujukan untuk mahasiswa FKM Unand. Talkshow PKM sendiri diangkatkan oleh Departemen Pendidikan Profesi dan Ilmiah (Pendprofil) BEM KM FKM Unand yang dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi, Jati, Padang.

PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, serta menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Tahun ini, Talkshow PKM mengangkat tema “ Get Medals in Your Hand” dengan mengundang pemateri yang telah memiliki banyak pengalaman dalam kegiatan PKM yaitu Hasdi Putra, M.T dan Andre Rizki Naldi. Pemateri pertama yaitu Hasdi Putra yang merupakan salah satu anggota tim reviewer PKM Unand sekaligus ketua jurusan Sistem Informasi Unand. Sedangkan pemateri kedua, Andre Rizki Naldi adalah pemenang medali emas pada Pimnas ke-31 dalam kategori Poster dengan judul karya “Rancang Bangun Seismometer Gerak Vertikal Menggunakan Prinsip Gaya Pegas dan Penginderaan Medan Magnet”.

PKM20182Talkshow PKM dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKM Unand yaitu Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed. Setelah dibuka, acara diambil oleh Muhammad Rinaldo selaku moderator.  Andre Rizki Naldi yang juga merupakan mahasiswa FMIPA Unand ini membagikan pengalaman dan perjuangannya dalam mengikuti PKM hingga mendapatkan medali emas. Sementara itu, Hasdi Putra, M.T membeberkan beberapa tips dalam membuat proposal PKM agar dapat didanai oleh Dikti dan melaju ke Pimnas.

Peserta talkshow terlihat antusias mendengarkan materi dan pengalaman yang disampaikan oleh pemateri. Suasana semakin riuh saat Andre menyebutkan bonus diterimanya saat ia dan timnya mendapatkan medali emas.

Wakil Dekan III FKM Unand berharap dengan adanya Talkshow PKM ini, mahasiswa dapat termotivasi dalam membuat proposal PKM dan berharap agar tahun depan FKM Unand dapat memiliki tim PKM yang melaju sampai Pimnas ke-32. Beliau juga menambahkan, bagi mahasiswa yang telah melakukan proses input proposal dan lolos ke Pimnas maka pihak fakultas akan memberikan bonus. (Clarita Tiffany & ICY FKM)

Leave a Comment