Padang (6-7/09/17), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas telah menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan kegiatan konferensi kesehatan masyarakat internasional, Andalas International Public Health Conference (AIPHC) 2017. Rangkaian acara telah dimulai dengan pre-conference workshop pada 5 September 2017, dan kegiatan puncak AIPHC dilaksanakan pada tanggal 6-7 September 2017. AIPHC 2017 akan dilaksanakan bersamaan dengan Musyawarah Nasional Ke-5 Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi).

AIPHC 2017 bertujuan untuk mengkaji program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit yang ada serta mengusulkan beberapa perbaikan untuk mempercepat pencapaian agenda pengembangan SDGs. Dimana tujuan tersebut berasal dari kegagalan negara-negara untuk mencapai indikator MDGs yang diinginkan, sehingga pemerintah harus beralih ke sudut pandang berbeda untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat tersebut. Dengan adanya konferensi internasional ini diharapkan orang-orang yang bergerak di bidang kesehatan akan tergerak untuk memperlihatkan perannya dalam menurunkan angka kejadian penyakit.

UntitledUntuk itu, AIPHC 2017 mengangkatkan tema “Improving Heatlh Promotion and Disease Prevention Stategies for Health Development Agenda of SDGs” yang artinya Meningkatkan Strategi Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit untuk Agenda Pengembangan Kesehatan SDGs. Tema utama ini akan dibahas dalam tiga diskusi panel oleh ahli kesehatan masyarakat bereputasi internasional, dimana sub tema tersebut adalah (1) Efektifitas dan Efisiensi Inisiasi Promosi dan Pencegahan Kesehatan dalam Mengelola MDGs, (2) Peran Program Pembiayaan Kesehatan dalam Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit, dan (3) Menghubungkan Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit ke SDGs.

Untitled1Konferensi internasional ini menghadirkan lima pembicara dari luar negeri (Prof. Syed Mohamed Aljunid; Medeleine R. Valera MD, MScIH; Prof. Sukil Kim; Dr. Mary Assunta; dan Prof. Umesh Kapil), dua Dirjen Kementerian Kesehatan (dr. H. Mohamad Subuh, MPPM dan dr. Anung Sugihantono, M.Kes), satu pembicara dari BPJS Kesehatan (Dr. Mudiharno, MSi), dan ahli kesehatan masyarakat dari Universitas Gadjah Mada (Prof. dr. Hari Kusnanto Josef, SU, Dr. PH) dan Universitas Diponegoro (Hanifa Maher Denny, SKM, MPH, PhD).

AIPHC 2017 juga mempresentasikan hasil penelitian bidang kesehatan masyarakat secara oral maupun poster. Untuk itu, panitia AIPHC 2017 telah bekerjasama dengan BMC Public Health (jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus) untuk mempublikasikan kurang lebih 150 abstrak terpilih dan paper.

“Dengan adanya AIPHC ini, saya dapat mempresentasikan artikel mengenai penelitian di bidang kesehatan masyarakat dan berpeluang untuk mempublikasikan artikel saya ke dalam jurnal internasional Scopus. Juga dengan adanya konferensi ini sangat membantu untuk membangun sinergi antara FKM yang ada baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Christyana Sandra salah satu oral presentator.

AIPHC diikuti oleh kurang lebih 235 author yang berasal dari berbagai Negara di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, dan Thailand dimana peserta yang rata-rata merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Selain meningkatkan citra Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, AIPHC juga memberikan feedback lain yang lebih penting yaitu mempererat kerjasama antar FKM yang ada di Indonesia pada khususnya dan luar negeri juga. Contoh kerjasama yang bisa dilakukan ke depannya adalah kunjungan dan pertukaran mahasiswa antaruniversitas, penelitian bersama, atau bahkan kesempatan mengajar bagi dosen FKM yang memenuhi kualifikasi untuk mengajar di universitas lain baik dalam maupun luar negeri,” jelas Pak Denas Symon Kaprodi S1 Gizi FKM Unand yang juga merupakan salah seorang oral presentator dalam konferensi ini.

Untitled2.Setelah penutupan AIPHC, kegiatan disambung dengan Musyawarah Nasional Ke-5 Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi). Munas ini dilaksanakan sekali dalam lima tahun, dimana tujuan diadakannya adalah ingin meningkatkan profesi SKM. Pembahasan yang akan dibicarakan dalam Munas Ke-5 ini adalah langkah-langkah untuk meningkatkan keprofesian, serta pembahasan pertemuan-pertemuan bagi tamatan IKM yang bisa dalam bentuk pelatihan-pelatihan, juga sharing and hearing dari senior SKM yang telah lama berkecimpung dalam dunia kesehatan dan berbagi mengenai info pekerjaan.

(Wulan Mustika dan M. Rafki P)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Wisuda III 1Padang, Sabtu (26/08) telah berlangsung acara pelepasan dan penyerahan ijazah wisudawan/ti III tahun 2017 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertempat di Gedung E, Universitas Andalas. Kegiatan dihadiri oleh Dekan FKM, Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D ,Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, beserta jajarannya, para wisudawan/ti sebanyak 115 orang yakni 98 wisudawan/ti prodi Ilmu kesehatan masyarakat dan 17 wisudawan/ti prodi Gizi serta para orang tua dan kerabat para wisudawan/ti.

