Pelatihan I-Learning Dosen FKM UNAND

Padang – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan pelatihan I-Learning pada tangal 25 Oktober 2019. Peserta

Padang – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan pelatihan I-Learning pada tangal 25 Oktober 2019. Peserta pelatihan ini adalah seluruh dosen yang ada di FKM UNAND, dengan pematerinya adalah Bapak Handoko, S.S, M.Hum dari Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) UNAND divisi multimedia. Rangkaian kegiatan pelatihan dimulai dari pukul 09.00 dan beakhir pada pukul 12.00 WIB.

Acara pelatihan berlangsung semiformal, yang dipandu oleh Kaprodi S1 IKM dan dibuka oleh Wadkil Dekan 1 FKM UNAND. Kegiatan pelatihan kemudian dimulai dengan penyampaian materi pengantar tentang pentingnya kemampuan penyelenggaraan I-learning bagi setiap dosen. Selain mempermudah sistematika penilaian, penggunaan I-Learning ini dalam proses pembelajaran juga menghemat waktu, menghemat penggunaan kertas dan sumber daya lainnya, meminimalisir tenaga, meningkatkan efisiensi, dan sebagainya.

Selanjutnya, kegiatan pelatihan kemudian dilanjutkan dengan materi tutorial dan praktek. Adapun materi dan kompetensi yang diberikan dalam pelatihan antara lain :

  1. Pengantar I-learning, Sistem online learning dan Blended learning.
  2. Cara login akun I-learning.
  3. Cara membuat online course.
  4. Cara mengupload file materi/tugas/ujian pada course di sistem I-learning.
  5. Cara membuat forum pada course di sistem I-learning.
  6. Cara membuat soal & penilaian di sistem I-learning.
  7. Cara membuat quiz

Rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan makan siang bersama. Acara ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para dosen sebaik-baiknya sebagai momen peningkatan kualitas pembelajaran dan perkuliahan, dimana kedepannya diharapkan semua dosen dapat menerapkan sistem pembelajaran Blended Learning atau gabungan proses tatap muka dan daring/online.

Leave a Comment