Lotting Nomor Urut Bakal Calon Dekan

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

Periode 2020-2024

Sebuah fakultas tidak luput dari dekan fakultas yang menjadi nahkoda dari arah dan tujuan fakultas yang akan bersinergi dengan wakil dekan serta segenap sivitas akademika didalamnya. Begitu pula dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, fakultas ini terdiri dari dua program studi dan satu program pasca sarjana.

Tahun 2020 menjadi tahun pemilihan dekan, diantaranya Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Suasana pemilihan Dekan FKM Unand Periode 2020-2024 mulai terasa hangat di kalangan sivitas akademika FKM Unand. Pemilihan tahun ini diharapkan dapat memberikan yang terbaik dan kemajuan serta memberi beberapa peningkatan baik di bidang sarana dan prasarana, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) FKM Unand, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, dan kualitas lulusan

Jumat (20/3/2020), Panitia Pemilihan Dekan FKM Unand yang diketuai oleh Dr. Syafrawati, SKM.,M.CommHealth Sc., telah melakukan Lotting Nomor Urut Bakal Calon Dekan FKM Unand Periode 2020-2024. Dalam pemilihan tahun ini terdapat empat kandidat Bakal Calon Dekan, diantaranya  :

Dr.dr. Dien Gusta Anggraini Nursal,SKM

No urut : 1

Jabatan sekarang : Lektor Kepala  Koordinator S2 Epidemiologi

Dr.Masrizal, SKM.,M.Biomed 

No urut : 2

Jabatan sekarang :  Lektor Kepala  Wakil Dekan III

Dr. Azrimaidaliza, SKM.,MKM

No urut : 3  

Jabatan sekarang : Lektor Kepala  Wakil Dekan I

Defriman Djafri, SKM.,MKM.,Ph.D.

No urut : 4

Jabatan sekarang : Lektor Kepala  Dekan 

Setelah ini, ada beberapa agenda ke depan yang akan dilakukan oleh Bakal Calon Dekan FKM Unand, diantaranya :

Siapapun dari Bakal Calon Dekan FKM Unand yang terpilih nantinya, diharapkan dapat melaksankan amanah dengan baik dan menjalankan program kerja dengan maksimal.

 

 

 

 

 

 

support by ICT,UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Hari kamis tanggal 5 Maret 2020, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan workshop pengembangan buku ajar dan buku teks ber-ISBN dan Hak Cipta Buku yang diikuti oleh dosen di lingkungan FKM Unand. Workshop tersebut diadakan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam menghasilkan buku ajar dan buku teks yang berkualitas.

Materi workshop diberikan oleh Heru Dibyo Laksono, ST.MT, yang merupakan dosen dari Fakultas Teknik Universitas Andalas, sekaligus staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas. Pemateri yang dihadirkan memiliki pengalaman dan rekam jejak dalam pembuatan buku teks dan buku ajar, baik di tingkat universitas maupun penerbit nasional. Materi workshop terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Perkembangan jumlah buku yang dihasilkan dosen Unand beberapa tahun terakhir, Insentif, Prosedur pengurusan ISBN dan Hak Cipta Buku, Pelatihan Layout buku, serta tips dan trik pembuatan buku secara konsisten.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM Unand, Dr.Azrimaidaliza, SKM, MKM menuturkan bahwa pelaksanaan workshop pengembangan buku ajar ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kapasitas dosen FKM Unand agar lebih giat dan produktif dalam menghasilkan buku teks dan buku ajar. Pelaksanaan workshop tersebut bertempat di Gedung FKM Unand Kampus Jati, Jalan Perintis Kemerdekaan no 94. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM Unand dan berakhir pada pukul 12.00 WIB sekaligus makan siang bersama.

Dengan diadakannya workshop tersebut, diharapkan dosen FKM Unand lebih produktif dalam mengembangkan dan menghasilkan buku ajar dan buku teks kedepannya, sehingga kinerja FKM Unand juga semakin meningkat dalam menghasilkan buku berkualitas dan dapat bersaing dengan fakultas lain di lingkungan Universitas Andalas. (yudi)


 

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas resmi terakreditasi A pada 30 November 2019. Hal ini merupakan batu loncatan yang sangat membanggakan mengingat bahwa program studi tersebut terbilang baru jika dibandingkan dengan program studi dari fakultas lainnya yang ada di Unand.  Sebelumnya Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sudah ada sejak tahun 2000, namun masih menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran. Sejak tahun 2012 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat memisahkan diri dari Fakultas Kedokteran dan mendirikan fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi.

Mendapatkan akreditasi A bukanlah hal yang mudah. Ada persyaratan yang harus dipatuhi baik dari segi sarana dan prasarana, dosen dan tenaga kependidikan lainnya, keaktifan mahasiswa, prestasi mahasiswa, outcome yang dihasilkan oleh alumni, dan sebagainya. Ditinjau dari segi dosen pun, telah memberikan layanan bantuan yang sangat memuaskan seperti bimbingan dengan dosen Pembimbing Akademik secara rutin, dan juga bantuan serta dukungan berupa anggaran terkait lomba akademik dan non akademik bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba tersebut.

Ditinjau dari segi mahasiswa, sudah banyak mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang telah mendapatkan prestasi baik tingkat universitas, kota, maupun nasional. Mahasiswa pun juga aktif melaksanakan kegiatan yang dinaungi oleh BEM KM FKM Unand serta HIMA IKM KM FKM Unand. Kegiatannya seperti melakukan bakti sosial, mengadakan lomba bertemakan kesehatan di tingkat nasional atau yang lebih sering di dengar dengan “FRESH” serta mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke SD, SMP, atau SMA yang ada di Padang.

“ Saya senang dan bangga sekali dengan prestasi dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat karena telah berhasil mendapatkan akreditasi A. Diharapkan setelah ini memberi peluang yang lebih besar dalam segi persaingan di dunia kerja kelak nantinya.”  ucap Anisa Azinar selaku salah satu mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Semoga kedepannya, Program Studi Ilmu Gizi segera mendapatkan akreditasi A untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat yang lebih baik.

 

 

Nurul Hafizah

Wartawan UKPM Pena

1 2 3 45

Pengumuman Kuliah Umum :
Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa / wi FKM bahwa akan diadakan KULIAH UMUM yang akan dilaksanakan pada :

  • Hari / Tanggal : Jumat/ 28 Februari 2020
  • Pukul : 13.30 – 16.00
  • Tempat : FKM Jati (Aula)
  • Narasumber : Prof. Arief Soemantri, SKM, M.Kes

Kuliah ini Wajib bagi seluruh mahasiswa peminatan K3KL (smt 6 dan 8), dan boleh diikuti oleh mahasiswa lainnya. (Kursi terbatas)


Dengan ini disampaikan bahwa berdasarkan Kelender Akademik 2019/2020 jadwal kegiatan pada semester Genap 2019/2020 terdapat beberapa perubahan sebagai berikut :

Jadwal Perubuhan kelender Akademik

1 2 3 70