KULIAH UMUM DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS

KULIAH UMUM DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS Pada tanggal 14 November 2019 dilaksanakan Kuliah Umum Mahasiswa Fakultas Kesehatan

KULIAH UMUM DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS

Pada tanggal 14 November 2019 dilaksanakan Kuliah Umum Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Aula Rumah Sakit Universitas Andalas. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Setelah kata sambutan dari Dekan FKM Unand, Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D acara dibuka secara resmi oleh Direktur Rumah Sakit Unand yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan yaitu Dr. Arina Widya Murni, Sp – PD, KPsi. Rangkaian acara terdiri dari pemaparan materi seputar tata kelola dan pelayanan Rumah Sakit, dilanjutkan dengan observasi lapangan.

Kuliah umum ini diikuti oleh 90 orang mahasiswa FKM Unand yang terdiri dari peminatan Admisitrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3KL), Epidemiologi dan Biostatistik, Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan Gizi Kesehatan Masyarakat. Terdapat tiga materi yang dipaparkan oleh 4 orang narasumber yaitu Pelayanan Rumah Sakit, Klaim BPJS dan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit. Masing – masing materi disampaikan oleh pemegang program.

Setelah pemaparan ketiga materi tersebut, mahasiswa bersama dosen pendamping dan staf rumah sakit melakukan observasi di lingkungan rumah sakit sesuai dengan peminatan masing – masing. Observasi dilakukan di Bagian Rekam Medik dan Klinik Obgyn, Instalasi Gizi dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Di akhir kegiatan mahasiswa dikumpulkan kembali di Aula untuk menyampaikan hasil observasi mereka. Mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan menyatakan observasi lapangan merupakan hal yang sangat menarik dan bermanfaat bagi mereka.

Pin It

Leave a Comment