HL1Padang, Kamis (18/05/2017) pukul 14.00 WIB, gedung GH Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tampak ramai oleh mahasiswa Prodi Gizi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang sedang mengikuti acara pembekalan KKN. Acara yang ditujukan khusus untuk angkatan 2014 ini dibimbing oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yaitu Bapak Dr. Masrizal Dt. Manggung, SKM, M.Biomed.

Acara resmi akhirnya dimulai pada pukul 14.15 WIB. Dalam kegiatan ini, Pak Masrizal menjelaskan apa dan bagaimana cara untuk melaksanakan KKN serta prinsip-prinsip dasar KKN. Beliau juga menyarankan mahasiswa untuk membuat program kerja guna untuk menambah nilai sebanyak 10%. Selain itu, beliau memberikan kiat-kiat dan program-program kesehatan yang dapat dilakukan saat terjun langsung ke masyarakat.

Dosen pemateri menjelaskan bahwa mahasiswa yang akan mengikuti KKN harus bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan adat istiadat yang dimiliki oleh lingkungan masyarakat tempat mahasiswa tersebut melakukan KKN. Beliau juga meminta kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik kampus dan menjaga martabat baik almamater dengan cara menjaga sikap dan perilaku.

HL2“Mahasiswa FKM sudah sangat siap untuk KKN karena sudah pernah praktek lapangan sebelumnya, seperti peminatan AKK yang sudah pernah praktek di rumah sakit sehingga sekiranya tidak terlalu sulit bagi mahasiswa untuk terjun ke lapangan,” ujar Pak Masrizal yang juga merupakan dosen Biomedik di FKM Unand.

Lalu, apakah ada perbedaan pada pembekalan KKN kali ini dengan pembekalan tahun sebelumnya?

“Sangat berbeda! Biasanya pembekalan ini hanya dilaksanakan di kampus Unand Limau Manis, tapi kini diserahkan ke fakultas masing-masing agar sesuai dengan prodi serta program-programnya. Jadi mahasiswa tidak bingung saat sampai di lapangan nanti,” ungkap Pak Masrizal.

Acara ini terbilang cukup sukses, terbukti dari banyaknya mahasiswa yang sangat antusias walaupun ada beberapa mahasiswa yang mengantuk. Dosen pemateri juga tidak melakukan presentasi yang membosankan. Di sela-sela pemberian materi, beliau membuka sesi tanya jawab dan melakukan sedikit guyonan sehingga mahasiswa yang hadir tidak merasa bosan.

 “Menurut saya pembekalan ini cukup efektif dibandingkan membaca buku. Kenapa lebih efektif? Karena adanya sesi tanya jawab. Apalagi ditambah dengan cara penyampaian materi yang bagus, ucap Arbimes selaku moderator. “Persentase kesiapan saya sudah sekitar 70%. InsyaAllah saya siap untuk KKN,” lanjutnya.

“Saya berharap mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat serta tercapainya derajat kesehatan masyarakat seperti PHBS atau Gemas (Gerakan Masyarakat) seperti yang sudah dijelaskan tadi,” kata Pak Masrizal.

(Adila dan Tatin)

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Fakultas Kesehatan Masyarakat membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2017/2018 melalui seleksi administrasi dan ujian tertulis untuk pindah jalur (transfer) DIII Kesehatan. Perkuliahan dilakukan pada hari Senin s/d Sabtu.

