Andalas Internasional Public Health Conference FKM Unand (AIPHC 2019)

AIPHC 2019: Konferensi Internasional Dari FKM Unand     Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) kembali sukses

AIPHC 2019: Konferensi Internasional Dari FKM Unand

 

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) kembali sukses mengadakan Andalas International Public Health Conference (AIPHC) 2019 di Pangeran Beach Hotel, Padang. Acara ini diadakan selama 3 hari, tepatnya dari hari Rabu, 9 Oktober 2019 hingga Jumat, 11 Oktober 2019 di Sati Ballroom.

AIPHC merupakan konferensi tahunan yang diadakan oleh FKM Unand dan AIPHC tahun ini merupakan tingkat Internasional kedua setelah yang hdiadakan pada tahun 2017 sebelumnya. AIPHC memfasilitasi pembicaraan dan gerakan inovasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui diskusi, presentasi penelitian, seminar, publikasi, dan lainnya. Tujuan dari diadakannya AIPHC tahun ini adalah untuk memperkuat promosi kesehatan dan upaya pencegahan penyakit untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan SDGs. Karena itulah tema yang diusung AIPHC kali ini adalah “Advancing Health Promotion & Disease Prevention to Improve The Quality of Life for Achieving SDGs“. Tema utama ini kemudian dibahas dalam tiga diskusi panel oleh ahli kesehatan masyarakat bereputasi internasional dengan Sub-Tema (1) Elaboration of Health-Literacy Issues In Various Countries (Elaborasi Permasalahan Literasi-Kesehatan di Berbagai Negara), (2) Innovation In The Disease Preventive Intervention and Health Resources (Inovasi dalam Intervensi Pencegahan Penyakit dan Sumber Daya Kesehatan), dan (3) Elaboration of Food and Nutrition Issues for People In Various Countries (Elaborasi Masalah Pangan dan Gizi untuk Masyarakat di Berbagai Negara).

 

 

Rangkaian acara ini dimulai dengan pre-conference workshop pada hari pertama dengan judul Systematic Review and Meta-Analysis oleh Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M., Ph.D.

Puncak acara yaitu pada hari selanjutnya dengan kegiatan conference dari beberapa pembicara yang sudah diundang. Hari kedua acara diawali dengan pembukaan formal berupa pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’, dan penampilan Tari Pasambahan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Denas Symond, MCN selaku Ketua Pelaksana AIPHC 2019, Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M., Ph.D selaku Dekan FKM Unand, serta dari Prof. Dr. Dachriyanus, Apt. selaku Wakil Rektor I Unand sekaligus meresmikan dibukanya AIPHC 2019.

Konferensi kali ini turut menghadirkan beberapa pembicara dari dalam dan luar negri yaitu Ravi K. Menon, MBA dari Global Alliance of Improved Nutrition (GAIN), Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah, M.S. dari Pergizi Pangan Indonesia, Assoc. Prof. Aniza Ismail, MD, M.Comm.Health, Ph.D., Prof Chien-Yeh Hsu dari Nationa Taipei University of Nursing Science, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D dari Universitas Gadjah Mada, serta Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M., Ph.D dan Dr. Denas Symond, MCN dari FKM Unand. Sayangnya pembicara lainnya seperti Prof. Umesh Kapil dari Institute of Liver & Billiary Sciences India dan Dr. Jane Taylor dari University of The Sunshine Coast Australia tidak dapat hadir. AIPHC 2019 juga mempresentasikan hasil penelitian bidang kesehatan masyarakat secara oral maupun poster dengan 10 Sub-Tema yang sudah diumumkan sebelumnya.

Acara pada hari kedua diakhiri dengan Gala Dinner di Ballroom Sati Pangeran Beach Hotel. Gala Dinner ini turut dimeriahkan oleh berbagai penampilan yang disuguhkan oleh mahasiswa dari FKM Unand, seperti penampilan akustik dan Randai Kreasi oleh Klub Seni FKM Unand.

Hari terakhir diadakannya AIPHC 2019 kembali melanjutkan diskusi panel serta oral presentation dari hari sebelumnya. Ada pula workshop dari Global Alliance of Improved Nutrition (GAIN) yang diadakan di Ruang Batuah. Acara ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Presentasi Terbaik, 4 Sesi dengan Presentasi Terbaik, serta Poster Terbaik. Setelah itu, penyampaian ucapan terima kasih dan penutup dari Ketua Pelaksana AIPHC 2019, Dr. Denas Symond, MCN, yang dilanjutkan penampilan Tari Rantak resmi menutup rangkaian acara AIPHC 2019.

(Annisa Nurul Izza)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

___________________________________

Generasi Cakrawala

Leave a Comment