HIMA Gizi KM FKM Unand Sukses Gelar Pembukaan dan Seminar Nasional Andalas Nutrition Fair 2019

Belum genap berusia satu tahun, HIMA Gizi KM FKM Unand Sukses Gelar Pembukaan  dan Seminar Nasional Andalas Nutrition

Belum genap berusia satu tahun, HIMA Gizi KM FKM Unand Sukses Gelar Pembukaan  dan Seminar Nasional Andalas Nutrition Fair 2019

Himpunan Mahasiswa Gizi Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas   (HIMA Gizi KM FKM Unand) merupakan himpunan bagi seluruh mahasiswa gizi yang baru saja di resmikan menjadi HIMA pada Desember 2018 lalu. Andalas Nutrition Fair (ANFA) merupakan program kerja dari Divisi Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) HIMA Gizi KM FKM Unand yang baru diselenggarakan tahun ini. ANFA terdiri atas tiga rangkaian acara, yaitu seminar nasional, pekan buah, dan lomba poster yang dilaksanakan selama tiga minggu berturut-turut. Tema yang diangkatkan pada tahun pertama penyelenggaraan ANFA ini adalah ‘Nutrishow with Nutricare in Revolutionary Era’.

Pembukaan sekaligus rangkaian acara pertama ANFA, yaitu seminar nasional dilaksanakan pada Minggu, 1 September 2019 bertempat di Palanta Walikota Padang. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand), Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M. Biomed.. “Saya apresiasi sekali kepada HIMA Gizi, baru satu tahun sudah berhasil mengangkatkan acara sebesar ini. Semoga dapat dilaksanakan lagi pada tahun-tahun berikutnya. Kita juga akan menganggarkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk tahun 2020 dan seterusnya” ujar Bapak Masrizal pada sambutannya.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Program Studi (Prodi) Gizi FKM Unand, Firdaus, SP, M.Si selaku perwakilan prodi dan beberapa dosen dari FKM Unand. “Semoga acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya oleh HIMA Gizi, saya mengapresiasi sekali kepada seluruh panitia dan HIMA Gizi khususnya. Harapannya semoga acara ini dapat berkelanjutan sehingga menjadi icon dari HIMA dan Prodi Gizi Unand. ”

Ucapan syukur juga disampaikan oleh Ketua HIMA Gizi KM FKM Unand, Rasyid Avicena. “Terlepas dari berbagai rintangan dan permasalahan, namun di usia yang belum sampai satu tahun HIMAGI telah mampu melaksanakan acara yang luar biasa.”

Seminar nasional ANFA tahun ini menghadirkan Ibu Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum., seorang pakar gizi dan Bapak Dr. Denas Symond, MCN, Ketua Pergizi Pangan Sumatera Barat sekaligus dosen FKM Unand sebagai pemateri. Antusiasme masyarakat cukup tinggi terhadap seminar nasional ini. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta seminar yang tidak hanya berasal dari dalam Sumatera Barat melainkan juga dari luar seperti Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Jakarta, dan Kalimantan.

Seminar yang bertemakan ‘Makanan Sehat, Kok Enak Ya?’ ini membahas seputar permasalahan gizi dan trend makanan di masyarakat. Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum memaparkan materi yang berjudul ‘Sajian Ultra Proses: Mengundang Kematian Ketimbang Kenikmatan’. “Salah satu penyebab berbagai permasalahan gizi di tengah masyarakat adalah tingginya angka konsumsi berbagai sajian ultra proses seperti produk-produk produksi massal di masyarakat.” ujar Dr. Tan. Pangan Ultra Proses ini dapat mengundang berbagai masalah seperti obesitas, gangguan gizi pada tumbuh kembang anak, serta berbagai penyakit tidak menular.

Materi kedua dipaparkan oleh Dr. Denas Symond, MCN.. Materi yang bertajuk ‘Food Combining Sebagai Peningkatan Pola Hidup Sehat’ ini mengupas mengenai sejarah, definisi, prinsip dasar, tujuan, dan siklus dari food combining. Contoh menu dan cara penerapan food combining ini juga dipaparkan oleh bapak Denas selaku pemateri.

Berbagai apresiasi ditujukan kepada panitia dan HIMA Gizi KM FKM Unand selaku penyelenggara. HIMA Gizi berharap semoga dengan hadirnya acara ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan gizi Indonesia yang lebih baik kedepannya.

 

Leave a Comment