Syarat dan Cara Pendaftaran:

1. Persyaratan

  • Fotocopy Ijazah Lulusan Akademi/ Poltekes/ STIKes jurusan D-III kesehatan dan khusus prodi S-1 Giz iberasal dari lulusan D-III Gizi
  • Fotocopi Transkrip Nilai 10 Lembar (bagi KM) dan 2 Lembar (Gizi)
  • Foto Berwarna 4 X 6 sebanyak 2 Buah
  • Melampirkan surat rekomendasi dukungan beasiswa (bila ada)
  • Map berwarna kuning

2. Cara Pendaftaran:

  • Pendaftaran dilakukan tanggal 8 Mei s.d 8 Juni 2017
  • Pendaftaran dengan pengisian Formulir Pendaftaran (download disini)  Ke Gedung FKM dengan membawa persyaratan diatas atau mengirimkannya melalui email dengan alamat email : widyajasman75@gmail.com
  • Pengumuman hasil nilai konversi/transfrer nilai intake D3 (SKS yang diakui).
  • Membayar dengan biaya pendaftaran Rp. 400.000,- di teller Bank Nagari (BN) dengan menyebutkan “S1 IKM dari D-III atau S1 GIZI dari D-III” .Pendaftaraan mendapatkan Username dan Password dari Bank Nagari.
  • Calon peserta melakukan pendaftaran online di halaman http://umb.unand.ac.id/ menggunakan Username  dan Password yang di terima dari pihak Bank Nagari. Peserta harus menggunggah pas foto terbaru dengan ukuran file maksimal 100 kb.
  • Ujian saringan masuk diadakan di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat (belakang Fakultas Kedokteran) Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 94, Jati, Padang tanggal 10 Juni 2017 pada pukul 08.00 – 11.00 WIB.
  • Pengumuman Hasil Tes tanggal 16 Juni 2017.
  • Biaya pendidikan uang kuliah tunggal untuk Intake D3 sebesar Rp. 7.000.000/ semester
  • Registrasi Calon Mahasiswa Baru tanggal 4 – 5 Juli 2017
ALAMAT KAMPUS
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS
Jln. Perintis Kemerdekaan 94 Jati Padang
Telp (0751) 38613

Kontak Person:

  1. Widya ( 081363986800 )
  2. Benny ( 082170327429 )
  3. Devi    ( 08128737726 )
  4. Maidarni (081363223956)

 


 إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”, Seluruh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas berduka cita atas wafatnya Ibu Asnelli Yasin, SE (Kepala Sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan FKM UNAND) pada hari Sabtu, 7 Mei 2017.


1Padang, Rabu (26/04/17) telah berlangsung simulasi bencana yang bertempat di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Simulasi bencana ini mengikutsertakan seluruh warna FKM Unand dan seluruh civitas akademik yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang ke-10, yang mana kegitan ini tidak hanya dilakukan di lingkungan FKM tetapi seluruh daerah yang mempunyai organisasi yang bernaung dibawah KSR/SAR. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih kesiapsiagaan warga terutama mahasiswa dalam merespon apabila terjadi bencana yang tak terduga.

Dalam kegiatan simulasi yang diadakan serentak secara nasional ini, seluruh warga FKM Unand yang ada ikut memberikan partisipasi dalam menyukseskan acara tersebut. Kegiatan ini hanya berlangsung selama 15 menit, diawali dengan keadaan sehari-hari warga FKM saat berada di dalam kelas kemudian terdengarnya bunyi sirine pertanda akan adanya tsunami (dalam kegiatan simulasi ini terjadi gempa sebesar 8,8 skala richter), warga FKM melakukan perlindungan diri terhadap kemungkinan adanya reruntuhan gempa. Setelah sirine berhenti, seluruh warga FKM mulai keluar dari gedung FKM dan berkumpul di lapangan basket FK Unand. Setelah semua warga FKM berkumpul di lapangan, maka berakhirlah simulasi bencana tersebut.

2“Diadakannya simulasi ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan kita dalam merespon bencana, melalui edukasi telah diberikan sebelum mengadakan simulasi ini, diharapkan jika terjadi bencana yang sesungguhnya kita sudah siap dan mampu menyelamatkan diri kita sendiri maupun orang lain.”, Ujar Heru sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Simulasi Bencana. Heru juga  menyatakan bahwa dirinya sangat terkejut melihat antusias warga FKM Unand yang sangat baik untuk kegiatan yang baru dilaksanakan pertama kali tahun 2017 di lingkungan FKM Unand.