Wisuda III 3Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan berlansung secara rapi, teratur dan khidmat hingga akhir. Pada saat acara berlangsung, kata sambutan diberikan oleh perwakilan orang tua wisudawan/ti yaitu bapak Drs. Maswardi yang merupakan orang tua dari saudara Niko Perdana. Beliau mengatakan bahwa wisudawan/ti harus betanggung jawab atas gelar yang sudah didapat serta kepada almamater sebagaimana mestiya. Dan beliau juga mengucapkan segenap rasa terima kasih kepada dekan, para wakil dekan beserta para akademika yang telah berhasil membentuk putra-putri bangsa menjadi lulusan terbaik di bidangnya.

Selanjutnya dari Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D selaku Dekan FKM juga menyampaikan pidato singkat. Dikutip dari isi pidato nya, beliau menyampaikan teruntuk wisudawan/ti, yaitu “Di dunia kerja yang dilihat bukanlah teori belaka, tapi personal performance atau softskill berupa pengembangan sikap dan karakter”. Beliau melangsungkan pidato dengan durasi 15 menit. Dan selama itu banyak masukan yang diperuntukan untuk wisudawan/ti sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Wisuda III 2Saat proses pelepasan wisudawan/ti oleh Dekan FKM, dari perwakilan dari PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia) Sumatera Barat meyampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas karena telah menghasilkan lulusan terbaik dan beliau juga berkata “Kami perwakilan dari PERSAKMI akan menerima alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan penuh dedikasi dan semoga wisudawan/ti bisa bermanfaat bagi negara, bangsa dan agama.

Pada sesi penyerahan kalung pin dan kartu alumni diwakili oleh saudara Ade Putra S.KM dan saudari Suciati Marlianasyam,S.KM.

Wisuda III 4Selanjutnya penyerahan penghargaan kepada 9 orang Bintang Aktifis Kampus oleh Wakil Dekan III, berikut nama-nama nya :

  1. Gusti Fauzi S.KM
  2. Randa ilham S.KM
  3. Alim Nuzuar S.KM
  4. Suciati Marlianasyam S.KM
  5. Maya Lestari S.KM
  6. Yatmi S.KM
  7. Rizki Chairina Pandiangan S.KM
  8. Wahyuni Rizki Putri, S.KM
  9. Nurhadi Hanif S.KM

 

(Suci Desirman dan Pritho Nurmalita)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


IMG20170819112842Sabtu (19/08/2017) telah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dengan tema “Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Lingkungan” yang bertempat di SDN 03 Asam Jujuhan Nagari Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan sekaligus praktek tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) kepada siswa kelas 4 dan 5.


Raker 2017_dekanFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melaksanakan rapat kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran tahun anggaran 2018 di Hotel Novotel Bukittinggi pada tanggal 12 s.d 13 Agustus 2017.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehata Masyarakat  Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD, para Wakil Dekan, Ketua Departemen, Kabag dan Kasubag, serta Kaprodi di lingkungan FKM Unand.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat mengatakan perencanaan yang baik adalah perencanaan yang disusun dari level manajemen terendah atau bottom up planning.

“Saya harapkan masing-masing unit mengajukan rencana kerja dan anggaran tahun 2018 dengan mempedomani realisasi tahun ini dan juga memasukkan kegiatan-kegiatan inovatif untuk percepatan pencapaian visi dan misi fakultas” jelas bapak Defriman.

Raker 2017_wadek 2Wakil Dekan bidang administrasi dan keuangan Dr. Aria Gusti, M.Kes sebagai koordinator pelaksana kegiatan rapat kerja memberikan pengantar tentang tata kelola perencanaan dan anggaran di fakultas dan universitas. Juga dipaparkan mengenai format penyusunan draft usulan rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKAKL) di tingkat fakultas.

Semua unit yang ada di FKM Unand memaparkan usulan kegiatan dan anggaran untuk tahun anggaran 2018 mendatang. Banyak kegiatan inovatif yang diusulkan demi untuk mendukung tercapainya visi FKM Unand sebagai intitusi pendidikan tinggi kesehatan yang mandiri, unggul dan bermartabat.


 

DSC_1039Jumat(04/08), telah berlangsung kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradi Ilmiah (BAKTI) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertema “Welcome to the Purple Campus, Explore Yourself and Be the Next Agent of Change”hari kedua. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand.Bertempat di Gedung IJ, Lokal I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diikuti oleh 282 orang mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan DIII INTAKE).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.45 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi.DSC_1111

Adapun agenda dari kegiatan ini yaitu :

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Pengenalan Manajemen ICT.
  3. Penjelasan Materi Student State.
  4. Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  5. Pengenalan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  6. Penjelasan Prahima Gizi dan Prahima Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  7. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Kahfi, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Safe.
  8. Pengenalan Tim Siaga Bencana (TSB).
  9. Pengenalan Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI).
  10. Pengenalan Club Seni, Club Olahraga,Preventive Promotive Club (PPC), dan English Club.
  11. Pengenalan Tim Advokasi.
  12. Penjelasan Materi ISMKMI.
  13. Penjelasan Materi Komting.

