[🍌PEKAN BUAH🍊]

Tema : ” Zaman Udah Maju, Masih Ga Mau Makan Buah?”

Hayuk ramaikan stand kita dan dapatkan :
.🍊 Buah gratis
.📑 Info menarik mengenai beragam buah

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
.📅 Minggu, 8 September 2019
.⏰ 08.00 – Selesai
.📍Gor H.Agus Salim

Don’t forget about it, see you there!! 👋

#anfahimagi
#himagifkmua
#unand
#himagi
#infolomba
#seminar
#pekanbuah
#lombaposter
#poster
___________________________
Divisi Publikasi dan Dokumentasi
Andalas Nutrition Fair
HIMAGI KM FKM Unand


Semarak Public Health Day 2015

“Alek Gadang” dari Fakultas Kesehatan Masyarakat

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand)  sukses menyelenggarakan acara Public Health Day (PHD) 2015 yang bertepatan di Aula Fakultas Ekonomi Jati Universitas Andalas. Acara yang bertemakan “Universe: Unity for Everlasting Memory” berlangsung pada 25 Agustus 2019 dan merupakan acara tahunan untuk saling bersilaturahim, baik dari angakatan 2015 dengan sesamanya maupun antar angkatan lainnya.

Acara ini bukan hanya dihadiri oleh mahasiswa, melainkan juga dosen-dosen yang mengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kamal Kasra, S.K.M., M.Q.I.H. dan Yudi Pradipta, S.K.M., M.PH. turut serta membawakan lagu untuk menghangatkan acara  malam itu.

Mahasiswa baru pun sangat antusias dalam menghadiri acara ini. “Acara ini sangat meriah dan menarik. Kami sebagai mahasiswa baru sudah merasakan kekeluargaan berkat acara ini,” ujar Michella Angela, mahasiswa angkatan 2019 ketika ditanyakan mengenai kesan terhadap diadakannya PHD. Muthia Riska, salah satu peserta dari angkatan 2015, berkata, “acara ini seperti acara perpisahan bagi kami, jadi kami bisa mengenang kembali perjalanan selama di FKM. Pesannya untuk acara ini semoga tetap terus berlanjut dan bisa lebih sukses lagi untuk kedepannya.”

Hal yang unik dari acara Public Health Day ini adalah pengadaan nominasi Senior Award serta Dosen dan Civitas Akadmika Award. Di antaranya terdapat nominasi Dosen Of The Year yang diraih Wakil Dekan III FKM, Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed, dan nominasi Senior Tergokil yang dimenangkan oleh Rio Fikrul Irsyad.


Belum genap berusia satu tahun, HIMA Gizi KM FKM Unand Sukses Gelar Pembukaan  dan Seminar Nasional Andalas Nutrition Fair 2019

Himpunan Mahasiswa Gizi Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas   (HIMA Gizi KM FKM Unand) merupakan himpunan bagi seluruh mahasiswa gizi yang baru saja di resmikan menjadi HIMA pada Desember 2018 lalu. Andalas Nutrition Fair (ANFA) merupakan program kerja dari Divisi Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) HIMA Gizi KM FKM Unand yang baru diselenggarakan tahun ini. ANFA terdiri atas tiga rangkaian acara, yaitu seminar nasional, pekan buah, dan lomba poster yang dilaksanakan selama tiga minggu berturut-turut. Tema yang diangkatkan pada tahun pertama penyelenggaraan ANFA ini adalah ‘Nutrishow with Nutricare in Revolutionary Era’.

Pembukaan sekaligus rangkaian acara pertama ANFA, yaitu seminar nasional dilaksanakan pada Minggu, 1 September 2019 bertempat di Palanta Walikota Padang. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand), Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M. Biomed.. “Saya apresiasi sekali kepada HIMA Gizi, baru satu tahun sudah berhasil mengangkatkan acara sebesar ini. Semoga dapat dilaksanakan lagi pada tahun-tahun berikutnya. Kita juga akan menganggarkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk tahun 2020 dan seterusnya” ujar Bapak Masrizal pada sambutannya.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Program Studi (Prodi) Gizi FKM Unand, Firdaus, SP, M.Si selaku perwakilan prodi dan beberapa dosen dari FKM Unand. “Semoga acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya oleh HIMA Gizi, saya mengapresiasi sekali kepada seluruh panitia dan HIMA Gizi khususnya. Harapannya semoga acara ini dapat berkelanjutan sehingga menjadi icon dari HIMA dan Prodi Gizi Unand. ”