“Kegiatan yang dilakukan kali ini sangatlah bermanfaat, melatih kita akan kesiapsiagaan bencana dan menambah wawasan kita bagaimana cara yang baik dilakukan jika terjadi gempa, dan saya berharap simulasi ini tidak dianggap hanya angin lalu tetapi juga dijadikan pandangan untuk membuat kita selalu siap dalam terjadinya bencana”, ujar Adil sebagai salah seorang partisipan kegiatan simulasi ini.

Harapan untuk kedepannya kegiatan simulasi yang diadakan kali ini memberi banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang disekitar kita agar tetap siaga dan waspada terhadap bencana.


UI1Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand (Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D) bersama Wakil Dekan I (Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM), Wakil Dekan III (Dr. Masrizal Dt.Mangguang, SKM, M.Biomed), Ketua Prodi IKM (Ade Suzana Eka Putri, M.CommHealth Sc, Ph.D), Ketua Prodi Gizi (Dr. Denas Symond, MCN), Kabag TU (Joni Herman, SE), Kasubag Umum (Deden S, SE, MM), tenaga kependidikan, dan mahasiswa perwakilan BEM FKM Unand, melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 30 Maret s/d 1 April 2017. Kunjungan ke FKM UI dilakukan untuk menjalin komunikasi berupa sharing kegiatan pendidikan dan penjajakan kerja sama antara FKM UI dengan FKM Unand.

UI2Secara umum, kegiatan diisi dengan perkenalan pimpinan dan unsur pimpinan yang ada di masing-masing fakultas, serta perkembangan penyelenggaraan pendidikan yang meliputi penjelasan tentang kurikulum S1 Prodi KM dan Gizi mahasiswa intake DIII khususnya nilai transfer, Penjelasan tentang SOTK PTNBH, Pengelolaan Keuangan dan Struktur Organisasinya, Pengelolaan Sistim Informasi Akademik dan ICT/Website FKM UI, dan Pengalaman alih kelola S2 dan S3 yang sebelumnya dari Fak. Kedokteran. Kegiatan tersebut disertai dengan diskusi. Kegiatan juga meliputi tour ke berbagai fasilitas pendidikan dan penunjang yang ada di FKM UI yaitu ruang dosen, laboratorium yang ada di masing-masing departemen, perpustakaan, koperasi dan kantin. Selain itu perwakilan BEM FKM UNAND mengadakan audiensi dengan BEM FKM UI mengenai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di masing – masing fakultas.

UI4Rombongan FKM Unand diterima oleh Dekan FKM UI (dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D) didampingi Wakil Dekan II (dr. Asri C. Adisasmita, MPH, PhD), Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan (Dr. drg. Ella NurlaelaHadi, M.Kes), Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat (Dr. drs. Tris Eryando, MA), Manajer Kerja sama, Hubungan Alumni, & Ventura (Dr. Robiana Modjo, SKM, M.Kes), Kepala Unit Teknologi Informasi (Eddy Afriansyah, S.Kom, M.Si), Kepala Unit Humas dan Administrasi Umum (Sofiyatul Choiriyah, SE), Ketua Departemen Gizi (Prof. Ratu Ayu Dewi Sartika), Ka.Prodi Gizi (dr. Kusdinar Ahmad, MPH), dosen, dan tenaga kependidikan. Kegiatan diskusi/sharing di FKM UI diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

Kegiatan studi banding ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, terjalinnya kerja sama antara FKM Unand dan FKM UI di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta rencana pembangunan gedung FKM Unand di Limau Manis.