Ada pun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kepada mahasiswa baru.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengetahui, dan mengenal apa saja elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

DSC_1114Sabtu(05/08), telah berlangsung kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradi Ilmiah (BAKTI) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang bertema “Welcome to the Purple Campus, Explore Yourself and Be the Next Agent of Change”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand. Bertempat di Gedung IJ, Lokal I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas besesrta jajarannya. Perwakilan dari Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diikuti oleh 282 orang mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan DIII INTAKE).

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi.

Adapun agenda dari kegiatan ini yaitu :

Hari Pertama

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Kata Sambutan oleh Ketua Pelaksana BAKTI BEM, Ketua Pelaksana BAKTI Fakultas, Gubernur BEM KM FKM Unand, dan Dekan FKM Unand.
  3. Pengenalan Civitas Akademika, Pimpinan Kampus dan Visi Misi Dekan, Sarana dan Prasarana Kampus.
  4. Pengenalan IAKMI, PERSAKMI, dan PERSAGI.
  5. Penyelenggaraan dan pengelolaan Departemen dan Prodi. FKM terdiri dari 5 Departemen, yakni : Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), K3-Kesling, Epidemiologi dan Biostatistik, Kesehatan Reproduksi, dan Gizi serta 2 Prodi yaitu Prodi IKM dan Prodi Gizi.

Hari Kedua :

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Pengenalan Manajemen ICT.
  3. Penjelasan Materi Student State.
  4. Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  5. Penjelasan Prahima Gizi dan Prahima Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
  6. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Kahfi, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Safe.
  7. Pengenalan Tim Siaga Bencana (TSB).
  8. Pengenalan Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI).
  9. Pengenalan Club Seni, Club Olahraga, Promotif Preventif Club (PPC), dan English Club.
  10. Pengenalan Tim Advokasi.
  11. Penjelasan Materi ISMKMI.
  12. Penjelasan Materi Komting.

Hari Ketiga :

  1. Penampilan yel-yel dari mahasiswa baru dan games.
  2. Sharing Hearing oleh Alumni.
  3. Penjelasan tentang Narkotika.
  4. Pemilihan Komting, dan Uda Uni BAKTI 2017.
  5. Foto bersama.
  6. Penutupan BAKTI FKM Unand 2017.

DSC_1213Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Andalas dan Elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas kepada mahasiswa baru.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengetahui, mengenal dan memahami bagaimana lingkungan kampus tempat perkuliahannya nanti dan apa saja elemen-elemen Keluarga Mahasiswa yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

1 2 3 23

Sehubungan telah dilaksanakannya test TOEFL Mahasiswa Baru Universitas Andalas Tahun 2017,berikut dilampirkan data hasil Test TOEFL mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2017 :

  1. Prodi IKM
  2. Prodi Gizi

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masayarakat Universitas Andalas penerima Bidikmisi Tahun 2017 agar hadir dalam rangka acara Spesimen tanda tangan dengan Pihak Bank Mandiri pada :

Hari / Tanggal :  Rabu / 20 September 2017
Jam :  08.00 WIB s/d selesai
Tempat :  Gedung Seminar F Universitas Andalas

  1. Pelatihan TOEFL Preparation and Active English bagi mahasiswa S1/D3 BP 2010-2014 yang dilaksanakan oleh Pusat Bahasa UNAND akan tetap dilanjutkan kembali. Teknis pendaftaran Term II akan segera diinformasikan oleh Pusat Bahasa.
  2. Bagi mahasiswa yang memperoleh skor TOEFL Maba dibawah 450, wajib mengikuti Pelatihan TOEFL Preparation and Active English sebanyak 30x pertemuan sebelum mengambil test TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNAND untuk memenuhi batas skor TOEFL yang ditentukan masing – masing Fakutas sebagai salah satu syarat kompre.
  3. Sertifikat TOEFL yang digunakan untuk syarat pendaftaran kompre hanya dapat dikeluarkan oleh Pusat Bahasa UNAND. Sertifikat TOEFL dari instansi lain tidak dapat diterima.
  4. Pelatihan TOEFL Preparation and Active English ini tidak dipungut biaya. Peserta hanya perlu membayar fotokopi modul sebesar Rp. 40.000,-/ modul.

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas untuk dapat mengikuti Kuliah Umum Kewirausahaan pada :

Hari / Tanggal :  Senin / 4 September 2017
 Jam :  09.30 WIB s/d selesai
 Tempat :  Gedung Convention Hall Universitas Andalas
Narasumber :  Andrinof A Chaniago
Jabatan :  Mantan Kepala BAPPENAS
Komisaris Utama BRI
Tema :  Kewirausahaan Sosial Sebagai Jalan Peningkatan Kesejahteraan Yang Berkelanjutan
1 2 3 41