Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas resmi terakreditasi A pada 30 November 2019. Hal ini merupakan batu loncatan yang sangat membanggakan mengingat bahwa program studi tersebut terbilang baru jika dibandingkan dengan program studi dari fakultas lainnya yang ada di Unand.  Sebelumnya Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sudah ada sejak tahun 2000, namun masih menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran. Sejak tahun 2012 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat memisahkan diri dari Fakultas Kedokteran dan mendirikan fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi.

Mendapatkan akreditasi A bukanlah hal yang mudah. Ada persyaratan yang harus dipatuhi baik dari segi sarana dan prasarana, dosen dan tenaga kependidikan lainnya, keaktifan mahasiswa, prestasi mahasiswa, outcome yang dihasilkan oleh alumni, dan sebagainya. Ditinjau dari segi dosen pun, telah memberikan layanan bantuan yang sangat memuaskan seperti bimbingan dengan dosen Pembimbing Akademik secara rutin, dan juga bantuan serta dukungan berupa anggaran terkait lomba akademik dan non akademik bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba tersebut.

Ditinjau dari segi mahasiswa, sudah banyak mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang telah mendapatkan prestasi baik tingkat universitas, kota, maupun nasional. Mahasiswa pun juga aktif melaksanakan kegiatan yang dinaungi oleh BEM KM FKM Unand serta HIMA IKM KM FKM Unand. Kegiatannya seperti melakukan bakti sosial, mengadakan lomba bertemakan kesehatan di tingkat nasional atau yang lebih sering di dengar dengan “FRESH” serta mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke SD, SMP, atau SMA yang ada di Padang.

“ Saya senang dan bangga sekali dengan prestasi dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat karena telah berhasil mendapatkan akreditasi A. Diharapkan setelah ini memberi peluang yang lebih besar dalam segi persaingan di dunia kerja kelak nantinya.”  ucap Anisa Azinar selaku salah satu mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Semoga kedepannya, Program Studi Ilmu Gizi segera mendapatkan akreditasi A untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat yang lebih baik.

 

 

Nurul Hafizah

Wartawan UKPM Pena


KULIAH UMUM DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS

Pada tanggal 14 November 2019 dilaksanakan Kuliah Umum Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Aula Rumah Sakit Universitas Andalas. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Setelah kata sambutan dari Dekan FKM Unand, Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D acara dibuka secara resmi oleh Direktur Rumah Sakit Unand yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan yaitu Dr. Arina Widya Murni, Sp – PD, KPsi. Rangkaian acara terdiri dari pemaparan materi seputar tata kelola dan pelayanan Rumah Sakit, dilanjutkan dengan observasi lapangan.

Kuliah umum ini diikuti oleh 90 orang mahasiswa FKM Unand yang terdiri dari peminatan Admisitrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3KL), Epidemiologi dan Biostatistik, Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan Gizi Kesehatan Masyarakat. Terdapat tiga materi yang dipaparkan oleh 4 orang narasumber yaitu Pelayanan Rumah Sakit, Klaim BPJS dan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit. Masing – masing materi disampaikan oleh pemegang program.

Setelah pemaparan ketiga materi tersebut, mahasiswa bersama dosen pendamping dan staf rumah sakit melakukan observasi di lingkungan rumah sakit sesuai dengan peminatan masing – masing. Observasi dilakukan di Bagian Rekam Medik dan Klinik Obgyn, Instalasi Gizi dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Di akhir kegiatan mahasiswa dikumpulkan kembali di Aula untuk menyampaikan hasil observasi mereka. Mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan menyatakan observasi lapangan merupakan hal yang sangat menarik dan bermanfaat bagi mereka.


Padang – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) menyelenggarakan pelatihan I-Learning pada tangal 25 Oktober 2019. Peserta pelatihan ini adalah seluruh dosen yang ada di FKM UNAND, dengan pematerinya adalah Bapak Handoko, S.S, M.Hum dari Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) UNAND divisi multimedia. Rangkaian kegiatan pelatihan dimulai dari pukul 09.00 dan beakhir pada pukul 12.00 WIB.

Acara pelatihan berlangsung semiformal, yang dipandu oleh Kaprodi S1 IKM dan dibuka oleh Wadkil Dekan 1 FKM UNAND. Kegiatan pelatihan kemudian dimulai dengan penyampaian materi pengantar tentang pentingnya kemampuan penyelenggaraan I-learning bagi setiap dosen. Selain mempermudah sistematika penilaian, penggunaan I-Learning ini dalam proses pembelajaran juga menghemat waktu, menghemat penggunaan kertas dan sumber daya lainnya, meminimalisir tenaga, meningkatkan efisiensi, dan sebagainya.

Selanjutnya, kegiatan pelatihan kemudian dilanjutkan dengan materi tutorial dan praktek. Adapun materi dan kompetensi yang diberikan dalam pelatihan antara lain :

  1. Pengantar I-learning, Sistem online learning dan Blended learning.
  2. Cara login akun I-learning.
  3. Cara membuat online course.
  4. Cara mengupload file materi/tugas/ujian pada course di sistem I-learning.
  5. Cara membuat forum pada course di sistem I-learning.
  6. Cara membuat soal & penilaian di sistem I-learning.
  7. Cara membuat quiz

Rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan makan siang bersama. Acara ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para dosen sebaik-baiknya sebagai momen peningkatan kualitas pembelajaran dan perkuliahan, dimana kedepannya diharapkan semua dosen dapat menerapkan sistem pembelajaran Blended Learning atau gabungan proses tatap muka dan daring/online.


Semarak FRESH 12 Nasional sebagai Ajang Peringatan Hari Kesehatan Nasional

 

Friendly Event to Share Our Health (FRESH) 12 Nasional merupakan ajang perlombaan bagi mahasiswa kesehatan seluruh Indonesia yang diangkatkan sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional. Acara tahunan yang diangkat oleh BEM KM FKM Unand kembali mengulang kesuksesan terselenggaranya acara tersebut pada tahun-tahun sebelumnya. FRESH 12 Nasional diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Andalas, Universitas Sumatra Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Hangtuah Pekanbaru, Universitas Ahmad Dahlan dan banyak lainnya.

Diadakan pada tanggal 1-10 November 2019, FRESH 12 Nasional memiliki 3 kategori lomba yaitu Brain (Debat dan Speech Contest), Behaviour (Poster, Photography, Solo Song, dan Cover Lagu), dan Body (Futsal dan Basket). Tema yang diangkatkan pada tahun ini ialah “Tingkatkan Sanitasi, Perbaiki Status Gizi Menuju Generasi Hebat Berkualitas”. Pembukaan acara dilaksanakan di GOR HBT dan Closing Ceremony di Palanta Kota Padang. Mahasiswa FKM Unand turut berpartisipasi pada acara ini dan berhasil  memenangkan beberapa cabang perlombaan seperti Lomba Debat (Juara 1 dan 2), Solo Song (Juara 1), dan Pertandingan Futsal (Juara 3). Torehan prestasi ini diharapkan akan selalu meningkat pada tahun selanjutnya.

 

___________________________

Dinda Aulia Rinefi Putri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

1 2 3 44

Diberitahukan kepada mahasiswa Prodi S1 Gizi  pembekalan untuk Kepaniteraan Gizi Klinis dan Institusi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Januari 2020,untuk pembekalan Kepaniteraan Gizi masyarakat dan Pratikum Antropometri dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 Januari 2020 di LantI 3B FKM Jati jam 08.00 sampai selesai.

1 2 3 69