Hasil Survey Pemahaman Visi & Misi Prodi S1-Kesmas

Untuk mengetahui sejauh mana civitas akademika FKM UNAND tau dan memahami Visi dan Misi dari Prodi S1 Kesmas, maka dilakukan lah survei. Survei dilaksanakan selama beberapa hari dengan sasarannya adalah seluruh element dari civitas akademika. Berikut hasil dari survei tersebut.

Setelah beberapa hari dilakukan survei didapati jumlah total responden adalah 231orang dengan rincian 75,5 % adalah mahasiswa, dan 25% lainnya adalah termasuk dosen, tenaga kependidikan, dan alumni.

Dari total responden yang ada 75,3%, sudah bergabung di FKM UNAND sekitar 1-5 tahun, 19,5% responden lainnya baru bergabung kurang dari 1 tahun lalu. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar civitas akademika bukanlah orang yang baru di FKM UNAND, sehingga dapat diasumsikan bahwa civitas akademika mampu memahami visi dan misi dari Prodi S1 Kesmas dengan baik.

Dari diagram diatas didapatkan bahwa 95,6% responden sudah pernah membaca visi dan misi prodi S1 Kesmas. Hasil survei diatas menunjukan bahwa penginformasian atau publikasi Visi dan Misi S1 IKM kepada seluruh civitas akademika sudah baik.

Jika diihat dari diagram diatas, media yang paling efektif dalam publikasi Visi dan misi Prodi S1 Kesmas adalah papan informasi digedung FKM. Hal ini dapat tampak dari poling terbanyak yang dipilih responden atas sumber informasi tentang visi dan misi yang mereka dapatkan.

Jika ditinjau dari memadainya informasi tentang Visi dan Misi Prodi S1 Kesmas di Kampus FKM UNAND, maka 50.6% responden menyatakan “sangat setuju” 32,9% menyatakan “Setuju”. Artinya dapat disimpulan bahwa informasi tentang visi dan misi tersebut sudah memadai.

Jika ditinjau dari baiknya tingkat kepahaman responden terhadap Visi dan Misi Prodi S1 Kesmas, maka 40.3% responden menyatakan “sangat setuju” atau sangat paham. 40,3% lainya menyatakan “setuju” atau paham. Sedangkan sebagian kecil lebihnya menyatakan kurang paham dan tidak paham. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman civitas akademika terhadap Visi dan Misi S1 Prodi Kesmas sudah cukup baik.

Jika dilihat dari diagram diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan di Prodi S1 Kesmas, civitas akademika sudah menjadikan Visi dan Misi sebagai acuan dalam berkegiatan. Hal itu terlihat dari 34,2% responden yang menyatakan sangat setuju, 42,4% menyatakan setuju.

Berdasarkan hasil survei tentang hal yang paling tercermin dari Visi dan Misi S1 Prodi Kesmas, didapatkan hasilnya bahwa ceriman dari Visi dan Misi S1 Prodi Kesmas yang paling dominan adalah pada Kurikulum, Proses pembelajaran, kompetensi lulusan, dan kkompetensi dosen. Rinciannya adalah 73,2 % civitas akademika menyatakan cerminan yang paing terlihat adalah pada kurikulum yang ada di Prodi. 71% menyatakan tercermin pada proses pembelajaran. 55,9% menyatakan pada kompetensi lulusan. 53,7% menyatakan pada kompetensi dosen.

Dari diagram dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa seluruh element civitas akademika di lingkup Prodi Kesmas sepakat agar spesifikasi S1 Prodi Kesmas dalam bidang kebencanaan masih relevan dan perlu dipertahankan. Hal ini Nampak dari 96,1% responden yang menyatakan “ya” atau sepakat menyatakan perlu di pertahankan.

Pin It

Leave a Comment