Berdirinya Program Studi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (PSIKM FKM Unand) berawal dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (PSIKM FK UNAND) yang berdiri pada tahun 2000 seiring dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Dirjen Perguruan Tinggi No. 400/DIKTI/Kep/2000 tanggal 30 November 2000 dengan tujuan untuk mendidik tenaga ahli kesehatan masyarakat setingkat Srata 1 (Sarjana) yang mampu menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat di wilayah Sumatera Bagian Tengah khususnya dan Indonesia umumnya.

Pada awal berdirinya (tahun akademik 2000/2001), PSIKM Fakultas Kedokteran Universitas Andalas adalah satu-satunya lembaga pendidikan yang menerima mahasiswa lulusan D-3 Kesehatan yang sudah bekerja diberbagai instansi pemerintah di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi tetangga (Riau, Jambi, Bengkulu). Pada tahun 2006, PSIKM Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mulai menerima mahasiswa melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) berasal dari tamatan SLTA. Jumlah mahasiswa yang terdaftar di PSIKM sampai tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 569 orang yang terdiri dari tamatan SLTA 370 orang dan mahasiswa transfer D-3 sebanyak 199 orang.

Banyaknya perkembangan yang dilalui PSIKM semenjak didirikan diiringi dengan tingginya minat masyarakat, Fakultas Kedokteran sebagai induk PSIKM bermaksud mempersiapkan pengembangan PSIKM menjadi FKM yang dipelopori oleh Dekan Fakultas Kedokteran, yaitu Dr. dr. Masrul dan dekan sebelumnya, Prof. Dr. Fadil Oenzil beserta para wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unand. Pengembangan PSIKM menjadi FKM pun akhirnya terwujud dengan diresmikannya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas oleh Rektor Unand saat itu, Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA, pada hari Jumat tanggal 13 Juli 2012. PSIKM yang telah menyandang nama menjadi FKM memiliki 28 orang staf pengajar, yang semuanya telah berpendidikan S2 dan sebagian besar sedang menyelesaikan S3 di dalam dan luar negeri. Hingga saat ini FKM telah memiliki 2 program Studi, yaitu Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Ilmu Gizi. Program Studi Ilmu Kesehatan Msyarakat sendiri terbagi menjadi 4 peminatan yaitu Epidemiologi, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan Reproduksi (Kespro) serta Kesehatan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3&KL).