1 2 3 18

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas bahwa LAZ (Lembaga Amil Zakat Nurul Ilmi Unand) tetap akan memberikan beasiswa berupa SPP bagi mahasiswa yang memenuhi syarat sebagi berikut :

  1. Dari keluarga tidak mampu (lampirkan surat keterangan tidak mampu dan foto copy kartu keluarga).
  2. Tidak menerima beasiswa dari sumber lain (surat keterangan dari WD III).
  3. IPK ≥ 2 (lampirkan KHS yang bersangkutan).
  4. Mengisi formulir beasiswa dan menyerahkan ke Fakultas masing – masing, paling lambar tanggal 2 Juni 2017.
  5. Formulir dan syarat – syarat yang telah direkap diserahkan ke Fakultas masing – masing.
  6. Formulir pelamar beasiswa yang telah direkap oleh fakultas diserahkan ke kantor LAZ. (Lembaga Amil Zakat Nurul Ilmi Unand), paling lambat tanggal 6 Juni 2017.

1. Mahasiswa dinyatakan sah dan diperkenankan mengikuti ujian suatu mata kuliah tertentu apabila:

  • Membawa KTM dan kartu ujian yang sah sebagai bukti diri;
  • Terdaftar dalam mata kuliah yang diujikan
  • Mengikuti mata kuliah yang diujikan paling sedikit kehadiran 75%
  • Tidak sedang dikenakan sanksi akademik
  • Memenuhi semua persyaratan untuk menempuh ujian tersebut.
  • Memakai baju butih polos dan rok / celana hitam, jilbab putih (tidak boleh kaos)
  • Tidak berpakaian ketat bagi perempuan
  • Tidak dibenarkan memakai sandal atau sepatu sendal
  • Bagi laki-laki berambut pendek dan rapi (diatas kerah baju dan telinga) dan tidak dibenarkan memakai anting, gelang dan kalung

2. Selama ujian berlangsung, peserta ujian diwajibkan:

  • Mematuhi semua peraturan dan ketenturan ujian yang berlaku;
  • Mematuhi semua petunjuk teknis tentang penyelenggaraan ujian yang diberikan oleh pengawas ujian kepadanya;
  • Meminta persetujuan pengawas terlebih dahulu, sebelum meninggalkan tempat duduk atau ruang ujian;
  • Menyerahkan lembar jawaban ujian kepada pengawas yang bertugas sebelum meninggalkan ruang ujian.
  • Peserta ujian harus hadir 10 (sepuluh) menit sebelum ujian dimulai
  • Peserta ujian harus mempunyai kelengkapan ujian sendiri dan dilarang pinjam meminjam kelengkapan ujian selama ujian berlansung
  • Bagi peserta yang ingin keluar ruangan ujian, pada saat ujian berlansung, harus atas izin / persetujuan pengawas dan izin maksimal 5 (lima) menit
  • Setiap peserta ujian wajib menjaga ketertiban, kenyamanan, ketenangan dan keamanan selama ujian berlansung
  • Peserta ujian dilarang mengaktifkan HP / alat komunikasi lainnya

3. Selama ujian berlangsung. peserta ujian tidak dibenarkan untuk:

  • Berperilaku yang mengganggu tata tertib penyelenggaraan ujian.
  • Berkomunikasi dalam bentuk apa pun dengan sesama peserta ujian lain maupun dengan orang lain di luar ruang ujian.
  • Bekerjasama, berusaha untuk bekerjasama, atau mendukung kerjasama dengan peserta ujian lain dalam menyelesaikan ujian
  • Menyalin atau berusaha menyalin jawaban ujian peserta lain, atau memberi kesempatan kepada peserta lain untuk menyalin jawaban ujiannya.
  • Menggunakan catatan, buku, dan/atau sumber informasi lainnya selama ujian berlangsung.

4. Hasil ujian yang dibuat oleh seseorang yang bukan peserta ujian yang sah, dinyatakan tidak berlaku.

5. Mahasiswa yang melanggar ketentuan dapat dikenai sanksi sesuai dengan Peraturan Penegakan

    Norma Akademik dan Kemahasiswaan UNAND.

