WhatsApp Image 2024-06-04 at 13.14.22

FETP UNAND TELAH DIRESMIKAN OLEH DIREKTUR SURVEILANS DAN KEKARANTINAAN KESEHATAN RI, SIAP MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Transisi epidemiologi penyakit yang terjadi secara global memunculkan masalah kesehatan yang kompleks, khususnya di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Transisi epidemiologi penyakit yang terjadi secara global memunculkan masalah kesehatan yang kompleks, khususnya di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Besarnya jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan merupakan salah satu tantangan utama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan penduduk. Tidak idealnya rasio tenaga kesehatan medis dan non medis serta tidak meratanya persebaran tenaga kesehatan cukup menyulitkan pemerintah dalam mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Belajar dari pandemi Covid-19 pada tahun 2021 hingga 2022 lalu, upaya memutus mata rantai penularan penyakit merupakan salah satu agenda yang sangat sulit untuk dilakukan, karena keterbatasan sarana dan prasarana, serta jumlah tenaga epidemiolog lapangan yang ternyata dirasakan masih sangat kurang, dalam upaya melacak kontak dan penemuan kasus baru, serta memantau status kesehatan masyarakat yang menjadi populasi berisiko dan menjaga agar penularan kasus penyakit dapat dikendalikan dan ditanggulangi dengan segera, dengan tujuan agar tidak terjadi keparahan kasus dan penularan ke area yang lebih luas.

WhatsApp Image 2024-06-04 at 13.14.22

Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut, program studi S2 epidemiologi FKM Unand hadir sebagai salah satu dari institusi pendidikan tinggi bidang epidemiologi di Indonesia dan telah resmi menjadi salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan FETP (Field Epidemiology Training Program), yaitu pendidikan ahli epidemiologi lapangan setara magister, dan telah direkognisi oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan dan FETP Indonesia. Peresmian FETP Unand dilaksanakan pada Hari Jumat/31 Mei 2024 dan diresmikan langsung oleh Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes RI, yaitu dr. Achmad Farchanny Tri Adrianto, MKM. Sebagai institusi ketujuh yang dipercaya untuk menyelenggarakan pendidikan epidemiologi lapangan, selain UI, UGM, Undip, Unair, Udayana, dan Unhas, FETP Unand merupakan satu-satunya program FETP dan Prodi S2 Epidemiologi yang berada di Sumatera, dan telah siap untuk menerima calon mahasiswa baru mulai Tahun 2024 ini.

Penulis: Yudi Pradipta

Pin It