Ucapan syukur juga disampaikan oleh Ketua HIMA Gizi KM FKM Unand, Rasyid Avicena. “Terlepas dari berbagai rintangan dan permasalahan, namun di usia yang belum sampai satu tahun HIMAGI telah mampu melaksanakan acara yang luar biasa.”

Seminar nasional ANFA tahun ini menghadirkan Ibu Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum., seorang pakar gizi dan Bapak Dr. Denas Symond, MCN, Ketua Pergizi Pangan Sumatera Barat sekaligus dosen FKM Unand sebagai pemateri. Antusiasme masyarakat cukup tinggi terhadap seminar nasional ini. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta seminar yang tidak hanya berasal dari dalam Sumatera Barat melainkan juga dari luar seperti Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Jakarta, dan Kalimantan.

Seminar yang bertemakan ‘Makanan Sehat, Kok Enak Ya?’ ini membahas seputar permasalahan gizi dan trend makanan di masyarakat. Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum memaparkan materi yang berjudul ‘Sajian Ultra Proses: Mengundang Kematian Ketimbang Kenikmatan’. “Salah satu penyebab berbagai permasalahan gizi di tengah masyarakat adalah tingginya angka konsumsi berbagai sajian ultra proses seperti produk-produk produksi massal di masyarakat.” ujar Dr. Tan. Pangan Ultra Proses ini dapat mengundang berbagai masalah seperti obesitas, gangguan gizi pada tumbuh kembang anak, serta berbagai penyakit tidak menular.

Materi kedua dipaparkan oleh Dr. Denas Symond, MCN.. Materi yang bertajuk ‘Food Combining Sebagai Peningkatan Pola Hidup Sehat’ ini mengupas mengenai sejarah, definisi, prinsip dasar, tujuan, dan siklus dari food combining. Contoh menu dan cara penerapan food combining ini juga dipaparkan oleh bapak Denas selaku pemateri.

Berbagai apresiasi ditujukan kepada panitia dan HIMA Gizi KM FKM Unand selaku penyelenggara. HIMA Gizi berharap semoga dengan hadirnya acara ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan gizi Indonesia yang lebih baik kedepannya.

 


Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melaksanakan rapat kerja dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2020 di Hotel Novotel Bukittinggi pada tanggal 30 s.d 31 Agustus 2019.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehata Masyarakat  Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD, para Wakil Dekan, Ketua  Prodi, Ketua Departemen, Kabag serta Kasubag di lingkungan FKM Unand.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat mengatakan perencanaan yang baik adalah perencanaan yang disusun dari level manajemen terendah atau bottom up planning.

 

“Saya harapkan masing-masing unit mengajukan rencana kerja dan anggaran tahun 2020 dengan mempedomani serta mengevaluasi capaian tahun 2016 s/d 2019 dan memasukkan kegiatan-kegiatan inovatif untuk percepatan pencapaian visi dan misi fakultas” jelas bapak Defriman.

Wakil Dekan bidang administrasi dan keuangan Dr. Aria Gusti, M.Kes sebagai koordinator pelaksana kegiatan rapat kerja memberikan pengantar tentang tata kelola perencanaan dan anggaran di fakultas dan universitas. Juga dipaparkan mengenai format penyusunan draft usulan rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKAKL) di tingkat fakultas.

 

Semua unit yang ada di FKM Unand memaparkan usulan kegiatan dan anggaran untuk tahun anggaran 2020 mendatang. Banyak kegiatan inovatif yang diusulkan demi untuk mendukung tercapainya visi FKM Unand sebagai intitusi pendidikan tinggi kesehatan yang mandiri, unggul dan bermartabat.


