Lokakarya Evaluasi Proses belajar Mengajar FKM Unand

  Padang – Selasa-Rabu, 10-11 Juli 2019, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan kegiatan lokakarya evaluasi

 

Padang – Selasa-Rabu, 10-11 Juli 2019, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan kegiatan lokakarya evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran 2018/2019 sekaligus persiapan PBM tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan lokakarya ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan FKM UNAND di masa transisi akhir tahun ajaran menuju tahun ajaran baru dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika FKM UNAND. Tahun ini lokakarya diselenggarakan di ruang seminar Gedung F Universitas Andalas.

Acara lokakarya berlangsung tertib. Rangkaian acara diawali dengan kata sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh panitia pelaksana serta para pimpinan FKM UNAND. Menurut Defriman Djafri, SKM., MKM., PhD, Dekan FKM UNAND, kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menjadi momen yang dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meninjau apa saja kekurangan serta permasalahan yang terjadi dalam kurun satu tahun ajaran terakhir, baik dalam hal penyelenggaraan perkuliahan, pengajaran, praktikum, dan sebagainya, sehingga hal serupa dapat dihindari agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Rangkaian acara berlangsung dua hari mulai pukul 08.30 hingga 16.30. Penyampaian materi dibagi dalam beberapa sesi, antara lain materi yang disampaikan oleh jajaran pimpinan dan dosen FKM UNAND seperti Penyampaian Peraturan Akademik Unand tahun 2019, Update Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2019, Update Kurikulum Prodi oleh Kaprodi IKM dan Kaprodi gizi, Evaluasi Pelaksanaan perkuliahan oleh setiap Ketua Departemen (AKK, Epidemiologi, Gizi, K3/kesling dan Kesehatan Reproduksi), Evaluasi PBL, Magang, Skripsi dan Kepaniteraan, Evaluasi Kurikulum dan Rencana Tindak Lanjut Masalah Akademik, serta Evaluasi berikut Persiapan Audit Internal tahun 2019. Selain itu, juga terdapat sesi yang menghadirkan pemateri eksternal seperti penyampaian materi Blended Learning dari LP3M Unand, serta Forum Group Discussion (FGD) dengan BPBD Kota Padang, BPBD Provinsi Sumatera Barat, Damkar Kota Padang, Damkar Provinsi Sumatera Barat dan BNN mengenai peluang kerjasama serta masukan untuk kurikulum prodi. Acara kemudian ditutup oleh Dr. Azrimaidaliza, SKM., MKM dekan 1 FKM UNAND.

Adapun hal menarik yang membedakan kegiatan lokakarya tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya ialah adanya penambahan peserta dalam jumlah yang signifikan, yaitu dengan turut hadirnya para dosen muda Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) FKM UNAND yang baru saja mulai bertugas awal juni 2019 lalu sebanyak 24 orang.

Pin It

Leave a Comment