Workshop Pengembangan Buku Ajar

Hari kamis tanggal 5 Maret 2020, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan workshop pengembangan buku ajar dan

Hari kamis tanggal 5 Maret 2020, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan workshop pengembangan buku ajar dan buku teks ber-ISBN dan Hak Cipta Buku yang diikuti oleh dosen di lingkungan FKM Unand. Workshop tersebut diadakan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam menghasilkan buku ajar dan buku teks yang berkualitas.

Materi workshop diberikan oleh Heru Dibyo Laksono, ST.MT, yang merupakan dosen dari Fakultas Teknik Universitas Andalas, sekaligus staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas. Pemateri yang dihadirkan memiliki pengalaman dan rekam jejak dalam pembuatan buku teks dan buku ajar, baik di tingkat universitas maupun penerbit nasional. Materi workshop terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Perkembangan jumlah buku yang dihasilkan dosen Unand beberapa tahun terakhir, Insentif, Prosedur pengurusan ISBN dan Hak Cipta Buku, Pelatihan Layout buku, serta tips dan trik pembuatan buku secara konsisten.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM Unand, Dr.Azrimaidaliza, SKM, MKM menuturkan bahwa pelaksanaan workshop pengembangan buku ajar ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kapasitas dosen FKM Unand agar lebih giat dan produktif dalam menghasilkan buku teks dan buku ajar. Pelaksanaan workshop tersebut bertempat di Gedung FKM Unand Kampus Jati, Jalan Perintis Kemerdekaan no 94. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM Unand dan berakhir pada pukul 12.00 WIB sekaligus makan siang bersama.

Dengan diadakannya workshop tersebut, diharapkan dosen FKM Unand lebih produktif dalam mengembangkan dan menghasilkan buku ajar dan buku teks kedepannya, sehingga kinerja FKM Unand juga semakin meningkat dalam menghasilkan buku berkualitas dan dapat bersaing dengan fakultas lain di lingkungan Universitas Andalas. (yudi)

Leave a Comment