VISI

Menjadi institusi pendidikan tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang unggul, berkarakter, bermartabat, dan bereputasi internasional di Kawasan Asia Tenggara tahun 2024

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang unggul, berkarakter, dan bermartabat di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  2. Membangun jejaring dengan institusi terkait yang bereputasi dalam mengembangkan riset/penelitian kesehatan masyarakat.
  3. Mengembangkan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan.
  4. Mengaplikasikan hasil studi dan penelitian kepada masyarakat luas sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat.
  5. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola fakultas yang baik.

TUJUAN

Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi tersebut di atas, tujuan FKM Unand sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan berkompeten di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menangani permasalahan Kesehatan Masyarakat baik secara lokal, nasional maupun regional.
  2. Memperluas jaringan kerja sama bidang kesehatan masyarakat yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam dan luar negeri.
  3. Meningkatkan kapasitas dosen dalam melakukan riset dan publikasi dalam bidang kesehatan mayarakat.
  4. Meningkatkan pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam rangka menyebarluaskan pengetahuan.
  5. Meningkatkan mutu, sumberdaya manusia, fasilitas, sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar nasional dan internasional

Sasaran Fakultas
Untuk mewujudkan visi, menjalankan misi, dan mencapai tujuan tersebut di atas, telah ditetapkan sasaran strategis FKM UNAND. Berikut diuraikan sasaran – sasaran tersebut yang dikelompokkan per bidang, yaitu :

Sasaran Bidang Pendidikan

  1. Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif lulusan.
  2. Memperpendek rata-rata masa tunggu mendapatkan pekerjaan.
  3. Meningkatkan daya tampung mahasiswa dengan menambah satu program studi baru.
  4. Mewujudkan suasana akademis dan menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Sarjana Gizi yang berkualitas dan berkompeten untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat dan gizi.
  5. pembelajaran berbasis riset dengan memperhatikan kearifan lokal di bidang ilmu kesehatan masyarakat dan gizi.
  6. Pengembangan kurikulum yang dinamis sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder.
  7. Memiliki sistem pengelolaan administrasi, keuangan dan informasi yang terintegrasi, akuntabel dan akurat (good governance).

Sasaran Bidang Penelitian dan Publikasi

  1. Tercapainya peningkatan keterlibatan jumlah dosen dalam melaksanakan riset di bidang Ilmu kesehatan masyarakat dan gizi.
  2. Tercapainya jumlah publikasi hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal nasional dan internasional.

Sasaran Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Meningkatnya jumlah staf pengajar sesuai bidang keilmuannya melakukan berbagai pengabdian kepada masyarakat.

 

Sasaran Bidang Kerjasama

  1. Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama dengan perguruan tinggi pada tingkat regional ke perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri di bidang ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu gizi.
  2. Tercapainya peningkatan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat dan gizi baik tingkat nasional maupun internasional.

Sasaran Bidang Sumberdaya manusia, sarana dan prasarana

  1. Tersedianyan sumberdaya manusia sesuai dengan kompetensi yang diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar.
  2. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar.

Strategi Pencapaian
Untuk mencapai sasaran di bidang pendidikan, strategi yang dilakukan FKM :

  1. Penerimaan mahasiswa yang terseleksi, pengembangan sistem pengajaran yang mengacu pada Student Center Learning dan penerapan peraturan akademik yang dinamis.
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas staf pengajar baik dalam bidang akademis maupun humaniora dan etika melalui pendidikan lanjutan degree maupun nondegree.
  3. Penerapan kurikulum yang terintegrasi sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan perkembangan bidang kesehatan masyarakat dan gizi.
  4. Penerapan sistem pengelolaan administrasi, keuangan dan informasi yang terintegrasi, akuntabel dan akurat (good governance).
  5. Penempatan tenaga pendidikan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan diberikan peluang untuk meningkatkan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kemampuannya dalam administrasi dan pelayanan akademik.
  6. Pencarian dana untuk pemeliharaan dan pengembangan FKM UNAND.

Untuk mencapai sasaran di bidang penelitian, strategi yang dilakukan FKM :

  1. Penyediaan dan peningkatan jumlah dana penelitian dan publikasi hasil penelitian ke jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional.
  2. Mendorong staf pengajar untuk mendapatkan dana penelitian dari DIPA FKM, DIPA UNAND, DIKTI, maupun dari berbagai sumber eksternal lainnya.
  3. Memfasilitasi staf pengajar/dosen muda untuk mengikuti workshop penulisan proposal riset dan publikasi hasil riset di tingkat universitas maupun luar universitas dan diselenggarakannya kegiatan workshop penulisan proposal riset di FKM dalam rangka meningkatkan kemampuan dan minat dalam melakukan kegiatan riset.

Untuk mencapai sasaran di bidang pengabdian kepada masyarakat, strategi yang dilakukan FKM :

  1. Penyediaan dan peningkatan jumlah dana pengabdian kepada masyarakat
  2. Mendorong staf pengajar untuk mendapatkan dana pengabdian yang disediakan oleh FKM UNAND, UNAND, DIKTI, dan dari berbagai sumber eksternal lainnya.

Untuk mencapai sasaran di bidang kerjasama, strategi yang dilakukan FKM :

  1. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian terkait dengan Kesehatan Masyarakat dan gizi.
  2. Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah dan swasta yang secara langsung atau tidak langsung bergerak di bidang Kesehatan Masyarakat dan gizi untuk penggalangan dana pendidikan, dana penelitian dan dana pengabdian masyarakat.

Untuk mencapai sasaran di bidang sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, strategi yang dilakukan FKM :

  1. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-3
  2. Penyediaan sarana prasarana memadai yang menunjang proses belajar dan mengajar terutama sarana dan prasarana praktikum

Tahapan Pencapaian
Untuk mencapai tujuan jangka panjang FKM UNAND, disusun tujuan bertahap FKM UNAND yang akan dicapai pada kurun waktu setiap 4 tahun. Berikut ini tujuan bertahap FKM UNAND:

  1. Tujuan tahap I pada akhir 2016 adalah terbenahinya institusi FKM dan terpenuhinya standar nasional dan internasional
    Tahap ini merupakan tahap pembenahan institusi FKM dan pemenuhan standar-standar pendidikan nasional dan internasional. Pembenahan institusi meliputi transformasi manajemen akademik, keuangan, aset, sumberdaya manusia, dan kemahasiswaan. Pada periode ini semua standar nasional pendidikan harus terpenuhi.