Sabtu (24/8/2019), telah dilaksanakan acara pelepasan dan penyerahan ijazah wisudawan/ti Periode III Tahun 2019 oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) yang bertempat di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas.  Sebelum pembukaan di awali dengan Tari Pasambahan dari Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Acara wisuda ini dibuka oleh Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD selaku Dekan FKM Unand disertai oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, senat akademik, dan Ketua Prodi dan Ketua Departemen FKM Unand. Wisuda kali ini diikuti oleh 103 wisudawan/ti serta para orang tua dan undangan.

Acara wisuda ini dimulai pada pukul 13.30 WIB setelah prosesi ditingkat Universitas selesai dilaksanakan, yang ditandai dengan 3x ketok palu oleh Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Kalam Illahi. Selanjutnya, pembukaan pelepasan wisudawan/ti dan penyerahan ijazah Sarjana Kesehatan Masyarakat dan dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada lulusan terbaik dari Prodi Kesehatan Masyarakat oleh Dekan FKM Unand,

 

 

 

  1. Lovina Velisia Ilma,SKM
  2. Riska Oktaviani,SKM
  3. Aulia Permata Novi,SKM
  4. Dewi Setia Ningsih,SKM
  5. Muhammad Rinaldo,SKM
  6. Indah Sukma Pertiwi,SKM
  7. Aulia Rahma Septiadi,SKM
  8. Try Luchy Aprissa.S,SKM
  9. Devina Sagita,SKM
  10. Miftakhul Huda,SKM

Selepas kata sambutan dari perwakilan orang tua wisudawan/ti, acara dilanjutkan dengan pelepasan wisudawan/ti oleh Dekan FKM Unand kepada alumni FKM, Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI)

Wisuda Periode III Tahun 2019 ini juga memberikan penghargaan kepada 10 orang wisudawan/ti yang merupakan Bintang Aktivis Kampus. Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed selaku Wakil Dekan III FKM Unand. Bintang Aktivis Kampus pada wisuda kali ini yaitu :

  1. Randi,SKM
  2. Zulfida.R,SKM
  3. Ariffaldy Asdafi, SKM
  4. Novia Berti, SKM
  5. Qhasmawati Nayli,SKM
  6. Alfi Ramdhan,SKM
  7. Muthia Riska,SKM
  8. Kevin Oktra.G.P,SKM
  9. Imraatul Husni,SKM
  10. Ameliya Bugesti,SKM

Setelah seluruh rangkaian prosesi wisuda ditutup oleh Dekan FKM UNAND acara dilanjutkan dengan foto bersama wisudawan/ti dengan Dekan, Wakil Dekan, Ka Prodi, Ka Departemen dan dosen FKM UNAND

 

1 2 3 41

Sesuai dengan hasil seleksi akhir calon mahasiswa baru gelombang ke III Program Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun Akademik 2019/2020, Berikut kami umumkan :

NO

NO. UJIAN NAMA KETERANGAN
1 3-19-207-0001 NINDI ELFIZA

LULUS

Note :

  • Pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 2 September 2019 s/d 13 Septermber 2019.

Sesuai dengan hasil seleksi akhir calon mahasiswa baru gelombang ke II Program Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun Akademik 2019/2020, Berikut kami umumkan :

NO NO. UJIAN NAMA KETERANGAN
1 2-19-207-0003 IMRAATUL HASNI LULUS
2 2-19-207-0002 YUNDA PUTRIMA PERNADI LULUS
3 2-19-207-0001 YULIA ASTUTI LULUS

Note :

  • Pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 2 September 2019 s/d 13 Septermber 2019.


Sesuai dengan hasil seleksi akhir calon mahasiswa baru Program Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun Akademik 2019/2020, Berikut kami umumkan :

NO NOMOR PESERTA NAMA JENIS KETERANGAN
1 1-19-207-0001 VITRATUL ILAHI P Lulus
2 1-19-207-0002 VANMY JR L Tidak Lulus

Note :

  • Pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019 s/d 13 Septermber 2019.

  • Pembukaan gelombang ke II pada tanggal 19 s/d 23 Agustus 2019.

  • Pembukaan gelombang ke III pada tanggal 26 s/d 30 Agustus 2019.

1 2 3 66