6. Pengecualian terhadap ketentuan selama ujian berlansung hanya dapat diberikan oleh dosen yang bertanggung

    jawab


Bersama ini diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang mengikuti Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia bahwasa nya telah dapat melihat nilai ujian di web www.ukskmi.com dengan terlebih dahulu login dengan akun masing – masing peserta. Apabila peserta ada yang lupa password bisa mengklik “lupa password”. Password baru akan dikirim via email peserta.


 NO  Tanggal  Kegiatan
 1  22 Mei – 2 Juni 2017
  •  Jadwal UAS
  • Input nilai UAS oleh dosen
  • Pembayaran SP ke rekening Rektor
  • Pendaftaran SP ke akademik FKM
  • Pengisian KRS mata kuliah SP (online)
 2  7 Juni – 22 Juni 2017
  • Pelaksanaan semester pendek
 3  16 atau 17 Juni 2017
  • Pembekalan magang
 4  3 – 20 Juni 2017
  • Magang
 5  10 – 28 Juli 2017
  • Pembayaran SPP dan Pengisian KRS online semester ganjil
 6  7 – 10 Agustus 2017
  • Pendaftaran ulang semester ganjil dan penandatangan KRS oleh dosen PA

Fakultas Kesehatan Masyarakat membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2017/2018 melalui seleksi administrasi dan ujian tertulis untuk pindah jalur (transfer) DIII Kesehatan. Perkuliahan dilakukan pada hari Senin s/d Sabtu.

Syarat dan Cara Pendaftaran:

1. Persyaratan

  • Fotocopy Ijazah Lulusan Akademi/ Poltekes/ STIKes jurusan D-III kesehatan dan khusus prodi S-1 Giz iberasal dari lulusan D-III Gizi
  • Fotocopi Transkrip Nilai 10 Lembar (bagi KM) dan 2 Lembar (Gizi)
  • Foto Berwarna 4 X 6 sebanyak 2 Buah
  • Melampirkan surat rekomendasi dukungan beasiswa (bila ada)
  • Map berwarna kuning

2. Cara Pendaftaran:

  • Pendaftaran dilakukan tanggal 8 Mei s.d 8 Juni 2017
  • Pendaftaran dengan pengisian Formulir Pendaftaran (download disini)  Ke Gedung FKM dengan membawa persyaratan diatas atau mengirimkannya melalui email dengan alamat email : widyajasman75@gmail.com
  • Pengumuman hasil nilai konversi/transfrer nilai intake D3 (SKS yang diakui).
  • Membayar dengan biaya pendaftaran Rp. 400.000,- di teller Bank Nagari (BN) dengan menyebutkan “S1 IKM dari D-III atau S1 GIZI dari D-III” .Pendaftaraan mendapatkan Username dan Password dari Bank Nagari.
  • Calon peserta melakukan pendaftaran online di halaman http://umb.unand.ac.id/ menggunakan Username  dan Password yang di terima dari pihak Bank Nagari. Peserta harus menggunggah pas foto terbaru dengan ukuran file maksimal 100 kb.
  • Ujian saringan masuk diadakan di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat (belakang Fakultas Kedokteran) Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 94, Jati, Padang tanggal 10 Juni 2017 pada pukul 08.00 – 11.00 WIB.
  • Pengumuman Hasil Tes tanggal 16 Juni 2017.
  • Biaya pendidikan uang kuliah tunggal untuk Intake D3 sebesar Rp. 7.000.000/ semester
  • Registrasi Calon Mahasiswa Baru tanggal 4 – 5 Juli 2017
ALAMAT KAMPUS
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS
Jln. Perintis Kemerdekaan 94 Jati Padang
Telp (0751) 38613

Kontak Person:

  1. Widya ( 081363986800 )
  2. Benny ( 082170327429 )
  3. Devi    ( 08128737726 )
  4. Maidarni (081363223956)

 

1 2 3 33